Android 12L Bakal Hadir di Paruh Pertama 2022

Android 12L Bakal Hadir di Paruh Pertama 2022

Google pertama kali mengumumkan mengenai sosok Android 12L pada bulan Oktober lalu, yang menjanjikan optimisasi dan fitur baru bagi perangkat dengan layar besar.

Build Pratinjau Pengembang pertama telah memiliki tata letak dua kolom baru untuk area sistem, sebuah taskbar untuk perangkat dengan layar besar, dan banyak lagi lainnya. Google tidak memberikan informasi yang begitu jelas mengenai lini masa dari Android 12L, namun kini sudah ada detail yang lebih banyak lagi mengenai sistem operasi yang unik tersebut.

Google telah mengkonfirmasi bahwa sebuah rilisan beta bakal hadir untuk perangkat Pixel di bulan Desember mendatang, diikuti kemudian dengan rilisan final di bulan Februari 2022.

Dari informasi yang diterima nesabamedia.com, Android 12L Beta 2 akan hadir di bulan Desember, dengan perilaku sistem yang telah difinalisasi dan juga sejumlah API, sehingga pengembang aplikasi bisa memastikan aplikasi buatan mereka bisa bekerja. Beta kedua juga akan menjadi rilisan pertama yang akan mengidentifikasi sistem operasi itu sebagai API Level 32. Versi ketiga dan final dari Android 12L diharapkan bisa dirilis pada bulan Februari, dan rilisan finalnya akan hadir sebelum akhir kuartal pertama tahun 2022.

Kabar mengenai jadwal rilisan beta ini adalah sebuah berita baru, namun masih belum jelas berapa banyak perangkat di luar produk Google Pixel yang akan bisa ikut berpartisipasi. Lenovo mengkonfirmasi bahwa versi beta akan tersedia di perangkat tablet P12 Pro mereka, sementara Galaxy Z Fold 3 dipastikan akan mendapatkan Android 12L juga nantinya, namun pihak Samsung masih belum mengungkap apakah rilisan beta akan tersedia atau tidak. 

Diharapkan, lebih banyak perangkat akan ditambahkan untuk bisa menerima versi beta, karena akan sangat menarik untuk bisa menguji coba pembaruan ini secara khusus di perangkat tablet dan smartphone lipat di lebih banyak tablet dan setidaknya satu smartphone lipat. 

Huruf L pada Android 12L merujuk pada kata Large atau besar, sehingga sistem operasi ini memang ditujukan untuk perangkat dengan layar berukuran besar dan akan sangat optimal untuk perangkat tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend