• Our Partners:

Cara Mengganti DNS Android

Begini Cara Mengganti DNS Android untuk Pemula, Sudah Tahu?

Teknologi internet semakin berkembang dan menunjukkan berbagai perkembangan yang positif dan negatif. Kebanyakan dampak positif yang dihasilkan internet bermanfaat bagi kehidupan setiap manusia.

Sehingga banyak didapatkan informasi dan wawasan terbaru untuk mengenal teknologi yang sedang berkembang. Selain itu, perkembangan teknologi ini dapat menimbulkan dampak negatif, ketika digunakan untuk tindakan kriminal.

Oleh karena itu, DNS memiliki peran penting untuk mengetahui domain dan alamat IP dari masing-masing website atau perangkat yang digunakan. Sehingga jika terjadi tindak kejahatan dapat ditelusuri dengan bijak dan sebenarnya.

Cara Mengganti DNS Android untuk Pemula

Mengganti DNS menjadi permasalahan ringan jika kita tidak dapat menemukan solusinya. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengganti DNS android supaya lebih mudah dipahami:

1. Pastikan anda memiliki koneksi yang lancar. Hal ini dikarenakan, proses penggantian DNS juga tergantung dengan koneksi WIFI. Sehingga ketika anda menginginkan untuk mengganti DNS android anda, maka usahakan menggunakan jaringan WIFI.

2. Proses penggantian DNS ini menggunakan aplikasi yang khusus untuk DNS sehingga akan memudahkan anda dalam mengganti DNS pada android. Yang terpenting dalam penggunaan aplikasi ini adalah aplikasi ini aman untuk smartphone, karena smartphone tidak perlu di root untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

3. Jika anda belum menginstall aplikasi untuk DNS ini, bukalah menu aplikasi pada smartphone anda, dan pilih aplikasi Google PlayStore

cara mengganti DNS android dengan aplikasi

4. Anda akan melihat tampilan halaman utama ketika sudah membuka aplikasi Google PlayStore. Perhatikan bahwa pada bagian atas terdapat kolom pencarian untuk mencari nama aplikasi DNS

5. Ketikkan keyword set DNS, kemudian klik search atau tekan enter

Cari DNS aplikasi

6. Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang relevan dengan keyword yang dimasukkan

7. Pilih aplikasi yang bernama DNS Changer (No Root Ipv6) Android

8. Klik install, agar aplikasi terpasang pada perangkat anda. Tunggu hingga proses installasi selesai

Install Aplikasi DNS

9. Buka aplikasi DNS Changer yang sudah terpasang pada smartphone android anda

10. DNS yang digunakan pada android anda secara default adalah DNS dengan jenis DNS Google. Dimana, DNS Google ini memiliki IP Address 8.8.8.8 (Primary Server) dan 8.8.4.4 (Secondary Server)

cara mengganti DNS android dengan DNS Changer

11. Untuk mengganti IP Address DNS yang saat ini digunakan pada smartphone android anda, hanya perlu klik default DNS Addresses

Ganti Public DNS

12. Setelah itu akan muncul pop-up tampilan Public DNS Providers

13. Pada tampilan ini, anda dapat memilih DNS public yang tersedia. Banyak pilihan yang disediakan oleh aplikasi ini. Namun, pada tutorial kali ini public DNS provider yang digunakan adalah OpenDNS

Pop up DNS Providers

14. Klik pada bagian OpenDNS, dan anda akan melihat bahwa IP Address akan berubah sesuai dengan DNS provider yang dipilih. IP Address yang dimiliki oleh OpenDNS adalah 208.67.222.222 (Primary Server) dan 208.67.220.220 (Secondary Server). Sehingga IP Address yang digunakan akan berbeda dengan IP Address pada saat pertama kali yaitu pada DNS Google.

cara mengganti DNS android dengan OpenDNS

Dengan adanya informasi mengenai cara mengganti DNS android ini memudahkan pengguna android ketika mereka ingin mengganti DNS pada masing-masing perangkat androidnya.

Perubahan DNS dapat dilakukan dengan melalui berbagai macam perangkat dan berbagai cara. Sehingga anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai cara mengganti DNS.

Tidak terbatas pada android saja ternyata, namun juga bisa pada komputer atau laptop. Namun, pada informasi ini hanya fokus pada mengganti DNS android. Hal ini dikarenakan, pengguna banyak menggunakan android sebagai perangkat elektronik yang mudah dibawa kemana saja. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend