Smartphone Android Jadi Kunci Digital

Android Ready SE Alliance, Saat Google Ingin Jadikan Perangkat Android Sebagai Kunci Digital

NESABAMEDIA.COMTidak lama lagi, mungkin smartphone Android bisa digunakan untuk membuka kunci mobil. Disebutkan bahwa Google saat ini tengah mengupayakan terjadinya masa depan yang serba digital, di mana semua yang perlu dibawa oleh orang-orang hanyalah sebuah smartphone. Proyek ini konon bernama Android Ready SE Alliance. 

Ambisi Google ini didasarkan pada komponen perangkat keras yang mereka sebut sebagai elemen aman (Secure Element), dan dirancang untuk menjalankan tugas berbasis komputer yang mirip dengan cara kerja pembayaran dengan teknologi NFC. Dengan proyek Google tersebut, orang-orang kana bisa menggunakan smartphone mereka untuk berbagai tujuan dan kebutuhan yang lebih luas lagi, seperti membuka kunci mobil tanpa harus memerlukan kunci fisik. 

Secure Element tersebut juga dikenal sebagai chip Titan M, yang telah ada di semua smartphone Google Pixel sejak tahun 2018 silam. Sebagai bagian dari proyek Android Ready SE Alliance yang diumumkan dalam unggahan blog pekan ini, Google ingin menggunakan elemen aman itu untuk membuat sebuah cache aplikasi open source yang dimaksudkan untuk digunakan dengan chip dan perangkat keras SE.

Android Ready SE Alliance sendiri telah dibentuk untuk meluncurkan program bernama StrongBox, sebuah teknologi yang akan membantu menyimpan hal-hal penting seperti kunci mobil digital. Modul yang dibuat melalui StrongBox itu menggunakan jenis penyimpanan aman, CPU, dan generator nomor acak untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan. Selanjutnya akan bisa terhubung dengan seluruh sistem yang ada melalui Keymaster HAL.

Meskipun jenis teknologi ini bisa memiliki lusinan kasus penggunaan, Google tampaknya lebih berfokus dalam hal pengembangan kunci dan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam bentuk digital. SIM digital itu nantinya akan menggunakan API dari Identity Credential, yang telah diluncurkan bersama dengan Android 11. 

Namun saat ini masih belum ada aplikasi Android yang sesuai dengan kunci mobil digital, dan tampaknya belum ada yang pengembang yang membuat aplikasi semacam itu sekarang ini. Apapun itu nantinya, produk Google itu harus sesuai dengan regulasi yang ada, seperti standar regulasi pada Car Connectivity Consortium baik untuk iOS dan Android. 

Google juga mengatakan bahwa untuk StrongBox sudah tersedia untuk beragam perangkat seperti Wear OS, Android Auto, dan juga Android TV. Terdapat juga beberapa pabrikan Android yang akan menghadirkan Android Ready SE untuk perangkat buatan mereka di masa mendatang. Dengan kata lain, teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang paling banyak diadopsi saat ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend