Android 12.1 Ditujukan Untuk Perangkat Lipat Dengan Layar Besar

Android 12.1 Ditujukan Untuk Perangkat Lipat Dengan Layar Besar

NESABAMEDIA.COMSalah satu kelemahan Android yang paling aneh adalah kurangnya dukungan untuk perangkat dengan layar berukuran besar, tetapi Android 12.1 dapat mengatasinya, menurut laporan baru yang diterima nesabamedia.com. Google belum merilis Android 12 secara resmi, tetapi perusahaan tersebut dilaporkan sudah mengerjakan rilis versi Android 12.1 yang berada di tengah Android 12 dan 13. 

Perubahan terbesar di Android 12.1, dari perspektif visual, adalah pengoptimalan untuk layar yang lebih besar. Android versi Google memberikan pengalaman yang seperti meledak saat digunakan pada layar yang lebih besar, dalam hal ini adalah perangkat tablet dan perangkat yang dapat dilipat. Hal tersebut demikian adanya, jika dibandingkan dengan pengalaman Samsung Labs yang telah disesuaikan, yang menambahkan multitasking dan kontinuitas di beberapa layar. Dengan Android 12.1, Google ingin merubahnya dengan adanya perubahan pengaturan khusus.

Disebutkan bahwa banyak dari perubahan Android 12.1 ditujukan untuk membangun Android di pasar smartphone lipat yang sedang berkembang. Layar kunci dan pusat notifikasi, di antara elemen lainnya, kini memiliki desain panel terpisah yang memanfaatkan ukuran layar yang lebih besar. Ada elemen semacam Taskbar baru yang dapat muncul untuk beralih antar aplikasi saat anda bekerja, dan antarmuka layar terpisah telah didesain ulang agar lebih dapat diseret di layar besar saat menggunakan sentuhan. 

Bahkan aplikasi terbaru telah didesain ulang untuk memungkinkan anda melompat langsung ke layar terpisah dari panel multitasking. Terakhir, anda mungkin juga dapat langsung beralih ke layar terpisah dari pemberitahuan, untuk yang satu ini, Google sedang mempertimbangkannya.

Selain perubahan yang tercantum, Android 12.1 tampaknya akan memperluas bahasa desain Material You yang berwarna-warni dari yang sebelumnya eksklusif untuk Google Pixel ke ekosistem Android yang lebih luas, yang hal itu kini tergantung dari pabrikan smartphone untuk mengadopsinya atau tidak.

Google telah berfokus untuk membangun pengalaman Android layar lebar dengan Chromebook dan tablet Chrome OS, dan meninggalkan Android begitu saja. Dengan munculnya perangkat lipat, Google kini kembali mengoptimalkan sistem operasi selulernya untuk layar yang lebih besar. 

Rumor yang beredar mengatakan bahwa Google berencana untuk masuk ke dalam pasar smartphone lipat dengan Pixel Fold-nya sebelum akhir tahun, meskipun Android 12.1 sendiri belum akan dirilis, setidaknya sampai akhir musim dingin atau awal musim semi.

Banyak dari perubahan yang dilakukan ini adalah karena Google ingin mengejar ketinggalan dengan pembuat perangkat Android lainnya. Samsung Galaxy Z Fold 3 sekarang sudah bisa meluncurkan aplikasi dari notifikasi, dan dock adalah standar pada implementasi tablet Android dari Samsung hingga Realme dan Harmony OS milik Huawei. 

Intinya sekarang di sini adalah bahwa pembuat ponsel yang dapat dilipat sekarang harus melakukan lebih sedikit pekerjaan untuk membuat fitur layar besar bekerja pada produk mereka, dan itu adalah sebuah kemenangan untuk semua pihak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend