Aplikasi Google Assistant di Windows 10

Aplikasi Google Assistant Bisa Digunakan di Windows 10, Dengan Syarat…

NESABAMEDIA.COMGoogle Assistant kini telah tersedia untuk perangkat Windows 10 menggunakan klien yang tidak resmi. Klien ini nantinya memungkinkan pengguna untuk menggunakan banyak sekali fitur yang ada pada aplikasi Google Assistant. Namun, untuk memasang aplikasi Google Assistant di Windows 10 ini, membutuhkan langkah-langkah yang cukup rumit.

Google Assistant selama ini telah menjadi salah satu aplikasi asisten digital yang paling populer. Pengguna bisa menggunakannya di perangkat smartphone, tablet, perangkat rumah pintar dan banyak gadget lainnya. 

Hingga saat ini, pengguna masih belum bisa menggunakannya di perangkat berbasis Windows 10, setidaknya secara resmi. Sebab sudah ada klien buatan seorang pengembang yang bisa menghadirkan aplikasi Google Assistant di perangkat Windows 10, termasuk juga macOS dan Linux. 

Klien ini secara sederhana bernama Google Assistant Unofficial Desktop Client yang dikembangkan oleh Melvin Abraham dan sudah tersedia untuk diunduh dan dipasang melalui situs GitHub. Sebenarnya aplikasi ini sudah cukup lama tersedia, namun baru-baru ini menjadi mulai banyak diunduh pengguna dan namanya mulai naik daun. 

Meski bukan sebuah klien resmi, namun hasil karya Melvin itu mampu menangani beberapa tugas yang bisa diharapkan dari sebuah Google Assistant. Pengguna bisa mengatur penggunaan shortcut di keyboard mereka, dan menanyakan hal yang sama seperti menggunakan Google Assistant di perangkat smartphone. Misalnya menanyakan soal informasi cuaca, berita terbaru dan mengontrol perangkat yang kompatibel dengan layanan Google Home. 

Sayangnya, ada beberapa kekurangan, di mana pengguna harus mengatur API Google Assistant dengan Google Cloud untuk membuat token sendiri. Melvin sudah memberikan petunjuk mendetail dalam melakukannya, yang dia sebut membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit. Petunjuknya bisa diakses melalui tautan berikut.

Sayangnya klien tersebut tidak bisa mendeteksi perintah-perintah utama, seperti Ok Google dan semacamnya. 

Meski tidak memiliki semua fungsi dan fitur seperti aslinya, namun sebenarnya program buatan Melvin itu mampu menawarkan kustomisasi dan konfigurasi yang tidak bisa dilakukan di aplikasi Google Assistant yang resmi. Pengguna Windows 10 pun bisa mulai mencoba klien ini, setidaknya untuk mendapatkan aplikasi asisten digital yang lebih baik dari Cortana

Leave a Reply

Send this to a friend