Aplikasi Password Manager di PC / Laptop

10 Rekomendasi Aplikasi Password Manager Terbaik di PC / Laptop

NESABAMEDIA.COM – Hampir seluruh aplikasi akan meminta Anda untuk membuat akun. Di dalam sebuah akun pasti ada yang namanya password atau kata sandi. Dengan banyaknya aplikasi yang Anda miliki tentu akun dan password Anda juga banyak. Mengingat banyak password yang berbeda di setiap aplikasi tentu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk itu Anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan yang bernama password manager untuk membantu Anda untuk membuat, menyimpan, hingga mengisi password saat Anda akan masuk ke aplikasi atau website.

Anda hanya perlu mengingat satu password saja untuk bisa masuk ke aplikasi password manager dan Anda akan mengetahui seluruh password yang Anda miliki di seluruh akun aplikasi yang Anda miliki. Tentunya menjadi lebih mudah, bukan.

Aplikasi Password Manager di PC / Laptop

Aplikasi password manager bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan password saja, tak jarang ia dapat menyimpan informasi penting lainnya seperti kartu identitas, kartu kredit, dan lain sebagainya. Dan biasanya aplikasi akan memberikan enkripsi pada data Anda sehingga akan menjadi lebih aman.

Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi password manager untuk PC atau laptop Anda. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Dashlane

Dashlane

Dashlane merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik pada PC atau laptop. Aplikasi Dashlane ini memberikan penawaran peyimpanan username dan password yang tidak terbatas.

Selain dapat menyimpan username dan password, aplikasi ini juga dapat memantau keamanan, membuat serta mengubah password, termasuk juga data sensitif lainnya.

Aplikasi Dashlane mendukung berbagai macam paltform dan perangkat. Aplikasi ini juga mempunyai dua versi akun yaitu akun gratis dan akun premium atau komersial. Pada akun premium Anda akan mendapat fitur yang berbeda dari akun gratis tentunya, Anda bisa menyinkronisasikan antar perangkat, mem-backup akun, berbagi informasi, serta dapat mengotentifikasi dalam dua faktor.

2. LastPass

LastPass

LastPass juga merupakan aplikasi password manager yang bisa dianggap terbaik. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi LastPass juga mempunyai dua versi layanan yatu gratis dan komersial.

Kedua versi akan mendapatkan penawaran penyimpanan username dan password yang tidak terbatas, Anda juga bisa membuat password, melalukan otentifikasi dua langkah, lalu Anda juga bisa menyimpan data untuk formulir isian seperti nama, tanggal lahir, dan sebagainya. Dan aplikasi LastPass juga dapat memantau seberapa kuat password Anda dan duplikatnya.

Aplikasi LastPass juga mendukung berbagai macam perangkat dan platform. Baik untuk mobile ataupun desktop. Pada layanan premium Anda bisa menyinkronisasikan semua perangkat yang Anda miliki. Anda juga dapat berbagi data dengan orang lain yang Anda inginkan.

3. Enpass

Aplikasi Password Manager di PC / Laptop

Enpass juga merupakan salah satu aplikasi password manager pada PC atau laptop yang cukup populer. Secara umum aplikasi ini memiliki kesamaan dengan aplikasi password manager lainnya. Aplikasi Enpass memiliki dua versi layanan yaitu layanan gratis dan layanan komersial atau premium.

Untuk layanan versi gratis Anda hanya mempunyai keterbatasan dalam menyimpan data yaitu maksimal hanya mampu menyimpan 20 data. Tapi, baik layanan gratis ataupun berbayar alias komersial Anda akan mendapat dukungan untuk menyinkronisasi antar perangkat.

4. 1Password

1Password

1Password merupakan aplikasi password manager yang juga cukup populer. Aplikasi ini juga sama seperti aplikasi password manager lainnya yang mampu menyimpan cukup banyak username dan password dengan satu password utama.

Selain itu, aplikasi 1Password juga dapat menyimpan informasi penting lainnya, juga dapat membantu mengisi password secara otomatis, dan lain sebagainya.   Aplikasi 1Password dapat digunakan di berbagai paltform dan perangkat. Namun, sayangnya aplikasi 1Password ini tidak mempunyai penawaran akun gratis, jadi Anda harus rela membeli aplikasi ini.

5. Myki

Myki

Myki merupakan aplikasi password manager yang juga banyak mencuri perhatian. Salah satu hal yang banyak disukai orang – orang adalah penyimpanan datanya, aplikasi ini dapat menyimpan data secara lokal di PC atau laptop dan di handphone. Sinkronisasi antara dua perangkat menggunakan metadata yang terenkripsi.

Namun yang disayangkan, aplikasi Myki untuk desktop tersedia dalam bentuk ekstensi browser bukan berupa aplikasi khusus. Jadi, Anda hanya dapat mengisi password secara otomatis untuk website saja.

Aplikasi ini memiliki fitur tambahan yaitu aplikasi ini mendukung otentifikasi dua faktor (2FA) dari berbagai akun. Jadi, secara otomatis 2FA akan terbaca dan akses bisa langsung Anda verifikasi. Developer dari aplikasi Myki ini juga sangat handal dalam mengatasi masalah. Sehingga banyak disukai oleh orang – orang yang memerlukan password manager di PC atau laptopnya.

6. RememBear

Aplikasi Password Manager di PC Windows

RememBear merupakan aplikasi password manager yang paling baru di antara beberapa aplikasi di atas. Walaupun terbilang baru, tapi aplikasi ini sudah menjadi favorit. Mengapa? Karena pencipta atau pembuat aplikasi RememBear ini sudah terkenal sebelumnya, ia adalah pembuat TunnerlBear sebuah layanan VPN.

Walaupun dilihat dari namanya lucu, tapi aplikasi RememBear ini mempunyai tingkat kemanan yang baik. Aplikasi RememBear ini menggunakan enkripsi 256-bit untuk melindungi password atau data pengguna yang tersimpan. Aplikasi RememBear ini juga tersedia di berbagai paltform, seperti Windows, MacOs, iOS, dan Android.

7. KeePass

KeePass

KeePass merupakan salah satu aplikasi password manager yang dapat digunakan secara gratis dan aplikasi ini juga dapat menyimpan data Anda secara lokal baik di PC, laptop, ataupun smartphone. Aplikasi KeePass juga dapat dipasang di USB Anda sehingga Anda bisa melihat database password yang Anda miliki dimana pun dan kapanpun.

Aplikasi KeePass juga memberikan kemanan yang sangat baik bagi para penggunanya, aplikasi ini menyimpan username dan password dengan basis file yang terenkripsi.

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan untuk para penggunanya karena mendukung impor data dari web browser ataupun password manager lainnya. Bukan hanya itu saja, aplikasi KeePass sudah memiliki fitur auto type, two factor authentication, dan password generator.

8. LogmeOnce

LogmeOnce

LogmeOnce merupakan aplikasi password manager gratis yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini bisa mengimpor kata sandi yang Anda simpan di Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, dan lain sebagainya. Aplikasi LogmeOnce ini dapat Anda sinkronisasikan ke berbagai paltform. Mulai dari Windows, Linux, iOS, hingga Android.

Aplikasi LogmeOnce memberikan kebebasan bagi Anda untuk menyimpan banyak password tanpa ada batasan dan jumlah perangkat yang Anda gunakan. Penggunaannya pun sangat mudah dengan dashboard yang sederhana. Aplikasi LogmeOnce akan selalu melindungi password Anda dimanapun dan kapanpun, dan aplikasi ini juga sudah mendukung opsi login dengan berbagai macam seperti sidik jari, foto, password, dan kode PIN.

9. Sticky Password

Aplikasi Password Manager untuk Windows

Sticky Password merupakan salah satu aplikasi password manager gratis yang paling banyak digunakan oleh orang – orang. Aplikasi Sticky password sudah mendukung sistem biometrik seperti misalnya sidik jari, fitur manajemen password, dan aplikasi ini bisa digunakan sampai 16 web browser populer termasuk Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Aplikasi Sticky Password juga mempunyai fitur password generator yang dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa kuat password Anda apakah lemah, normal, atau kuat. Selain itu juga, aplikasi ini sudah mempunyai fitur two factor authentication yang dirancang oleh tim yang membuat aplikasi AVG Antivirus, jadi Anda bisa lebih tenang terkait keamanan aplikasi Sticky Password ini.

10. True Key

True Key

True Key merupakan aplikasi password yang mempunyai berbagai macam metode login, seperti sidik jari, pengenalan wajah, Windows Hello, two steo verification, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga memiliki fitur multi factor authentication yang menjadi kelebihan True Key untuk menjamin keamanan penggunanya.

Aplikasi True Key ini merupakan aplikasi buatan McAfee Antivirus yang juga mempunyai fitur mengimpor password dari aplikasi password manager lainnya. Dan versi gratis dari aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan password sampai sebanyak 15 password.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi password manager pada PC atau laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Zuhroh Nilakandi

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Send this to a friend