Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Laptop Terbaik

10+ Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Laptop (Terbaik 2022)

Setiap barang elektronik pas memiliki masa atau umur pemakaian, saat sudah sampai pada batasnya maka barang tersebut juga akan rusak. Jadi, Anda jangan terlalu yakin kalau baterai pada laptop Anda tidak akan pernah rusak meskipun Anda sudah melakukan pemakaian yang benar.

Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kesehatan dari baterai laptop Anda. Tapi, sayangnya tidak ada informasi yang tersedia yang bisa dijadikan sebagai pegangan Anda.

Anda mungkin bisa saja mengira-gira jika kinerja baterai tidak selama biasanya mungkin bisa saja terjadi kerusakan. Tapi, cara tersebut tidak bisa juga dijadikan pegangan. Maka dari itu, Anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan agar dapat mengecek kesehatan baterai laptop secara berkala.

Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Laptop

Saat ini belum ada aplikasi bawaan di laptop untuk benar-benar mengecek kesehatan dari baterai laptop. Maka dari itu Anda perlu menginstal aplikasi tambahan untuk dapat mengecek kapasitas baterai dari waktu ke waktu.

Berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi untuk mengecek kesehatan baterai laptop. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

1. BatteryCare

BatteryCare

BatteryCare merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengoptimalkan penggunaan dan kinerja dari baterai laptop modern Anda.  Aplikasi BatteryCare ini dapat memonitor siklus debut baterai dan dapat membantu dalam meningkatkan ketahanan dan juga dapat meningkatkan lama pakai atau umur baterai laptop Anda.

Aplikasi BatteryCare ini lebih baik digunakan saat keadaan baterai laptop Anda masih dapat berfungsi dengan baik. Karena aplikasi ini bisa melakukan pemantauan agar dapat berjalan dengan lebih maksimal. Aplikasi BatteryCare akan memberi sinyal jika baterai laptop Anda sudah penuh dan sesuai dengan tegangan yang dihasilkan. Dan tentunya aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dengan ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 1,47 MB.

2. BatteryInfoView

Aplikasi Cek Kesehatan Baterai Laptop Terbaik

BatteryInfoView merupakan aplikasi cek kesehatan baterai laptop yang memiliki tools sederhana, tapi menyediakan cukup banyak informasi tentang baterai laptop Anda. Aplikasi BatteryInfoView memberikan Anda informasi yang cukup lengkap tentang baterai dan akan ditampilkan dengan sederhana.

Tools yang dimiliki aplikasi ini ada dua menu utama terkait baterai laptop Anda. Yang pertama adalah menampilkan informasi tentang kapasitas dari baterai dan seberapa tingkat keausan baterai Anda. Lalu, yang kedua adalah menampilkan power state, kapasistas value, rate, dan juga voltase.

3. BatteryMon

BatteryMon

BatteryMon merupakan aplikasi yang menyediakan grafik dari data kapasitas baterai laptop dan tingkat discharge baterai laptop yang Anda miliki. Anda dapat dengan mudah mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang terjadi pada baterai laptop Anda.

Aplikasi BatteryMon akan membantu Anda untuk memantau kinerja dari baterai laptop Anda dengan menampilkan grafik dan tingkat discharge baterai laptop secara real time. Anda dapat membuatnya sebagai laporan yang bisa dikirim melalui email jika data statistik yang sudah ditentukan mencapai batas. Tools  ini tentunya dapat membantu Anda memantau kesehatan dari baterai laptop Anda dalam jangka waktu yang panjang.

4. Battery Bar

Battery Bar

BatteryBar merupakan aplikasi yang dapat menampilkan informasi tentang baterai laptop Anda di toolbar. Sebenarnya icon baterai sudah ada di toolbar, namun informasi yang diberikan masih kurang lengkap. Sehingga Anda akan membutuhkan BatteryBar ini. Aplikasi BatteryBar ini memberikan fitur-fitur yang lebih baik dengan memberikan informasi angka yang penting dan detail.

Tools ini akan muncul seperti icon baterai di toolbar biasanya, namun saat Anda klik akan muncul data penting yang Anda butuhkan untuk mengecek kesehatan dari baterai laptop Anda. Memang aplikasi BatteryBar tidak menampilan informasi yang banyak seperti BatteruInfoView, tapi Anda dapat mencoba berbagai desain dan tools menarik lainnya.

5. Windows 10 Battery Saver

download aplikasi baterai laptop

Dalam versi terbarunya sistem operasi microsoft yang biasa disebut dengan Windows 10 mempunyai tools built-in baterai. Sebenarnya fitur ini dulunya hanya ada di Windows Phone, namun saat ini pihak windows mengembangkannya hingga ke windows 10. Battery Saver berfungsi untuk membatasi proses background yang bisa membuat baterai Anda cepat habis.

Jadi, dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa menghemat baterai hanya saat dibutuhkan saja tanpa mengurangi kinerja dari laptop Anda. Sebenarnya tools ini bukan termasuk tools yang dapat mengecek kesehata baterai secara langsung, tapi Anda dapat memanfaatkannya untuk memelihara baterai. Ada juga fitur Battery usage yang berfungsi untuk melihat aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan baterai. Jadi, tools ini tidak perlu Anda unduh karena sudah ada di dalam Windows 10 itu sendiri.

6. BattStat

BattStat

BattStat atau Battery Status merupakan aplikasi yang dapat memantau penggunaan daya, pengisian baterai, kecepatan CPU, penggunaan CPU, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dapat digunakan di sistem operasi Windows mulai windows XP, hingga windows 10.  Bukan hanya dapat mengecek penggunaan baterai saja, tapi aplikasi ini juga dapat memantau suhu CPU, suhu hardisk, hingga dapat mengontrol pengaturan APM/AAM?spindows hardisk tradisional.

Apliasi BattStat ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu hanya sekitar 320 KB saja. Dan proses penginstalannya pun mudah sekali. Aplikasi ini juga mempunyai tampilan grafis yang bisa dimunculkan sesuai dengan permintaan Anda, yang akan membuat grafik sampai 8 parameter selama beberapa jam dan juga menunjukkan status penggunaan daya rata-rata.

7. BattCursor

BattCursor

BattCursor merupakan aplikasi yang dapat menampilkan daya baterai dalam bentuk persen tepat di bawah kursor mouse. Aplikasi ini juga memberikan banyak fitur terkait penghemat baterai, misalnya seperti meredupkan kecerahan layar untuk ketidakaktifan, dan secara otomatis menonaktifkan Windows Sidebar dan Aero Glass.

Aplikasi BattCursor juga memungkinkan Anda untuk mengubah tingkat opasitas dan pilihan warna untuk setiap tingkat baterai yang berbeda, contohnya kuning untuk peringatan dan merah untuk kritis.

8. Battery Logger

download aplikasi baterai laptop terbaru

Battery Logger merupakan aplikasi yang dapat mengitung penggunaan baterai pada laptop Anda. Aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk sistem operasi MacOS saja. Aplikasi Battery Logger ini akan menghitung setiap kali kabel dayad dicabut dari laptop dan akan mengatur ulang perhitungan setiap kali baterai dihubungkan.

Aplikasi Battery Logger ini akan mengabaikan hitungan penggunaan baterai selama sleep, atau dimatikan, tetapi tetap merekam aktivitas ini untuk referensi. Hasil akhir tergantung pada seberapa berat sistem yang menggunakan CPU, hard disk, kecerahan layar, dan lain sebagainya. Atau usia baterai itu sendiri. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat diunduh secara gratis, Anda harus merogoh kocek sekitar $2.

9. Battery Health

Battery Health

Batteru Health merupakan aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk melihat seluruh informasi penting tentang baterai di laptop MacBook Anda. Aplikasi ini memberikan informasi seperti tingkat pengisian daya, kapasitas baterai, penggunaan daya, sudah berapa kali diisi, dan lain sebagainya.

Aplikasi Battery Health ini dapat Anda unduh secara gratis di Mac App Store. Aplikasi ini juga akan memberikan pemberitahuan yang berguna tentang baterai laptop Anda dan Anda juga bisa membuka Power History Mode yang mmana Anda akan mendapatkan banyak data dan grafik terkait riwayat baterai Anda.

10. BatteryAlarm 40-80%

BatteryAlarm 40-80%

BatteryAlarm 40%-80% merupakan aplikasi untuk memantau baterai pada laptop Anda. Aplikasi ini cukup ringan sehingga tidak akan memakan banyak memori di laptop Anda.

Aplikasi BatteryAlarm ini sesuai namanya ia akan memberi tahu Anda saat tingkat baterai laptop Anda sudah mencapai 40%-80% gunanya untuk memperpanjang masa pakai baterai lithium ion laptop Anda dan untuk mencegah pengisian berlebih. Aplikasi ini dapat Anda gunakan di sistem operasi Windows secara gratis.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi cek kesehatan baterai di laptop. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments