• Our Partners:

Aplikasi Untuk Enkripsi File di PC

10 Aplikasi Untuk Enkripsi File di PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Ketika kita memiliki banyak data penting atau data pribadi, baik di komputer maupun laptop maka kita harus benar-benar menjaga data tersebut agar tidak sampai dibuka atau diakses orang lain.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan enkripsi file. Dengan begitu, orang-orang tidak bertanggung jawab yang berusaha mencuri data-data penting pastinya tidak akan bisa mengaksesnya.

Aplikasi Untuk Enkripsi File di PC / Laptop

Untuk bisa mengenkripsi file, kita memerlukan sebuah aplikasi enkripsi. Di bawah ini ada beberapa aplikasi untuk enkripsi file di PC / Laptop yang dapat digunakan sesuai dengan keinginan karena setiap aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing.

1. AxCrypt

AxCrypt

Aplikasi untuk enrkripsi file di PC / laptop yang pertama adalah AxCrypt. Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu yang terbaik dengan semua kelebihan yang dimilikinya.

Pengguna bisa memilih berkas apapun yang ada di komputer maupun laptopnya untuk dienkripsi. Proses enkripsi yang dilakukan pun cukup mudah dan tidak membuat orang yang baru pertama kali menggunakan AxCrypt akan kesulitan.

AxCrypt merupakan aplikasi yang bersifat open source dan memang diperuntukkan untuk sistem operasi Windows. Selain digunakan untuk enkripsi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk dekripsi, mengompres, dan lain sebagainya. Sistem keamanan yang dimilikinya tidak akan membuat kecewa.

2. DiskCryptor

Aplikasi Untuk Enkripsi File di PC

Ingin mencari aplikasi yang menawarkan fitur enkripsi lengkap? DiskCryptor adalah aplikasi yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini bekerja dengan cara membuat volume pada harddisk yang akan dienkripsi.

Selain harddisk, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengenkripsi flashdisk. Untuk langkah-langkah penggunaannya cukup mudah. Pertama, colokkan flashdisk yang akan dienkripsi. Tentukan parameter seperti password, keyfiles, dan algoritma enrkipsi yang akan digunakan. Kemudian sisanya akan dijalankan oleh DiskCryptor.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah DiskCryptor menyediakan algoritma enkripsi yang populer, seperti Twofish dan AES. Kedua algoritma tersebut juga dapat diterapkan bersamaan.

Ketika flashdisk sudah dienkripsi menggunakan DiskCryptor, maka flashdisk tersebut hanya dapat dibuka oleh aplikasi ini. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengenkripsi media optik, misalnya CD serta bisa melakukan bootloader system.

3. VeraCrypt

VeraCrypt

Jika mencari salah satu aplikasi untuk enkripsi file di PC / laptop terpopuler, maka VeraCrypt bisa menjadi jawabannya. Dulu ada TrueCrypt yang sekarang tinggal nama, namun VeraCrypt merupakan pengganti yang pas karena dilengkapi dengan fitur yang lengkap yang mempermudah pekerjaan kita.

Pada dasarnya, aplikasi ini digunakan untuk melakukan enkripsi terhadap harddisk, namun ternyata juga bisa digunakan untuk melakukan enkripsi pada flashdisk.

Cara kerja VeraCrypt adalah dengan membuat disk volume yang diberi password untuk proteksi. Partisi yang dienkripsi menggunakan jenis enkripsi standar industri misalnya Twofish, Serpent, dan AES. Jika pengguan merasa password masih kurang aman, mereka bisa mengkombinasikannya dengan keyfiles. Hanya memerlukan sebuah flashdisk, lalu tinggal mengikuti langkah-langkahnya di volume creation wizard.

VeraCrypt bisa digunakan untuk menentukan ukuran partisi yang akan dienkripsi. Untuk membuka data yang telah dienkripsi, caranya hanya melalui VeraCrypt dimana dan harus memasukkan keyfiles atau password yang benar. Jadi, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat jika menginginkan sebuah aplikasi enkripsi tingkat tinggi.

4. Rohos Disk Encryption

Aplikasi Untuk Enkripsi File di Laptop

Selain bisa digunakan untuk mengenkripsi USB, aplikasi yang satu ini menawarkan kemampuan yang lebih dari itu. Pada saat mencolokkan flashdisk yang akan dienkripsi, aplikasi ini langsung menyarankan ukuran partisi terbaik yang bisa dibuat di dalamnya.

Pengguna juga bisa menentukan ukuran partisi sendiri jika dirasa ukuran partisi yang disarankan masih kurang atau berlebih. Ketika data sudah terenkripsi, maka cara membukanya adalah dengan mounting pada partisi tersebut.

Rohos Disk Encryption juga memberikan kemudahan untuk mengubah, terutama menambah ukuran volume yang terenkripsi sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah pengguna bisa melakukan enkripsi terhadap aplikasi yang terinstal serta folder yang ada di PC maupun laptop.

Selain itu, Rohos Disk Encryption juga menyediakan fitur untuk menyamarkan partisi yang telah dienkripsi dan mengubahnya menjadi file seperti MP3 dan AVI.

5. Gilisoft USB Stick Encryption

Gilisoft USB Stick Encryption

Untuk aplikasi yang kelima ini bukan hanya menawarkan fitur yang lengkap melainkan tampilan yang terkesan lebih menarik dibandingkan aplikasi lainnya. Jika diperhatikan, Gilisoft USB Stick Encryption memiliki tampilan yang berkilau, warna metalik, dan tombol yang agak glossy. Tentu saja yang keunggulan aplikasi ini tidak berfokus pada tampilannya saja melainkan juga terletak pada fitur yang ada di dalamnya.

Gilisoft USB Stick Encrption merupakan aplikasi yang mudah digunakan, bahkan oleh orang yang baru pertama kali mencoba mengkripsi. Pengguna bisa menentukan sesuai keinginan mereka kira-kira berapa besar partisi terenkripsi yang disediakan bersamaan dengan passwordnya. Perlu diingat ketika companion secure access yang sudah ada di flashdisk tidak sengaja terhapus, maka tinggal direcover saja.

6. Gpg4Win

Aplikasi Untuk Enkripsi File di PC / Laptop Terbaik

Salah satu keistimewaan dari Gpg4Win adalah pengguna bisa mengirim berkas maupun surel dengan menggunakan bantuan enkripsi serta tanda tangan digital.

Enkripsi tersebut bermanfaat untuk melindungi data agar tidak bisa dibuka oleh orang lain yang berpotensi merugikan kita dan orang lain. Sementara itu, tanda tangan digunakan untuk meyakinkan bahwa data yang dikirim tidak mengalami proses modifikasi serta benar-benar datang dari pengirim yang diinginkan.

Gpg4Win juga sudah mendukung standar kriptografi yang relevan. Beberapa standar kriptografi tersebut antara lain: S/MIME (X.509), OpenPGP, dan distribusi resmi dari GnupG yang memang diperuntukkan untuk Windows. Bagi anda yang tertarik menggunakan aplikasi untuk mengirim file secara aman sampai ke tempat pengirim, maka silakan mendownload pada link di bawah ini.

7. Windows 10 Device Encryption

Windows 10 Device Encryption

Dari namanya, Windows 10 Device Encryption merupakan aplikasi enrkipsi bawaan Windows 10. Untuk bisa mengenkripsi drive di komputer atau PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk Windows menggunakan akun Microsoft. Nanti, kunci pemilihan akan secara otomatis terupload ke server Microsoft. Kamu harus masuk ke Settings – System – About – Device Encryption.

8. BitLocker

BitLocker

Selain aplikasi di atas, terdapat juga BitLocker yang meruapakan aplikasi enrkipsi dan menjadi satu paket instalasi Windows. Fungsinya sudah pasti untuk melindungi data-data dan juga melakukan enkripsi ke semua volume.

Untuk algoritma enkripsi yang digunakan adalah AES yang berada dalam mode CBC yang merupakan singkatan dari Cipher Block Chaining. Selain itu, BitLocker juga menggunakan XTS baik 128-bit maupun 256-bit. Namun perlu diingat bahwa CBC tidak dipakai untuk seluruh disk, melainkan hanya setiap bagian atau sektor disk secara individual.

 9. Symantec Drive Encryption

Symantec Drive Encryption

Symantec Drive Encryption merupkan aplikasi enkripsi drive transparan yang digunakan untuk komputer maupun laptop. Selain itu, aplikasi juga bisa digunakan untuk mengenkripsi removeable media seperti flashdisk. Salah satu aplikasi dengan tampilan yang cukup sederhana yang akan melindungi data dari orang-orang tidak dikenal.

10. Kakasoft USB Security

Kakasoft USB Security

Aplikasi untuk enkripi file di PC / laptop yang terakhir kami bahas adalah Rohos Mini Drive. Jika menginginkan sebuah enkripsi tersembunyi di flashdisk, maka aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat. Aplikasi ini mampu melindungi data-data penting di dalam drive dengan memasukkan password dan untuk membukanya hanya bisa dengan Rohos Mini Drive.

Leave a Reply

Send this to a friend