Apa itu Hostname, Domain Name, dan DNS?

Apa itu Hostname, Domain Name, dan DNS?

Apa itu hostname? Hostname atau nama host merupakan sebuah nama dari komputer. Nama tersebut bersifat spesifik sehingga antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sudah pasti memiliki nama yang berbeda. Lalu apa yang terjadi jika dalam jaringan terdapat dua komputer dengan hostname yang sama? Maka sistem akan langsung menginformasikan mengenai duplikasi hostname tersebut.

Namun sebenarnya meskipun ada dua komputer atau bahkan lebih dengan hostname yang sama namun komputer-komputer tersebu tidak terkoneksi ke jaringan, maka hal ini tidak masalah. Namun jika terhubung ke jaringan, maka tentunya harus segera dilakukan beberapa langkah penangangan agar tidak terjadi duplikasi hostname dalam jaringan tersebut.

Pengertian Domain Name

Pengertian Hostname

Sebenarnya ketika membahas hostname, kita tidak bisa mengesampingkan pembahasan domain name. Nama domain atau domain name merupakan sebuah nama unik yang diberikan dengan tujuan untuk bisa mengindentifikasi nama server pada komputer misalnya mail server atau web server yang ada di dalam jaringan maupun internet.

Fungsi dari domain name ini tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna internet pada saat mereka ingin melakukan akses ke server. Bukan itu saja, domain name juga berfungfsi untuk mengingat seperti apa nama server yang telah dikunjungi tanpa perlu mengingat alamat IP-nya.

Pengertian DNS

Lalu bagaimana dengan DNS? DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server. DNS merupakan sebuah sistem yang fungsinya untuk  menyimpan nama host maupun nama domain di dalam bentuk basis data yang tersebar atau distributed database yang terdapat di dalam jaringan komputer. Salah satu contohnya adalah internet. DNS berperan di dalam menyediakan IP address untuk masing-masing hostname serta melakukan pendataan pada setiap mail exchange server atau server transmisi surat.

Mail exchange server inilah yang nantinya bertugas untuk menerima email atau surel dari masing-masing domain. DNS memberikan layanan yang penting pada internet pada saat hardware atau perangkat keras dan juga jaringan bekerja menggunakan IP address untuk mengakses penjaluran (routing) atau pengalamatan.

Biasanya para pengguna cenderung akan menggunakan hostname serta nama domain. Misalnya ketika digunakan untuk URL maupun alamat surel.

Pengelola dan juga sistem pada DNS memiliki tiga komputer. Apa saja ketiga komponen tersebut? Berikut ini jawabannya:

  • DNS resolver: sebuah program klien di mana program ini berjalan pada komputer pengguna yang selanjutnya akan melakukan permintaan DNS dari aplikasi
  • Resursive DNS server: berfungsi melakukan pencarian yang merupakan respon dari permintaan resolver, selanjutnya permintaan tersebut akan dikembalikan menuju resolver
  • Authoritative DNS server: berfungsi untuk memberikan jawaban pada permintaan yang berasal dari recursor

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai Hostname, DNS, dan juga Domain Name. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend