10+ Alat Musik Gesek Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Berdasarkan pengelompokkan alat musik yang dikemukakan oleh Erich von Hornbostel dan Curt Sachs (Hornbostel-Sachs), alat musik gesek dikelompokkan ke dalam golongan alat musik dawai atau kordofon (chordophone) yakni alat musik yang menghasilkan suaranya dengan cara menggetarkan dawai.

Golongan alat musik dawai kemudian dibagi lagi ke dalam beberapa kategori yang didasarkan pada bagaimana dawai-dawai tersebut dimainkan, salah satunya adalah dengan cara digesek menggunakan busur bersenar.

Alat musik dawai yang suaranya dihasilkan dari menggesek dawai dengan menggunakan busur bersenar inilah yang disebut dengan alat musik gesek.

10 Alat Musik Gesek dan Penjelasannya

Di bawah ini disajikan beberapa contoh alat musik gesek, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

1. Arababu

Alat Musik Gesek Arababu

Arababu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Maluku, Indonesia. Menurut kamus, arababu adalah alat musik jenis rebab yang terbuat dari bambu dan wadah gemanya terbuat dari kayu atau tempurung.

Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur bersenar. Meskipun sejenis dengan rebab, namun arababu hanya memiliki satu senar aja dan bentuknya juga lebih kecil. Selain itu, arababu juga menggunakan busur bersenar sebagai alat geseknya sebagaimana halnya rebab.

2. Biola

Biola

Biola adalah salah satu jenis alat musik dawai yang terbuat dari kayu. Menurut sejarahnya, biola merupakan bentuk pakem dari alat musik abad pertengahan seperti fiddle, lira da braccio, dan rebec. Umumnya biola memiliki empat buah senar yaitu E₅, A₄, D₄, dan G₃.

Biola pertama kali muncul pada sekitar tahun 1550an. Seabad kemudian, para pembuat biola dari Italia yang bernama Guarneri dan Stradivari menyempurnakan bentuk, struktur, dan tekstur biola menjadi lebih baik. Alat musik ini mulai banyak dimainkan oleh violis selama abad 18. Beberapa komponis besar seperti Vivaldi dan Tartini kemudian memperdalam dan memperkaya teknik bermain biola sehingga semakin banyak orang-orang yang berminat dengan biola.

Pemain biola terkenal yang berasal dari Indonesia antara lain Idris Sardi (alm) dan Luluk Purwanto. Sedangkan, pemain biola internasional yang terkenal salah satunya adalah Vanessa Mae.

3. Biola alto

Biola alto

Alat musik biola alto dikenal dengan sebutan viola yakni alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan busur bersenar.

Dibandingkan dengan biola, biola alto memiliki ukuran yang lebih besar yakni sekitar 16 inci hingga 18 inci dan memiliki karakter suara yang lebih rendah dan lebih dalam.

Besarnya ukuran badan resonansi yang dimiliki biola alto meghasilkan suara yang yang lebih bagus dan bulat. Seperti halnya biola, biola alto juga memiliki empat senar yakni senar C₃, G₃, D₄, dan A₄. Alat musik ini mulai dipopulerkan oleh para pemain dan komponis kurang lebih pada abad 17.

4. Cello

Alat Musik Gesek Cello

Cello atau violoncello merupakan salah satu alat musik yang berasal dari keluarga biola. Ukurannya lebih besar dari biola namun lebih kecil dibandingkan double bass. Hampir sama dengan biola, alat musik cello pertama kali juga dikembangkan sekitar tahun 1500an. Cello merupakan perkembangan dari alat musik sebelumnya yakni Viola da Gamba.

Cello digunakan untuk memainkan berbagai komposisi secara solo sejak abad 17. Cello juga kerap dimainkan bersama dengan alat musik lainnya seperti orkes simfoni yang biasanya melibatkan delapan hingga 12 pemain cello. Tak hanya itu, cello juga merupakan anggota dari kuartet berdawai atau ensembel lainnya. Seperti halnya biola yang memiliki empat senar, cello juga memiliki empat senar yang terdiri dari senar C₂, G₂, D₃, dan A₃. Adapun pemain cello disebut dengan cellist atau violoncellist.

5. Double Bass

Double Bass

Alat musik double bass memiliki banyak nama lain di antaranya adalah bass, contrabass, dan bass fiddle. Alat musik yang juga termasuk dalam keluarga biola ini memiliki karakter suara yang paling rendah dibandingkan saudara-sudaranya. Sebagaimana keluarga biola lainnya, double bass memiliki empat senar yakni senar E₁, A₁, D₂, dan G₂.

Double bass merupakan alat musik standar yang wajib ada dalam orkes simfoni modern di samping biola, cello, dan alat musik berdawai lainnya. Double bass kemudian dimainkan secara lintas genre seperti jazz, blues, rock and roll, musik country tradisional, tango, dan lain-lain. Seperti biola atau cello, double bass juga dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur bersenar atau dipetik atau teknik lainnya.

6. Erhu

Erhu

Erhu merupakan alat musik gesek tradisional asal Tiongkok. Erhu dikenal juga dengan sebutan huqin atau alat musik barbar karena dipopulerkan pertama kali oleh orang-orang barbar yang berasal dari Asia Tengah.

Erhu terbuat dari kayu dan memiliki dua senar yang terbuat dari sutera. Namun, kini senar yang digunakan terbuat dari logam. Bentuknya mirip rebab atau sukong yakni terdiri dari bagian batang dan kotak resonansi. Bagian batang berfungsi sebagai pegangan. Di ujungnya terdapat dua telinga kayu sebagai tempat mengaitkan senar.

Kotak resonansi biasanya berbentuk segi enam, segi delapan atau bulat dan dilapisi dengan selaput dari kulit ular piton. Seperti keluarga rebab lainnya, busur atau alat penggesek yang digunakan terbuat dari bambu dengan senar terbuat dari rambut ekor kuda.

7. Rebab

Alat Musik Gesek Rebab

Menurut kamus, rebab adalah alat musik gesek yang menyerupai biola, bertali dua atau tiga, biasanya digesek dengan cara ditegakkan di lantai, dan penggeseknya berada di belakang rebab. Rebab sendiri sejatinya merupakan musik tradisional Persia yang menyebar ke beberapa wilayah seperti timur Tengah, Afrika Utara, sebagian Eropa, dan Timur Jauh termasuk Indonesia melalui jalur perdagangan.

Rebab memiliki kesamaan dengan viola da gamba namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan memiliki karakter suara yang sangat tinggi. Di Indonesia, rebab biasa digunakan dalam pertunjukkan karawitan jawa. Bentuk rebab terdiri dari dua bagian yakni bagian leher yang disebut dengan watangan dan kotak resonansi yang disebut dengan bokongan.

Bagian leher atau watangan berfungsi sebagai pegangan dan di bagian ujung terdapat dua telinga kayu sebagai tempat berkaitnya ujung dawai. Sementara itu, kotak resonansi yang berada di bagian bawah biasanya terbuat dari batok kelapa atau kayu dan ditutup dengan selaput. Adapun tinggi rebab sekitar 75 cm. Rebab dimainkan dengan cara digesek dengan busur atau alat penggesek yang terbuat dari kayu dan bulu ekor kuda.

8. Sukong

Sukong

Sukong merupakan alat musik gesek tradisional khas Betawi dan merupakan bagian dari kesenian gambang kromong. Sukong memiliki kemiripan dengan rebab namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Bentuk sukong terdiri dari dua bagian yakni bagian leher dan bagian badan. Leher sukong terbuat dari kayu dan berfungsi sebagai pegangan. Di ujungnya terdapat dua telinga kayu yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaitkan dawai.

Adapun bagian badan merupakan kotak resonansi yang terbuat dari batok kelapa. Busur atau alat penggeseknya terbuat dari batang pohon dengan senar atau dawai terbuat dari rambut ekor kuda jantan berwarna putih keemasan.

9. Tarawangsa

Tarawangsa

Jika sukong berasal dari Betawi, maka tarawangsa adalah alat musik gesek tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Sebagaimana halnya rebab atau sukong, tarawangsa juga dimainkan dengan cara digesek dengan menggunakan busur atau alat penggesek.

Bedanya, resonator atau kotak resonansi terbuat dari kayu berleher panjang dengan jumlah dawai antara dua sampai tiga buah. Ukurannya pun lebih tinggi dibandingkan dengan rebab dank arena itu tarawangsa kerap disebut juga dengan rebab jangkung atau rebab tinggi.

10. Tehyan

Alat Musik Gesek Tehyan

Sebagaimana halnya sukong, tehyan juga merupakan alat musik gesek tradisonal khas Betawi yang diadapasi dari budaya Tionghoa. Dengan demikian, tehyan merupakan alat musik hasil akulturasi kebudayaan Betawi dan Tionghoa yang masuk pada abad 18 saat masa penjajahan Belanda.

Tehyan biasanya terbuat dari kayu jati. Adapun kotak resonansi terbuat dari batok kelapa seperti rebab dan dilengkapi dengan senar. Tehyan biasanya dimainkan bersama-sama dengan alat musik lainnya dalam musik tanjidor.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai alat musik gesek beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend