Aplikasi Pembersih Sampah untuk PC / Laptop

10 Aplikasi Pembersih Sampah untuk PC / Laptop Terbaik, Pilih Mana?

Junk file atau file sampah adalah file yang tersimpan secara otomatis di PC ataupun laptop Anda yang merupakan akibat dari pengoperasian perangkat lunak atau software. File sampah ini sebenarnya dibuat atau dihasilkan dari sistem operasi atau program lainnya.

Mereka adalah data sementara yang dibutuhkan oleh program yang memproduksinya. Tapi, mereka dapat menumpuk dan bisa mempengaruhi kinerja sistem operasi dan penuhnya ruang penyimpanan yang membuat PC atau laptop Anda menjadi semakin lambat dan berat.

Jika file sampah tersebut ada kesalahan, mereka juga bisa memperngaruhi kinerja sistem. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membersihkan file sampah tersebut.

Aplikasi Pembersih Sampah untuk PC / Laptop

Salah satu cara untuk membersihkan file sampah tersebut di PC atau laptop adalah dengan menggunakan aplikasi cleaner atau pembersih junk file.

Saat ini sudah banyak sekali developer yang membuat aplikasi pembersih sampah yang bisa Anda unduh secara gratis maupun berbayar. Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi pembersih sampah untuk PC atau laptop Anda. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. BoostSpeed 11

BoostSpeed 11

BoostSpeed 11 merupakan aplikasi pembersih sampah untuk PC ataupun laptop. Aplikasi ini termasuk aplikasi pembersih sampah yang hebat yang dapat membantu sistem laptop Anda hanya dengan satu klik saja. Sampai saat ini aplikasi BoostSpeed sudah digunakan oleh lebih dari 15 juta pengguna dan termasuk aplikasi pembersih sampah yang sangat populer.

Aplikasi BoostSpeed ini akan mencari setiap file yang sudah tidak berguna atau adanya gangguan lain yang dapat menimbulkan perlambatan sistem. Lalu, ia akan membersihkan cache web, file sementara, log pengguna yang tidak digunakan, dan lain sebagainya untuk meningkatkan jumlah memori penyimpanan di PC Anda. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Aplikasi ini menyediakan dua versi yaitu versi gratis dan juga versi Pro dengan fitur yang lebih banyak tentunya.

2. CCleaner

Aplikasi Pembersih Sampah untuk PC

CCleaner merupakan aplikasi pembersih sampah pada PC atau laptop yang cukup populer karena sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Jika PC atau laptop Anda terasa macet yang disebabkan oleh file atau cache yang tidak perlu, aplikasi CCleaner akan segera menghapusnya dan meningkatkan kinerja PC atau laptop Anda. Aplikasi CCleaner juga akan memonitor komputer Anda secara real time dan Anda juga bisa membuat jadwal pembersihan.

CCleaner mempunyai dua versi yaitu versi gratis dan versi pro. Versi keluaran terakhir mempunyai fitur defragmentasi yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan pada hard disk Anda. Aplikasi ini masih tersedia untuk PC. Jika Anda pengguna MacOs Anda bisa mengunduh aplikasi CCleaner pada website resminya.

3. Advanced SystemCare 13

Advanced SystemCare 13

Advanced SystemCare merupakan aplikasi pembersih sampah di PC atau laptop yang dapat digunakan di sistem operasi Windows, mulai dari windows XP hingga windows 10. Aplikasi ini memiliki tampilan bahasa yang dapat Anda ubah ke bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Tampilan warna dari aplikasinya pun bisa Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda.

Aplikasi Advanced Systemcare ini merupakan buatan IObit yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus malware. Saat Anda sedang melakukan aktivitas online pun aplikasi ini tetap melindunginya salah satu caranya adalah dengan memblokir situs-situs yang menurutnya berbahaya.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis tapi Anda bisa mendapatkan versi Pro nya dengan banyak fitur tambahan lainnya seperti perlindungan virus tingkat lanjut dan lain sebagainya.

4. AVG Tune Up

AVG Tune Up

AVG TuneUp merupakan aplikasi pembersih sampah di PC atau laptop yang termasuk dari bagian produk AVG yang dibuat untuk mengatasi performa komputer Anda yang mulai menurun.

Aplikasi AVG Tune Up ini selain memberikan seperangkat fitur yang dapat membersihkan sistem, didalamnya juga terdapat beberapa fitur ekstra seperti File Shredder yang berguna untuk memastikan agar file yang sudah dihapus tidak dapat dipulihkan kembali.

Aplikasi ini juga melakukan pemantauan secara real time dan akan menghapus file sampah tanpa mengganggu Anda. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan masa pakai baterai laptop Anda dan bahkan dapat memperbarui aplikasi Anda secara otomatis. AVG TuneUp ini dapat digunakan di sistem operasi Windows dan MacOS. Namun, sayangnya aplikasi ini tidak gratis hanya menyediakan trial gratis selama 30 hari.

5.  Ashampoo WinOptimizer

Aplikasi Pembersih Sampah untuk Laptop

Ashampoo WinOptimizer merupakan aplikasi pembersih sampah di PC ataupun laptop yang bisa dibilang cukup powerful. Aplikasi ini dapat membersihkan semua file sementara Anda dan membebaskan banyak ruang penyimpanan. Sehingga sistem windows Anda akan selalu terjaga kinerjanya dan tetap optimal.

Aplikasi ini memiliki fitur one click optimization yaitu fitur yang bisa melakukan beberapa fungsi secara bersamaan, mulai dari scanning, membersihkan PC secara tuntas, membersihkan cache atau file sampah, scan registry entry, dan mengosongkan ruang penyimpanan pada disk. Aplikasi ini biasanya berharga $ 20,99, tetapi sekarang tersedia secara gratis.

6. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner

Total PC Cleaner adalah aplikasi pembersih sampah di PC atau laptop yang bisa Anda download di Microsoft Store. Aplikasi ini dapat menghapus semua cache termasuk cache mail dan cache office. Ia juga bisa menemukan file-file besar yang sudah tidak digunakan dan file yang berlebihan yang nantinya akan dihapus dan akan mengosongkan banyak ruang penyimpanan.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana yang dapat memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Aplikasi Total PC Cleaner ini hanya tersedia untuk pengguna sistem operasi Windows saja.

7. CleanMaster

CleanMaster

CleanMaster merupakan salah satu aplikasi pembersih sampah yang juga termasuk populer. Aplikasi ini dapat dengan mudah menemukan dan menghapus file yang tidak perlu yang dapat menghabiskan ruang penyimpanan Anda. Aplikasi ini juga dapat melindungi privasi Anda dengan mengaktifkan fitur anti pelacakan di browser PC Anda.

Beberapa fitur atau tools yang dimiliki apliakasi ini adalah Junk Clean, Privacy Clean, PC Boost, Driver Booster, File Recovery, File Shredder, Auto Update, Junk Auto-Clean dan Browser Auto-Clean. CleanMaster ini tersedia secara gratis, tetapi juga tersedia dalam bentuk versi berbayar yang memberikan lebih banyak fitur. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

8. Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner merupakan aplikasi yang dapat secara efisien menghapus semua file sampah atau cache di PC atau laptop Anda seperti browser dan cache sistem.

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda men-defrag drive hard disk Anda. Anda juga bisa menggunakan filter khusus yang disertakan untuk menargetkan data yang sudah tidak Anda butuhkan. Aplikasi Wise Disk Cleaner ini tersedia secara gratis untuk pengguna sistem operasi Windows.

9.  BleachBit

Aplikasi Pembersih Sampah untuk Windows

BleachBit merupakan aplikasi pembersih sampah yang bersifat open source yang dapat membantu Anda membersihkan file-file yang tidak diinginkan. Aplikasi ini dapat menghapus cachehistory pada browser, file-file sementara, icookies, dan shortcut yang rusak.

BleachBit mempunyai fitur canggih yang dapat digunakan untuk memotong-moton file untuk mencegah pemulihan, menghapus file ruang disk untuk menyembunyikan jejak file yang dihapus oleh aplikasi lainnya, dan juga bisa membersihkan cache browser untuk mengoptimalkan dan mempercepat kinerja PC Anda. Aplikasi ini dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan Linux.

10. Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer

Advanced System Optimizer merupakan aplikasi pembersih sampah yang dibuat oleh SYSTWEAK untuk memebersihkan file sementara di sistem Anda. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pembersih yang paling kuat yang pernah ada.

Advanced System Optimizer akan menemukan dan menghapus semua file cache yang tidak berguna dan sampah lainnya. Ia juga menawarkan layanan perlindungan privasi. Aplikasi ini juga memiliki mode pengoptimal game yang akan membantu Anda meningkatkan performa game.

Aplikasi Advanced System Optimizer tersedia secara gratis dan versi ini akan cocok untuk banyak pengguna. Tersedia juga versi berbayar yang tersedia dengan aplikasi PhotoStudio gratis.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi pembersih sampah di PC atau laptop. Silahkan Anda tentukan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan PC ataupun laptop Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend