Begini Cara Mengganti Template Blog untuk Pemula, Gratis Loh!

Blog merupakan istilah singkatan dari web blog. Blog digunakan sebagai media dan sarana informasi, penyebaran informasi, berupa tulisan, gambar dan lainnya.

Pembaca blog tidak memiliki batasan, hal ini dikarenakan platform Blog terbuka secara umum bagi semua orang. Sehingga setiap orang berhak untuk mengakses blog dan mendapatkan berbagai informasi-informasi menarik.

Konten kreator juga berlaku bagi seorang blogger. Hal ini dikarenakan mereka juga menciptakan atau membuat konten berupa tulisan yang menarik dan informatif agar bermanfaat bagi para pembacanya.

Cara Mengganti Template Blog Gratis

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjadi blogger adalah kualitas tulisan. Kualitas tulisan harus selalu diimprove agar menjadi lebih baik. Selain itu, kualitas tampilan blog juga harus diperhatikan, sehingga pengguna tidak bosan dan merasa nyaman saat membaca tulisan anda. Berikut merupakan cara mengganti template blog agar lebih menarik:

1. Pastikan anda memiliki perangkat yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan ini, seperti laptop, komputer atau tablet.

2. Koneksi internet sangat diharuskan ada untuk mempermudah anda dalam mengganti template blog

3. Anda harus mulai mencari referensi template blog yang sesuai dengan keinginan anda

4. Anda bisa mendapatkan referensi template web pada situs btemplates.com

5. Kemudian akan muncul tampilan halaman utama dari btemplates

cara mengganti template blog di btemplates

6. Anda dapat mencari template yang anda inginkan

7. Sebelum mendownloadnya, anda lebih baik melihat bagaimana preview dari template yang anda gunakan, dengan cara mengklik demo

Demo templates

8. Setelah itu, klik download untuk mendownload template yang anda inginkan

download template

9. Untuk mengganti template blog, anda harus memiliki halaman blog terlebih dahulu. Untuk itu anda dapat menggunakan blogger.com untuk membuat akun blogspot.

10. Ketika sudah mengakses situs tersebut, anda harus melakukan sign in atau login ke akun blog anda

Sign in blogger

11. Setelah berhasil login, anda akan melihat halaman utama dari akun blog anda

cara mengganti template blog gratis

12. Untuk mengganti template blog, anda harus mengklik menu tema pada menu bar sebelah kiri

Klik tema sebelah kiri

13. Kemudian, anda akan melihat tampilan blog yang menggunakan template saat ini. Pada blog ini sendiri sebenarnya sudah tersedia beberapa template yang bisa anda gunakan. Namun, untuk tutorial kali ini, menggunakan template yang sudah di download dari btemplates.com

14. Pada halaman menu tema, klik backup/pulihkan, untuk melanjutkan proses penggantian template blog anda

backup/pulihkan

15. Kemudian akan muncul pop-up tampilan dari pilihan backup/pulihkan. Pada halaman ini, anda dapat memasukkan template yang sudah didownload sebelumnya

16. Klik Choose File untuk dapat mengupload file .xml dari template yang sudah didownload

Pop up backup pulihkan

17. Pilih file .xml dari template yang sudah didownload, dan tersimpan pada perangkat anda, klik open atau tekan enter

cara mengganti template blogspot blogger

18. Kemudian klik upload agar template yang anda inginkan tersimpan, dan template blog anda berganti dengan template yang baru

Klik upload template

19. Cek kembali blog anda, dan template sudah berganti. Tampilan blog anda akan menjadi tampilan yang baru dengan nuansa yang menarik sesuai dengan keinginan anda.

Hasil ganti template

Dengan adanya informasi mengenai cara mengganti template blog ini memudahkan bagi para blogger atau konten kreator yang bergerak dalam bidang tulisan untuk menambah inspirasi design bagi blog mereka.

Adanya blog sangat bermanfaat bagi penulis dan pembacanya. Dengan adanya blog, dapat dijadikan sebuah media informasi yang bisa diakses oleh banyak orang.

Dengan begitu, blog dapat menjadi sarana dan wadah untuk menyampaikan aspirasi dan inspirasi penulis. Informasi dan wawasan serta pengetahuan yang disampaikan dalam blog, dapat menjadi sumber referensi baru bagi anda sebagai pembaca. Dimana, sumber referensi tidak terbatas pada buku-buku saja, melainkan juga pada blog yang menyediakan berbagai macam informasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend