10+ Aplikasi Remote TV (Semua Merk TV) yang Paling Direkomendasikan untuk Pengguna Android

Di jaman modern ini, berbagai teknologi terus bermunculan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Menjadikan segala hal dapat dilakukan dengan se-efektif dan se-efisien mungkin. Bahkan, hal-hal sepele yang sepertinya tidak terlalu dibutuhkan dapat muncul sebagai suatu inovasi yang membanggakan.

Salah satunya adalah hadirnya berbagai aplikasi remote TV yang memudahkan kita dalam mengontrol televisi, seperti mengganti channel, mengatur volume, menghidupkan, dan mematikan televisi.

Aplikasi Remote TV

Dengan berbagai aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi pusing ketika remote TV terselip di suatu tempat. Cukup dengan sebuah ponsel yang memuat aplikasi remote TV, maka semuanya ada dalam kendali Anda. Dan berikut telah kami rangkum beberapa aplikasi remote TV.

1. Mi Remote Controller

Aplikasi Remote TV

Bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi, kini terdapat aplikasi khusus keluaran Xiaomi yang dapat digunakan sebagai remote control, yaitu Mi Remote Controller. Tidak hanya televisi, aplikasi ini akan memudahkan Anda berinteraksi dengan berbagai alat elektornika, seperti DVD, AC, projector, audio receiver, kipas angin, dan perangkat lain yang memakai infrared.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Musik Terbaik untuk Android

Namun, Mi Remote Controller hanya dapat dinikmati oleh pengguna yang ponselnya sudah mendukung infrared supaya ponsel tersebut dapat berfungsi sebagai remote. Beberapa ponsel merk Xiaomi yang telah memiliki spesifikasi tersebut diantaranya adalah Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Mi 5, Mi 5S Plus, dan berbagai tipe ponsel Xiaomi keluaran terbaru.

Sedangkan beberapa merk ponsel lain yang dapat mendukung aplikasi ini diantaranya adalah Samsung S4, S5, S6, S6 Edge, Samsung Note 3, Note 4, Huawei Honor 3, dan beberapa tipe lainnya.

2. Universal TV Remote

Screenshot_2018-08-11-17-53-19-1

Universal TV Remote adalah sebuah aplikasi remote TV yang dikembangkan oleh Twinone dan bisa Anda unduh secara gratis. Universal TV Remote dirancang untuk ponsel Android, namun tidak semua ponsel Android dapat mendukung aplikasi ini. Walau demikian, aplikasi ini mampu dioperasikan pada hampir semua merk TV.

Kelebihan dari Universal TV Remote adalah tampilan interface yang sederhana sehingga siapapun dapat langsung memahami setiap menunya. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki menu remote yang lengkap. Sedangkan kekurangan yang terkadang dikeluhkan oleh pengguna adalah sulitnya mengatur volume televisi dan mode rotasi yang kurang pas.

3. SURE Universal Remote

Aplikasi Remote TV

Aplikasi remote TV yang bernuansa ungu ini diklaim sebagai salah satu remote TV terbaik. Tidak hanya bisa membaca infrared, tetapi juga dapat mendukung jaringan Wifi dan DLNA yang memungkinkan Anda untuk menelusuri konten foto atau video melalui ponsel atau komputer dan mengirimkannya ke televisi Anda.

Ada beberapa keunggulan SURE Universal Remote dibanding dengan aplikasi sejenisnya, diantaranya dapat mendukung perintah berupa suara, mentransmisikan konten seperti musik, foto, dan video dari ponsel ke televisi, dan mengontrol streamer media roku. Aplikasi ini juga dapat bekerja pada AC, media streamer, dan berbagai alat elektronika lainnya. Hanya saja, ada beberapa fitur yang hanya dapat diakses dengan berbayar.

4. Anymote Universal Remote

Screenshot_2018-08-11-17-53-56-1

Bagi Anda yang memiliki televisi merk Samsung, Avr, Sharp, Panasonic, Xfinity, dan Xbox, aplikasi remote TV ini dapat Anda andalkan untuk televisi Anda karena dinilai bekerja sangat baik untuk beberapa merk TV tersebut.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Hacker Terbaik untuk Keperluan Hacking!

Sama seperti aplikasi remote TV lainnya, Anymote Universal Remote juga dapat digunakan untuk mengendalikan DVD, kamera DSLR, AC, dan lain sebagainya. Beberapa fitur gratis dari aplikasi ini yaitu memungkinkan menjalankan beberapa perintah dalam satu sentuhan, mendukung perintah suara melalui Google Now, dan dapat menjalankan perintah tanpa interaksi menggunakan automated tasks.

5. Zaza Remote

Aplikasi Remote TV

Zaza Remote adalah sebuah aplikasi Android yang memiliki database yang luas, mampu mendukung lebih dari 6000 merk alat elektronik. Dengan menggunakan aplikasi Zaza Remote, Anda hanya perlu duduk manis tanpa mencari remote untuk mengontrol berbagai alat macam alat elektronik, seperti TV, AC, Kipas angin, DVD, Proyektor, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga Anda akan mampu mengenali fungsi setiap menu dengan mudah.

6. Peel Smart Remote

aplikasi remote tv android

Peel Smart Remote memiliki fungsi utama yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang telah disebutkan, seperti mengontrol TV, DVD, Bluray Player, audio sistem, AC, dan lain sebagainya. Namun, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tambahan, yaitu membantu kita menemukan acara TV favorit, mudah dalam hal konfigurasi, dapat mendeteksi acara kesukaan melalui informasi acara kesukaan yang kita pilih sebelumnya. Aplikasi ini dapat dioperasikan pada beberapa merk TV, diantaranya Samsung, LG, Sony, Vizio, dan Apple.

7. IR Universal TV RemoteScreenshot_2018-08-11-17-54-38-1

IR Universal TV Remote adalah aplikasi yang bekerja pada Android. Tidak hanya dapat menggantikan remote fisik, aplikasi ini juga bekerja pada alat elektronik lain, seperti AC, kipas angin lampu, Cable Box, DVR dan masih banyak lagi. IR Universal TV Remote mudah dalam hal konfigurasi dan tampilannya membuat aplikasi ini sangat praktis digunakan. Aplikasi ini diklaim sebagai salah satu aplikasi paling universal di Google Play Store karena dapat mendukung berbagai perangkat.

8. LG TV RemoteScreenshot_2018-08-11-17-54-51-1

Sebelum Anda mengunduh aplikasi ini, pastikan dulu bahwa televisi Anda merk LG karena LG TV Remote hanya kompatibel untuk TV ber-merk LG. Beberapa fitur yang ditawarkan yaitu memungkinkan menonton televisi melalui layar ponsel Anda, memiliki hot keys untuk mengontrol volume/saluran dan memasukkan daftar saluran, Mini Home untuk mengakses ke penyedia konten premium dan MyApps secara langsung, dapat menangkap gambar layar televisi secara instan, menyalurkan konten dari ponsel ke televisi, dan berbagai fitur lainnya.

9. TV (Samsung) Remote Control

Screenshot_2018-08-11-17-55-03-1

Sama seperti LG TV Remote, aplikasi TV (Samsung) Remote Control juga hanya bisa bekerja pada televisi merk Samsung. Walau demikian, Anda masih dapat menggunakannya pada ponsel Android apa saja selama ponsel tersebut mendukung infrared.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Download Lagu Terbaik yang Wajib Dicoba

Dalam aplikasi ini tersedia semua tombol remote.  Fitur terbaru yang ditawarkan adalah menampilkan berbagai konten seperti foto dan video dari ponsel pada layar televisi Anda. Selain itu, ada juga fitur menarik lainnya, seperti sleep timer, perintah melalui suara, menggoyangkan ponsel untuk menghidupkan atau mematikan televisi.

10. Roku TV Remote Control

Screenshot_2018-08-11-17-55-14-1

Roku TV Remote Control adalah sebuah aplikasi yang seketika dapat mengubah ponsel Anda menjadi Roku remote. Aplikasi ini kompatibel dengan semua TV Roku. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah pemindaian perangkat secara otomatis, mudah untuk mengganti channel, mendukung keyboard, memiliki akses cepat untuk menjeda atau memulai, dan berbagai fitur lainnya yang memudahkan Anda menggunakan aplikasi ini. Namun, ada beberapa dari fitur tersebut yang hanya dapat Anda nikmati apabila memiliki akses untuk fitur premium.

Dari sepuluh aplikasi remote TV di atas, hampir semuanya telah dilengkapi kemampuan untuk mengontrol berbagai alat elektronik, asal alat tersebut telah mendukung infrared. Sehingga, Anda tidak perlu lagi memiliki berbagai remote untuk setiap jenis perangkat elektronik. Cukup kantongi ponsel yang memuat aplikasi remote TV, maka semuanya dapat Anda kendalikan dengan mudah dan praktis.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend