Aplikasi Audio Spectrum PC Laptop Terbaik

9 Aplikasi Audio Spectrum PC / Laptop Terbaik, Mana yang Paling Bagus?

Musik adalah suatu hal yang pasti didengarkan oleh setiap orang di dunia ini. Tidak ada seorang pun yang tidak mendengarkan musik pastinya. Apalagi dengan adanya platform YouTube yang mewadahi para konten kreator, maka semakin banyak konten musik yang berupa video yang banyak ditonton oleh banyak orang.

Membuat konten musik yang berbeda dan menonjol pasti tidaklah mudah. Tapi akhir – akhir ini konten video yang menampilkan visualisasi musik sangat digandrungi para konten kreator musik. Visualiasasi musik yang disajikan seperti berupa audio spectrum dari musik atau lagu yang dimainkan.

9 Aplikasi Audio Spectrum PC / Laptop

Anda dapat dengan mudah menemukan konten video visualisasi musik pada platform Youtube pastinya. Anda sebagai pemula juga bisa mencoba membuat konten seperti itu.

Anda bisa dengan mudah membuat gaya visualisasi musik Anda sendiri dengan menggunakan aplikasi – aplikasi yang ada. Berikut ini 9 rekomendasi aplikasi audio spectrum di PC / laptop yang bisa Anda coba gunakan.

1. Adobe After Effect

Adobe After Effect merupakan salah satu aplikasi terbaik yang sering digunakan untuk memvisualisasikan sebuah musik atau lagu di PC / laptop. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai proyek terkait efek visual digital, pembuatan animasi, mixing, dan lain sebagainya. Tapi sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, ada baiknya Anda sudah mengetahui dasar – dasar tentang aplikasi After Effect ini.

Sebelum Anda menerapkan efek Spectrum Audio, Anda harus membuat komposisi baru terlebih dahulu, lalu menambahkan file suara ke komposisi terebut dan mengatur durasinya.

Aplikasi ini biasanya lebih sering digunakan oleh seorang profesional, karena aplikasi ini agak ribet bagi para pemula karena terlalu banyak fitur yang dimiliki aplikasi After Effect ini. Tapi, jika Anda terus berekplorasi pada aplikasi ini, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

2. Sonic Candle

Sonic Candle merupakan aplikasi audio spectrum di PC / laptop yang menggunakan bahasa Java. Aplikasi ini dapat menghasilkan audio spectrum dari file musik mp3 yang dapat mempercantik konten video yang Anda miliki. Tapi, perlu Anda ingat sebelum menginstal aplikasi ini, pastikan PC / laptop Anda sudah terinstal program Java.

Aplikasi Sonic Candle ini cocok bagi Anda sebagai pemula yang ingin mencoba – coba untuk membuat audio spectrum atau memvisualisasikan musik pada video Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis tentunya.

3. VSDC Video Editor Free

VDSC Video Editor merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan musik di PC / laptop. Tapi bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga menawarkan beberapa fitur pengeditan video secara gratis.

Selain dapat digunakan untuk membuat video berdasarkan musik, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menstabilkan video yang sudah Anda rekam dengan kamera, meningkatkan warna pada video, membuat grafik 3D serta dapat mengekspor video beresolusi tinggi langsung ke akun media sosial Anda.

Aplikasi VSDC Video Editor ini memiliki ratusan preset yang bisa Anda gunakan untuk membuat video musik. Selain memiliki fitur Spectrum yang menampilkan suara dalam rentang warna yang sudah ditetapkan, aplikasi ini juga memberikan penawaran Abstraksi Audio yang dapat menghasilkan bentuk abstrak yang berwarna – warni berdasarkan lagu atau musik yang Anda pilih.

4. Magic Music Visuals

Magic Music Visuals merupakan aplikasi visualisasi musik yang memberikan penawaran semua fitur yang diperlukan dalam membuat visualisasi live musik atau video musik. Anda dapat menghasilkan grafik 2D dan 3D yang dapat beraksi terhadap musik atau Anda dapat menggabungkan foto, file 3D, ataupun video.

Selain itu, Anda bisa dengan mudah memasukin mode layar penuh dan memproyeksikan video Anda menggunakan proyektor atau layar LED. Aplikasi Magic Music Visuals ini juga bisa menggabungkan input audio dalam jumlah yang tidak terbatas secara bersamaan, artinya Anda dapat dengan musdah menggabungkan dua atau lebih musik dengan mudah.

