Akhirnya, Aplikasi Clubhouse Android Dirilis Secara Global di Play Store

Akhirnya, Aplikasi Clubhouse Android Dirilis Secara Global di Play Store

NESABAMEDIA.COMAplikasi berbagi dalam bentuk audio, platform sosial dengan undangan terbatas, Clubhouse, kini telah berhasil dirilis ke perangkat Android secara global, namun dalam versi beta. Perilisan Clubhouse Android secara global ini, menyusul beberapa rilisan sebelumnya di beberapa negara terlebih dahulu, seperti Amerika pada pekan lalu lalu Brazil, Jepang dan Rusia setelahnya. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan masukan dan saran guna mengukur kinerja dan keandalan layanan secara keseluruhan.

Sebelumnya, aplikasi Clubhouse hanya tersedia untuk perangkat iOS saja, yang kemudian berhasil meraih popularitas di negara-negara yang dikenal memiliki kontrol yang ketat. Meski demikian, Clubhouse juga mendapatkan penolakan di sejumlah negara. Namun mereka terus berupaya mengatasinya dengan melakukan perubahan, agar bisa terus ada di persaingan ketat dari aplikasi lain yang muncul setelah Clubhouse. 

Kini, aplikasi Clubhouse telah tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store. Namun masih dalam tahap beta. Artinya, pengguna mungkin nantinya akan mengalami sejumlah kendala di sana-sini, namun secara keseluruhan ini merupakan sebuah perkembangan yang bagus. Sayangnya, seperti di iOS, pengguna baru membutuhkan undangan dari pengguna yang sudah terdaftar untuk bisa menggunakan dan mendapatkan layanan dari Clubhouse. 

Sejak perilisan versi betanya pekan lalu, sudah ada setidaknya tiga pembaruan, yang mengindikasikan adanya banyak sekali masukan dari para pengguna. Nantinya juga akan ada beberapa fitur tambahan di aplikasi itu begitu versi stabilnya telah dirilis. 

Pasar untuk Android telah tumbuh begitu pesat, dan secara sukses menghadirkan Clubhouse ke perangkat itu akan menandai ekspansi besar yang lebih jauh lagi dari aplikasi tersebut. Kemungkinan bahkan akan mengungguli jumlah pengguna di perangkat iOS nantinya. 

Google Play Store sendiri tetap menjadi toko aplikasi paling populer untuk perangkat smartphone. Awal pekan ini, Google telah mengungkap di acara I/O 2021 bahwa sudah ada lebih dari 3 miliar pengguna aktif dari Play Store. Jumlah Ini diketahui tiga kali lipat lebih banyak dari iOS yang hanya berada di angka 1 miliar pengguna aktif.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend