Aplikasi Pengatur Kecerahan untuk PC dan Laptop

10 Aplikasi Pengatur Kecerahan untuk PC / Laptop Terbaik

Banyak tugas yang harus dikerjakan dengan PC membuat Anda tentunya akan sering menatap layar PC atau laptop. Jika hal ini dilakukan terus menerus akan berdampak nyata pada kesehatan mata Anda. Pengaturan atau konfigurasi yang pas akan membuat mata lebih nyaman untuk menatap layar PC atau laptop.

Kenyamanan mata hal yang sangat penting, apalagi jika bekerja dengan waktu yang sangat lama dengan PC atau laptop. Memang saat ini setiap PC atau laptop pasti mempunyai tombol fisik atau pengaturan yang bisa menyesuaikan pencahayaan atau kecerahan pada layar. Namun, tidak semuanya mempunyai fitur yang lengkap yang bsia membuat mata Anda lebih nyaman.

Aplikasi Pengatur Kecerahan untuk PC / Laptop

Jika tombol fisik atau pengaturan bawaan dari PC atau laptop Anda masih belum bisa membuat mata Anda nyaman, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan konfugurasi pada pencahayaan dan kontras pada layar laptop Anda, seperti color temperature, gamma, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pengatur kecerahan yang bisa Anda gunakan. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. f.lux

f.lux

f.lux merupakan aplikasi pengatur kecerahan yang bisa Anda gunakan di PC ataupun laptop. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi pengatur kecerahan lainnya yaitu aplikasi RedShift GUI. Aplikasi ini dapat mengubah temperatur warna pada layar tergantung dengan waktu dan kondisi cahaya. Temperatur warna akan berubah menjadi lebih hangat saat matahari mulai terbenam agar membuat mata Anda menjadi lebih nyaman.

Dan akan mengembalikan temperatur warna layar ke semula saat hari sudah terang. Cahaya biru yang dimunculkan pada layar laptop juga akan difilter dan digantikan dengan warna langit yaitu warna jingga kemerahan seperti saat matahari akan tenggelam. Karena cahaya biru yang dipancarkan layar dapat berbahaya pada mata, sehingga Anda bisa saja mengalami gangguan penglihatan.

2. iBrightness Tray

Aplikasi Pengatur Kecerahan untuk PC

iBrightness Tray ini bisa dianggap seperti swiss army knife-nya penyesuaian pencahayaan layar. Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat mengaktifkan screensaver hanya dengan satu klik saja dan mematikan layar sepenuhnya. Aplikasi ini cukup berguna bagi Anda sebagai pengguna laptop yang ingin menghemat daya dan mematikan layar dalam kurun waktu tertentu.

Untuk menjalankan aplikasi ini, Anda cukup menjalankan aplikasi portable-nya saja lalu klik ikon tray untuk memunculkan jendela dimana Anda dapat mengubah tingkat kecerahan dengan slider, aktivasi screensaver, atau pilihan mematikan layar.

3. RedShift GUI

RedShift GUI

RedShift GUI merupakan aplikasi pengatur kecerahan yang mempunyai slider sederhana untuk meyesuaikan kecerahan layar. Bukan hanya dapat menyesuaikan kecerahan layar saja, tapi aplikasi RedShift GUI ini dapat menyesuaikan temperatur warna pada layar secara dinamis tergantu pada waktu dan kondisi tertentu.

Sama seperti aplikasi sebelumnya yaitu aplikasi f.lux yang dapat mengatur temperatur warna, saat siang hari temperatur akan lebih cerah dan hangat, sedangkan malam hari temperatur agak sedikit lebih gelap. Sehingga akan membuat nyaman penglihatan mata Anda.

4. Screen Bright

ScreenBright merupakan aplikasi pengatur kecerahan pada PC atau laptop yang dapat digunakan secara gratis. Dan aplikasi ini bersifat portabel yang dapat menyesuaikan contrast, brightness, color luminance, dan color temperature layar. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu hanya dapat menudkung layar atau monitor yang mempunyai DDC/CI atau USB-control.

Aplikasi Screen Bright ini sangat mudah untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyesuaikan slider masing-masing, lalu klik Save dan selesai. Aplikasi Screen Bright juga mendukung argument command line, sehingga Anda bisa menggunakannya ke dalam scripts, shortcut, atau membuat jadwal untuk mengaktifkannya pada waktu tertentu.

5. Gamma Panel

Gamma Panel

Gamma Panel merupakan aplikasi pengatur kecerahan pada PC atau laptop yang bukan hanya dapat mengubah kecerahan saja. Aplikasi Gamma Panel ini juga dapat menyesuaikan gamma, contrast, dan tweak pada masing-masing warna dasar yaitu RGB (Red, Green, Blue). Anda juga dapat membuat preset atau profile yang bisa Anda aktivasi dengan hotkey tertentu. Meskipun aplikasi ini sudah cukup lama atau sekitar tahun 2002, aplikasi ini sangat kompatibel untuk Windows baru saat ini seperti windows 7, 8, hingga 10.

6. Desktop Lighter

Aplikasi Pengatur Kecerahan untuk Laptop

Desktop Lighter merupakan aplikasi pengatur kecerahan yang cukup kecil tapi sangat berguna bagi Anda untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan cepat dengan menggerakkan slider, mirip seperti saat Anda meredupkan lampu ruangan. Anda dapat dengan mudah dan cepat menyesuaikan pencahayaan.

Anda dapat mengubah brightness level dengan mengklik ikon di tray lalu menggeserkan slide nya keatas atau kebawah, atau bisa juga dengan menggunakan hotkeys keyboard yang sudah diatur. Kombinasinya bisa Ctrl + atau Ctrl -, mirip dengan hotkey Fn yang ada di berbagai jenis laptop.

7. Monitor Bright

Monitor Bright

Monitor Bright merupakan aplikasi tool portabel yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar PC ataupun laptop. Aplikasi Monitor Bright mempunyai fiur color tint yang dapat menyesuaikan kecerahan layar. Bisa dari warna apapun selama warna itu ada di color palette dan mempunyai efek.

Sebenarnya aplikasi ini tidak mempunyai jendela utama. Ketika Anda membukanya, layar Anda akan menjadi lebih gelap. Anda dapat klik kanan pada program yang menampilkan menu yang mana Anda bisa memasukkan presentasi tertentu di mana layar Anda bisa menjadi gelap ataupun terang. Atau Anda bisa memilih warna cahaya tertentu yang sesudai dengan yang Anda inginkan.

8. FriendEye

FriendEye merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk mengatur kecerahan pada layar PC ataupun laptop. Anda dapat dengan mudah dan cepat mengatur kecerahannya, cukup satu klik saja pada tray icon. Anda bisa langsung menjalankan aplikasi portabelnya dan klik ikon di tray untuk mengkonfigurasi tingkat kecerahan dengan memasukkan presentasi ke dalam kotak yang disediakan.

Anda juga diberi pilihan tambahan untuk menambahkan black atau grey, sepia, atau green tint sebagai dimming color. Jadi, Anda cukup klik ikon yang ada di tray untuk mengaktifkan atau mengembalikannya ke color lever aslinya.

9. Dimmer

Dimmer

Dimmer merupakan aplikasi pengatur kecerahan yang memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya sekitar 50 KB saja. Aplikasi ini dapat mengurangi tingkat kecerahan pada layar PC atau laptop Anda kapanpun Anda menginginkannya.

Anda cukup membuka aplikasinya dan layar monitor akan langsung meredup. Klik kanan pada icon tray untuk dapat mengkonfigurasi pengurangan atau penambahan kecerahan layar, mulai dari 5% hingga 95%. Namun, ada kelemahan dari aplikasi ini yaitu saat Anda meredupkan kecerahan, taskbar, stat menu tidak ikut meredup.

10. LightBulb

aplikasi pengatur kecerahan layar dari pihak ketiga

LightBulb merupakan aplikasi yang dapat mengurangi ketegangan mata yang disebabkan menatap layar PC atau laptop dalam waktu yang lama atau saat bekerja lembur. Seiring berjalannya waktu, aplikasi LightBulb akan menyesuaikan gamma, mengubah suhu warna tampilan seperti biru dingin saat sore hari dan menjadi warna kuning hangat saat malam hari.

Tujuan utama dari penyesuaian tersebut tentunya adalah untuk mencocokkan warna layar dengan sumber cahaya yang ada di lingkungan sekitar Anda agar mata Anda tetap nyaman saat menatap layar PC atau laptop. Aplikasi LightBulb membrikan penawaran yang banyak pada opsi penyesuaian.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi pengatur kecerahan untuk PC ataupun laptop. Silahkan Anda pilih dan tentukan aplikasi mana yang sesuai dengan keinginan Anda. Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend