Aplikasi Google Camera

Aplikasi Google Camera Akhirnya Berhenti Buat Folder Terpisah Untuk Mode Portrait

NESABAMEDIA.COM – Aplikasi Google Camera akhirnya tidak akan lagi membuat folder terpisah untuk setiap foto di mode Portrait. Sebelumnya hal ini sempat menjadi gangguan bagi pengguna ponsel Google Pixel.

Aturan untuk pengaturan file untuk aplikasi Google Camera cukup membuat repot. Terutama untuk hasil pengambilan gambar pada mode Portrait. Pada pengaturannya, setiap foto yang diambil dengan mode ini akan membuat folder terpisah. Masing-masing folder akan terdiri dari 2 foto, salah satu dengan blurred background processing dan satu yang lain sebagai hasil gambar biasa.

Pengaturan ini sudah terbukti menjadi masalah saat pengguna menggunakan aplikasi lain saat membuka foto selain di Google Photos. Termasuk saat melihat foto di desktop.

Aplikasi Google Camera

Seperti dilaporkan dari AndroidPolicemulai dari versi7.5 nanti permasalahan ini tidak akan terjadi. Hasil foto untuk mode Portrait akan disimpan di folder Camera. Hal ini sudah jelas akan sangat memudahkan pengguna.

Pengguna tidak perlu lagi membandingkan dua foto berbeda saat melihat hasil mode Portrait di PC. Begitu juga di aplikasi galeri di ponsel. Foto sudah akan tersimpan seperti biasa.

Kemudahan lain yang diberikan dengan pembaharuan ini juga penamaan file yang berbeda. Berdasarkan dari konvensi baru ini, foto portrait akan memiliki nama PXL_YYYYMMDD_HHMMSS.PORTRAIT-01.COVER.jpg dengan 01 digantikan dengan 02 untuk hasil gambar pre-blur. Penamaan dengan urutan yang jelas untuk tanggal sampai waktu ini pasti juga memudahkan pengguna untuk mencari foto yang tepat.

Sebelumnya hasil foto dengan mode Portrait memiliki nama 00100*PORTRAIT_00100_BURSTYYYYMMDDHHMMSS_COVER.jpg. Dimana setelah tanda bintang sering kali berbeda-beda, tergantung pada versi ponsel dan Android.

Foto lain selain dengan mode Portrait akan menggunakan nama PXL_YYYYMMDD_HHMMSS.jpg. Sedangkan untuk motion picture akan menggunakan akhiran ‘MP’ sebelum ekstensi .jpg. Night Sight memiliki penamaan tersendiri pula dengan adanya keterangan ‘NIGHT’.

Google juga rupanya mengganti penamaan dari format standar dengan ‘IMG’ menjadi ‘PXL’. Demi semakin menegaskan hasil foto yang diambil dengan aplikasi Google Camera dan Google Pixel.

Pembaharuan ini akan muncul di versi v7.5 Google Camera, yang sayangnya hanya akan bekerja di Android 11. Versi sistem operasi ini sendiri masih merupakan beta.

Leave a Reply

Send this to a friend