Aplikasi Magic Music Visuals ini juga dapat memungkinkan Anda mengekspor video dalam format mp4 atau mov. Dan lamanya proses rendering tergantung dari berapa lama video yang dihasilkan dan tentunya kekuatan processor pada PC / laptop yang Anda gunakan.

5. Videobolt Music Visualizer

Videobolt Music Visualizer merupakan aplikasi audio spectrum atau visualisasi musik yang benar – benar memberikan pengalaman yang mengesankan. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam template yang bisa Anda gunakan selama proses pembuatan video.

Jika Anda ingin menggunakan template dan meng-edit template-nya, maka Anda harus membeli salah satu paket berlangganannya yang sudah disediakan. Buka hanya dapat meng-edit template, tapi Anda juga bisa mengekspor videonya tanpa watermark.

Setelah Anda memilih template yang akan digunakan, Anda hanya perlu mengklik tombol Edit untuk memulai pengerjaan proyek Anda. Anda bisa mengunggah lagu atau musik langsung dari PC / laptop atau bisa juga melalui SoundCloud untuk mengimpor musik yang akan Anda visualisasikan kedalam proyek.

6. Renderforest Music Visualizer

Renderforest Music Visualizer merupakan sebuah platform yang dapat membantu para penggunanya untuk membuat konten visual secara online, bahkan aplikasi ini dapat digunakan untuk merancang seluruh situs web Anda. Sebelum menggunakan aplikasi Renderforest Music Visualizer ini Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu.

Barulah setelah itu Anda bisa leluasa menggunakannya. Aplikasi ini menyediakan beberapa template yang bisa Anda gunakan. Anda dapat memilih template visualisasi dengan teks atau photo holder, kemudian Anda bisa menambahkan nama artis, judul lagu serta foto atau video untuk latar belakang.

Lalu, Anda dapat memilih gaya visualisasi yang cocok dengan musik dan style Anda. Kemudian Anda bisa memilih warna yang Anda sukai dan Anda bisa langsung meng-upload lagu atau musik yang ingin Anda gunakan dalam video. Jika sudah selesai, Anda hanya perlu menklik ikon Pratinjau, lalu aplikasi Renderforest akan mengirim email kepada Anda yang berisi hasil video visualisasi musik Anda. Tapi, perlu Anda ingat semua video atau audio spectrum yang Anda buat dalam versi gratis maka akan terdapat watermark dan durasi tidak bisa melebihi satu menit.

7. Audio Spectrum Visualizer

Audio Spectrum Visualizer merupakan aplikasi audio spectrum buatan Microsoft yang bisa Anda gunakan di PC / laptop. Tampilan antarmuka aplikasi ini cukup sederhana sehingga akan sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini memungkinkan untuk pemutaran berbagai macam format file audio dan penganalisis spectrum dan kontrol VU dengan grafik yang berjalan sangat mulus yaitu 60FPS. Aplikasi ini baru saja dirilis pada tahun 2018 lalu dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows 10.

8. Spectrum Audio Analyzer Pro

Spectrum Audio Analyzer Pro merupakan aplikasi audio yang dikembangkan oleh Music Breath. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur level suara, menganalisis audio, mengukur noise akustik secara akurat, dan tentunya membuat audio spectrum.

Salah satu kegunaan yang dimiliki aplikasi ini adalah untuk membantu dalam menyajikan informasi dalam berbagai repesentasi visual atau grafik yang bisa Anda sesuaikan dengan mudah. Aplikasi ini mendukung input mikrofon, serta kabel audio virtual. Aplikasi Spectrum Audio Analyzer Audio ini hanya mendukung sistem operasi MacOS.

9. Filmora

Filmora yang biasa Anda ketahui merupakan sebuah aplikasi untuk editing video oleh para Youtuber atau editor video lainnya. Tapi ternyata selain dapat digunakan untuk edit video, aplikasi Filmora ini juga bisa digunakan untuk membuat audio spectrum.

Tapi, penggunaan aplikasi Filmora untuk audio spectrum agak lebih ribet dibandingkan aplikasi lainnya yang memang sudah memiliki fiturnya sendiri. Jika menggunakan aplikasi Filmora ini, Anda harus merekam visualisasi spectrum-nya secara terpisah terlebih dahulu. Lalu, nantinya rekaman tersebut digabungkan dengan background yang diinginkan menggunakan aplikasi Filmora ini.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 9 aplikasi audio spectrum di PC / laptop. Setiap aplikasi tentunya mempunyai fitur dan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend