Download HFSExplorer Terbaru

Download HFSExplorer 9.17

Download HFSExplorer Terbaru Developer: Catacombae
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



HFSExplorer adalah software untuk menjelajahi isi disk image dan hard disk yang memiliki sistem file HFS (Hierarchical File System), HFS Plus, dan HFSX. Ketiganya merupakan sistem file yang didesain oleh Apple untuk sistem operasi Mac.

HFS adalah sistem file lama yang sudah diganti dengan HFS Plus (HFS+) sejak tahun 1998, sedangkan HFSX merupakan versi lain dari sistem file HFS Plus yang mendukung case sensitivity dalam penamaan file dan folder.

Windows tidak bisa membaca hard disk yang diformat dengan ketiga sistem file di atas. Jika hard disk yang demikian dihubungkan ke komputer berbasis Windows, yang muncul adalah sebuah kotak dialog yang memberitahu anda bahwa hard disk tersebut perlu diformat supaya bisa digunakan.

Pemberitahuan tersebut agak menyesatkan, setidaknya bagi pengguna yang tidak tahu mengenai dampak dari memformat hard disk. Memang benar bahwa hard disk tersebut akan bisa dibaca oleh Windows setelah diformat, tapi anda tidak akan menemukan apa pun di dalam hard disk karena pemformatan tersebut menghapus seluruh isinya.

Fitur dan Kegunaan HFSExplorer

Apa Itu HFSExplorer

HFSExplorer termasuk salah satu software yang kerap direkomendasikan untuk mengakses isi hard disk Mac di dalam Windows. Melalui file browser yang disediakannya, anda dapat menelusuri isi hard disk seperti ketika anda menggunakan File Explorer, mengambil file yang anda inginkan untuk dipindahkan ke Windows, dan membuat disk image.

HFSExplorer juga dapat membaca disk image .sparsebundle dan .dmg, termasuk disk image yang dienkripsi dengan AES 128 dan AES 256. Sedangkan skema partisi yang didukungnya antara lain GUID Partition Table (GPT), Master Boot Record (MBR), dan Apple Partition Map (APM).

Berikut adalah beberapa fitur lain yang dimiliki oleh HFSExplorer:

  • HFSExplorer dapat diasosiasikan dengan file-file berekstensi .dmg dan .cdr.
  • Fitur autodetect untuk mendeteksi partisi Mac di dalam Windows.
  • Opsi untuk memilih partisi Mac secara manual.
  • Fitur Extract untuk menyalin file ke partisi Windows.

HFSExplorer merupakan software berbasis Java yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Erik Larsson dengan lisensi GNU GPL versi 3, jadi semua fitur HFSExplorer di atas dapat anda gunakan secara gratis asalkan Java SE Runtime Environment sudah terinstall di dalam komputer anda.

Download HFSExplorer Terbaru

HFSExplorer tidak termasuk software yang bergelimang fitur. HFSExplorer tidak memiliki driver yang memungkinkan file-file Mac untuk diakses melalui File Explorer. HFSExplorer juga tidak memungkinkan anda untuk membuat file di dalam hard disk yang diformat dengan ketiga sistem file Mac yang didukungnya tersebut.

Akan tetapi, jika anda hanya ingin menelusuri dan menyalin file-file dari dalam hard disk yang diformat dengan sistem file Mac, maka apa yang disediakan di dalam HFSExplorer seharusnya sudah mencukupi sekalipun anda harus menginstall Java SE Runtime Environment untuk menggunakannya. Download HFSExplorer terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend