apa itu root android beserta fungsinya

Apa Itu Root Android? Dan Apa Saja Fungsi dan Resikonya untuk Smartphone Kita?

Android adalah salah satu sistem dalam perangkat smartphone yang kini banyak digunakan dan merupakan teknologi yang paling berkembang di abad ini.

Berbagai hal yang menjadi dasar penggunaan android sebaiknya diketahui oleh mereka yang terbiasa menggunakannya agar dapat menggunakan perangkat tersebut secara efisien.

Mungkin Anda sering mendengar istilah root dan terkadang belum mengetahui apa yang sebenarnya dimaksud dengan root pada android dan apa kegunaannya.Untuk mengetahui pengertian dan fungsi root, ada baiknya Anda menyimak penjelasan mengenai apa itu root android dibawah ini.

Apa Itu Root Android?

Secara bahasa, root berarti akar dan sesuai dengan arti kata root tersebut, root android dapat disebut sebagai akar dari suatu sistem android. Yang dimaksud dengan akar dari sistem android adalah dimana terdapat kendali atau akses penuh dari seorang pengguna pada ponsel yang dimilikinya.

Apa Itu Root Android?

Root pada android biasanya tidak diatur sebagai menu default dan tidak bisa diakses tanpa memenuhi langkah atau prosedur tertentu. Sebagai suatu akar, root android juga dimaknai sebagai inti dari sistem dimana seseorang bisa menghapus, menambah, mengurangi isi dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Jika pada aplikasi tertentu misalnya aplikasi bawaan pabrik, kita tidak bisa mengubah atau menghapusnya maka jika root android dilakukan, kita bisa mengakses dan melakukan apapun pada aplikasi tersebut.

Kesimpulannya, saat android sudah diroot maka pengguna bisa bertindak sebagai administrator dan mengubah apapun yang ada dalam sistem Android tersebut.

Pentingnya Proteksi Root Android

Lantas mengapa root android tidak disajikan dimenu default atau kita tidak bisa mengakses dan mengubah sistem android tanpa melalui proses root? Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi disetel dan diatur sedemikian rupa dalam suatu sistem android dan untuk kepentingan pabrik atau penyedia layanan, aplikasi tersebut tidak bisa dihapus misalnya saja jika ponsel android memiliki bundling dengan perusahaan telekomunikasi dan mereka meletakkan aplikasi didalamnya untuk keperluan promosi.

Apa Itu Root Android?

Selain itu pengguna juga tidak bisa mengubah sesuatu atau aplikasi dalam android tanpa root dikarenakan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kesalahan pada sistem, terutama pada pengguna atau user yang masih awam. Bisa jadi jika diberikan akses penuh pada semua perangkat atau sistem dalam android, justru sistem tersebut akan kacau dan perangkat android tidak bisa digunakan lagi.

Fungsi Root Android

Root pada sistem android memiliki beberapa fungsi dan akan sangat membantu jika diperlukan. Beberapa fungsi dan manfaat menggunakan root android antara lain:

1. Mengakses seluruh sistem tanpa batas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi root android yang utama adalah untuuk memberikan akses kepada pengguna dalam mengatur sistem android dalam suatu perangkat.

Dengan mengeroot android, pengguna bisa bertindak sebagai admin dan mengubah semua setting didalamnya termasuk mengupdate aplikasi, mengupdate sistem android dan lain sebagainya.

2. Menghapus aplikasi yang tidak berfungsi

Seringkali aplikasi dalam android tidak seluruhnya digunakan dan berfungsi secara efisien sehingga hanya memenuhi memori dan hal ini akan sangat mengganggu terutama pada ponsel android yang hanya memiliki sedikit kapasitas memori internal.

Dengan melakukan rooting android maka kita bisa menghapus aplikasi tersebut dan membuat kinerja ponsel android semakin cepat dan baik.

3. Mengembalikan file yang terhapus

Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna android adalah file yang terhapus secara tidak sengaja misalnya gambar, video, dokumen maupun file lainnya.

Masalah ini kadang sangat menjengkelkan, tapi ternyata dengan mengeroot android dan dengan bantuan aplikasi tertentu, kita bisa mendapatkan kembali file yang terhapus tersebut. Hal ini akan sangat membantu jika suatu saat kita memerlukan suatu file yang sudah tidak tersimpan dalam perangkat android yang kita miliki.

4. Mengubah tampilan android

Selain mengupdate dan merubah sistem didalamnya, mengeroot android bisa memungkinkan pengguna untuk mempercantik tampilan android baik dengan mengubah tema maupun icon atau simbol menu yang digunakan. Intinya semua hal dalam android bisa diubah semau kita dan tentu saja jika kita harus mengerootnya dengan cara yang benar.

Sekarang anda sudah paham kan apa itu root android? Meskipun memiliki banyak kelebihan dan fungsi, root android juga memiliki kekurangan yang juga harus diketahui oleh setiap pengguna ponsel atau perangkat android lainnya.

Jika Anda mengeroot android atau mengubah sistemnya, maka masa garansi dari pabrik ponsel tersebut akan hilang. Dengan kata lain jika terjadi kerusakan pada perangkat android, pabrik yang mengeluarkan perangkat tersebut tidak akan memberikan garansi dan tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

Selain itu, ponsel atau perangkat android yang diroot akan lebih mudah terserang virus seperti malware dan sebagainya. Jadi sebelum mengambil langkah untuk mengeroot suatu perangkat android sebaiknya pertimbangkan dengan baik apakah Anda benar-benar memerlukannya dan jika tidak sebaiknya biarkan ponsel android Anda sebagaimana mestinya.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
13 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fhay
Fhay
4 years ago

Gan, saya pake xiaomi 4x .. udh miui 9 os nougat, mslhnya kalo download tema dari forum miui atopun theme store ukuran mene ikonnya suka jd besar kalo direstart pdhal tampilan pas downloadnya kecil.. kira2 mslhnya krna apa yah?

Johan
Johan
4 years ago

Iya kebutulan hp sya lg downlod aplikasi ebanking atau btn mobalie tpi sdh instal pas dibuka tdk bsa katax smartphone mu sdh d root mohon penjelasan

Septiawan
Septiawan
3 years ago

Saya kan baru download game mobile legend, baru dimainkan dia kembali sendirinya

ali akbar
ali akbar
3 years ago

Apa ada kemingkinan besar kalau kita root android hp kita bisa mati

Ali sanjayA
Ali sanjayA
3 years ago

Jika kita melakukan roor di ponsel kita data-data seperti lagu dan foto yg ada di ponsel kita akan hilang atau tidak?

Aby Husni Abdillah
Aby Husni Abdillah
3 years ago

Saya punya apk mobile legends terus saya ingin memindahkan data nya ke SD card tapi tidak bisa, apakah kalau di root bisa?

Nurjanah
Nurjanah
3 years ago

Saya baru download aplikasi Ifont tapi setelah saya terapkan fonts nya tidak berubah padahal di aplikasinya sudah tertulis diterapkan. Hp saya Vivo V5 S. Tolong solusinya

Afid
Afid
3 years ago

Mau tanya dong HP saya kan tiba tiba mati terus cuman bisa sampe logo mi aja , terus tak bawa ke temen sama dia di root dan berhasil tapi semua data hilang , bisa gak di balikin lagi data datanya.. terimakasih