Apakah Kartu Yang Sudah Lewat Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

Apakah Kartu Yang Sudah Lewat Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

Banyak orang yang bertanya apakah kartu yang sudah lewat masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak. Saat ini, dengan banyaknya pengguna wifi, seringkali orang lupa untuk mengisi pulsa agar kartu tetap aktif. Beberapa provider juga akan mengaktifkan kartu jika sudah berbulan-bulan tidak digunakan.

Biasnaya masyarakat Indonesia juga cenderung akan membuat kartu yang sudah terblokir karena lama tidak diisi pulsa. Fenomena inilah yang dahulu sempat menghebohkan perusahaan telekomunikasi. Perusahaan telekomunikasi mengaku bahwa pihaknya rugi sebesar 2 triliun akibat kebiasaan tersebut.

Nah, untuk kamu yang memiliki kebiasaan lupa mengisi pulsa hingga kartu kamu memasuki masa tenggang, kamu bisa simak pembahasannya di bawah ini.

Apakah Kartu Yang Sudah Lewat Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

Apakah Kartu Yang Sudah Lewat Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

Masa tenggang sendiri merupakan masa atau waktu yang diberikan oleh oihak provider sebelum kartu dinonaktifkan. Baisanya, masa tenggang sebuah kartu itu selama 30 hari. Sebelum mengaktifkan nomor, provider akan memberikan notifikasi melalui SMS, panggilan WA, browsing internet atau lainnya sebelum memblokir nomor pengguna.

Namun, selama masa tenggang ini, para pengguna provider masih bisa menggunakan kartunya untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari panggilan telepon, mengirim SMS, menerima panggilan WA, browsing internet, dan lainnya selama pulsa yang kamu miliki cukup. Di bawah ini kamu akan melihat daftar provider mana saja yang bisa diisi pulsa jika sudah masuk masa tenggang :

1. Pengguna Telkomsel (As, Simpati, dan Loop)

Untuk kamu para pengguna Telkomsel, mulai dari As, Simpati, dan Loop yang bertanya apakah kartu yang sudah lewat masa tenggang bisa diisi pulsa? Jawabannya ternyata bisa.

Kamu hanya perlu melakukan isi pulsa seperti biasanya. Kamu juga bisa membeli kuota internet seperti biasa. Jika perlu, kamu juga bisa membeli masa aktif agar masa aktif kartu kamu lebih panjang. Setelah itu, kartu Telkomsel kamu akan keluar dari masa tenggang setelah kamu melakukan isi pulsa atau membeli paketan masa aktif.

2. Pengguna XL Axiata

Selanjutnya, untuk kamu para pengguna XL Axiata yang bertanya-tanya apakah kartu XL masih bisa diisi pulsa ketika memasuki karru masa tenggang, ternyata bisa. PT XL Axiata menyediakan beberapa macam masa tenggan tergantung dengan nominal pulsa yang diberi, diantaranya :

  • Rp 1.000 = 2 hari
  • Rp 5.000 = 7 hari
  • Rp 10.000 = 15 hari
  • Rp 15.0000 = 20 hari
  • Rp 20.000 = 30 hari
  • Rp 25.0000 = 30 hari
  • Rp 30.000 = 35 hari
  • Rp 40.000 = 40 hari
  • Rp 50.000 = 45 hari

3. Pelanggan Axis

Untuk kamu yang menjadi pelanggan Axis, kartu Axis sendiri dikelola oleh PT Axis Telekom, namunn sejak tahun 2014 silam, perusahaan ini dikelola oleh PT XL Axiata Tbk. Untuk itu, kebijakan Axis hampir mirip dengan XL. Maka dari itu, kartu Axis sendiri masih bisa kamu gunakan meski memasuki masa tenggang jika diisi pulsa.

4. Pelanggan Smartfren

Smartfren adalah salah satu provider yang dikelola dan diproduksi oleh PT Smartfren Telecon Tbk. Untuk kamu para pengguna Smartfren tak pelru khawatir, karena kamu masih bisa mengisi pulsa meskipun kartumu sudah memasuki masa tenggang. Setelah diisi pulsa, maka kartu bisa digunakan kembali.

5. Pelanggan Tri

Jika kamu bertanya-tanya apakah kartu Tri yang sudah memasuki masa tenggang bisa diisi pulsa kembali? Jawabannya adalah ya. Kartu yang menyediakan layanan lebih murah dibandingkan provider lainnya ini memberikan keringanan kepada para penggunanya untuk tetap bisa menggunakan kartunya meskipun sudah masa tenggang.

Untuk kamu yang ingin mengecek masa tenggang Tri, kamu bisa mengirim SMS ke 234, lalu pilih masa aktif untuk mendapatkan informasi terkait dengan masa aktif kartu kamu. Namun, jika kamu ingin menggunakan kartu selama satu tahun penuh, kamu bis amembeli masa aktif hanya dengan membayar Rp 50.000.

6. Indosat

Indosat Ooredoo dikelola oleh PT Indosat Tbk. Kartu yang satu ini dikenal sebagai kartunya anak muda yang menyediakan paket dengan harga yang cukup bersahabat. Kartu Inosat masih bisa diisi pulsa dan paket data meskipun sudah memasuki masa tenggang. Pengisian pulsa yang kamu lakukan akan menambah masa aktif hingga 75 hari.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan apakah kartu yang sudah lewat masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak. Singkatnya, semua provider masih bisa diisi pulsa meskipun sudah memasuki masa tenggang.

Berbeda kasusnya jika kartu kamu sudah diblokir oleh pihak provider, maka kamu tidak bisa menggunakan kartumu sebagaimana mestinya, termasuk mengisi pulsa.

Jika kamu merupakan pengguna XL, kamu harus mengunjungi XL center untuk mengatasi masalah kartu diblokir. Hal yang sama berlaku untuk kamu pelanggan Tri. Mintalah bantuan customer Tri untuk mengaktifkan kembali nomor kamu.

Namun, mengaktifkan kembali nomor yang sudah diblokir pihak provider merogoh kocek ratusan ribu. Maka dari itu, hindarilah kartumu terblokir dengan cara mengisi pulsa berkala.

Cara Memperpanjang masa aktif

Bagi kamu yang menginginkan tips bagaimana cara memperpanjang masa aktif dari 3 bulan menjadi 1 tahun, simak caranya berikut ini :

1. Melakukan isi ulang pulsa

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang masa aktif adalah dengan melakukan isi ulang. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan isi ulang. Kamu bisa membeli voucher fisik dan elektrik, membeli pulsa melalui ATM/m-banking, atau melalui berbagai aplikasi, membeli pulsa di indomaret atau alfamart, membeli pulsa di aplikasi provider kamu.

2. Membeli masa aktif

Selain membeli pulsa, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk kartu kamu yang sudah memasuki masa tenggang adalah dengan membeli masa aktif. Untuk kamu pengguna Telkomsel, kamu bisa memperpanjang masa aktif dengan melakukan panggilan ke *999# atau *360*9#.

Sementara, untuk kamu pengguna Indosat, hal yang harus kamu lakukan adalah mengirim pesan ke 555. Kamu bisa menuliskan pesan seperti ini, “AKTIF3 kirim ke 555 untuk masa aktif 3 hari. Untuk masa aktif 14 hari caranya yakni “AKTIF14 kirim ke 555. Untuk kamu yang ingin masa aktifnya 30 hari, maka yang harus dikirim ke operator agar nantinya nomor kamu bisa digunakan kembali.

Jika kamu pengguna Axis maka yang harus kamu lakukan adalah dengan memanggil *848*2*1#. Nati kamu akan diberikan masa aktif tanbahan selama satu minggu. Untuk pengguna kartu XL, hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu sedang mengalami hal ini yakni dengan menghubungi *123*6*1*1. Cara memperpanjang masa aktif kartu 3 yakni dengan mf engisi pulsa, maka otomatis masa aktif akan bertambah.

3. Membeli paket

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kartu yang memasuki masa tenggang adalah dengan membei paket. Bukan hanya dengan cara mengisi pulsa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Paket ini termasuk paket nelepon, membeli paket data, atau membeli paket SMS. Setelah selesai membeli paket, maka kartu kamu bisa digunakan kembali seeprti biasa.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu kamu yang berada di masa tenggang. Mulai dari mengisi pulsa, membeli masa aktif, dan membeli paket. Semoga tulisan ini membenatu.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend