Sejumlah Fitur Baru Di Android 12 Beta 2

Sejumlah Fitur Baru Di Android 12 Beta 2

NESABAMEDIA.COMPada event I/O 2021, Google mengumumkan ke publik seperti apa versi final dari Android 12 nantinya, serta kemampuan yang akan dimiliki. Fitur-fitur baru tersebut akan mulai diperkenalkan dalam beberapa bulan mendatang ke para beta tester, khususnya di Android 12 Beta 2. Beberapa fitur tersebut yakni terkait halaman dashboard privasi, lebih banyak kontrol atas perangkat kamera dan juga mikrofon.

Dashboard privasi yang bisa diakses melalui halaman Settings, akan memberikan pengguna sebuah tampilan lini masa yang jelas dan simpel selama 24 jam terakhir dari lokasi, mikrofon dan kamera yang diakses. Google menambahkannya sebagai jawaban dari keinginan para pengguna melalui fitur insight mereka yang ingin mengetahui data apa saja yang diakses oleh aplikasi. Seperti, para pengembang yang mampu untuk berbagi detail lebih mengenai aplikasi buatan mereka lewat sebuah API izin akses yang baru. 

Perubahan yang mencolok lainnya adalah pada tampilan indikator kamera dan mikrofon yang ada di bagian pojok kanan atas layar perangkat pengguna. Misalnya, ketika pengguna membuka aplikasi kamera, ikon untuk kedua sensor itu akan muncul. Kemudian, ikon itu akan mengecil menjadi sebuah titik beberapa detik setelahnya. 

Melalui Quick Settings, tombol baru akan dihadirkan untuk memungkinkan pengguna secara cepat mengakses ke mikrofon atau kamera. 

“Apabila sebuah aplikasi dengan izin akses untuk mencoba menggunakan kamera atau mikrofon, namun pengguna telah mematikan sensor itu, maka sistem akan memunculkan pesan guna memberitahukan pengguna bahwa mereka harus kembali menyalakan sensor itu, agar fitur-fitur yang ada di aplikasi bisa digunakan”.

Kemudian, Android 12 akan menginformasikan pengguna setiap kali sebuah aplikasi mengakses clipboard mereka dengan sebuah notifikasi. Pemberitahuan itu nantinya akan berbentuk sebuah pesan jenis Toast atau Pop-up. 

Google mengatakan bahwa empat fitur privasi itu akan tersedia di Android 12 Beta 2, yang akan diluncurkan pada bulan depan. Sementara itu, fitur baru yang dirilis pada pekan ini adalah perkiraan akses lokasi di mana pengguna bisa membatasi sebuah aplikasi untuk bisa mengetahui lokasi umum atau yang benar-benar tepat. Ada juga fitur izin akses perangkat terdekat dan menjadikan aplikasi dalam status hibernasi. 

Leave a Reply

Send this to a friend