Fitur Voice Activation Cortana Windows 10

Fitur Voice Activation di Cortana Dihidupkan Lagi Setelah Dihapus Microsoft

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sebelumnya telah mematikan dukungan fitur perintah suara “Hey, Cortana” pada pembaruan Windows 10 versi Mei 2020, namun pada bulan November, mereka mengkonfirmasi jika akan mengaktifkannya kembali dalam bentuk fitur Voice Activation. 

Pada akhirnya, pengaktifan kembali fitur Hey Cortana itu cukup lama sejak diumumkan secara resmi oleh Microsoft. Fitur tersebut baru kembali diaktifkan lagi pada pembaruan di aplikasi Cortana versi 2.2011.11613.0 yang dirilis kemarin, tanggal 8 Januari 2021, dan tersedia untuk seluruh pengguna publik. 

Untuk bisa menggunakannya, pengguna pertama-tama harus membuka halaman pengaturan aplikasi Cortana, kemudian akan muncul halaman dengan dialog Talk to Cortana, dan di bawahnya ada tombol Make Word. Klik opsi tersebut dan pengguna akan diarahkan ke halaman pengaturan Voice Activation di Windows 10. 

Windows 10 Cortana Voice Activation

Windows 10 Cortana Voice Activation

Selanjutnya di situ akan muncul menu Cortana dan pengguna bisa mengaktifkan dengan mengklik tombol saklar yang ada menjadi On yakni di opsi “Cortana Starts Listening When You Say “Cortana”. 

Sepertinya langkah Microsoft untuk mengembalikan fitur Cortana yang telah dihapus ini, masih ada kaitannya dengan beberapa fitur baru yang dikembangkan Microsoft ke Cortana beberapa waktu yang lalu. 

Sebagai informasi, pada bulan Desember 2020 lalu, Microsoft telah menambahkan fitur baru di Cortana untuk pengguna Windows Insider. Fitur tersebut adalah kemampuan Cortana untuk menemukan dan membuka file yang dicari pengguna. 

Microsoft saat itu mengatakan bahwa pengguna Windows 10 nantinya akan bisa menginstruksikan Cortana untuk menemukan dan membuka file yang ada di perangkat mereka. Tentunya fitur ini akan memudahkan dan menghemat waktu, ketimbang pengguna harus mencari file mereka secara manual dengan membuka direktori hard drive satu persatu. 

Para pengguna akun bisnis pun juga bisa memerintahkan Cortana untuk mencari file mereka yang ada di OneDrive atau SharePoint. Berikut beberapa atribut file yang bisa dijadikan perintah kepada Cortana:

  • Bagian dari nama file (contoh: Hey Cortana, buka file laporan keuangan)
  • Nama pembuat file (contoh: Hey Cortana, buka file laporan keuangan dari Wina)
  • Dokumen yang baru saja diedit (contoh: Hey Cortana, temukan file yang baru saja aku buka)
  • Jenis file tertentu (contoh: Hey Cortana temukan file PDF yang baru saja aku buka)

Tentunya dengan kombinasi Voice Activation dan fitur pencarian file yang baru di Cortana ini, maka Cortana akan semakin kaya akan fitur dan memudahkan para pengguna Windows 10. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend