• Our Partners:

baterai hp smartphone google pixel 3 gembung dan bengkak android

Baterai Pixel 3 Jadi Bengkak dan Gendut, Masalah Baru Bagi Google?

NESABAMEDIA.COM – Menurut banyak utas di forum Dukungan Google dan Reddit, baterai yang menggembung menyebabkan panel belakang beberapa perangkat Pixel lepas. Utas, yang berasal dari bulan Mei, pertama kali ditemukan oleh AndroidPolice. Anehnya, Google Pixel 3 milik pendiri AndroidPolice Artem Russakovskii mengalami masalah yang sama, yaitu baterai bengkak.

Penyebabnya masih belum jelas, tetapi benang merah antara laporan adalah bahwa pembengkakan muncul segera setelah charing nirkabel perangkat mulai tidak berfungsi – atau berhenti berfungsi sama sekali. Beberapa pengguna berspekulasi bahwa justru penggunaan pengisian nirkabel dan panas yang terkait dengannya yang mempercepat pembengkakan.

Selain bahaya keamanan yang jelas, pembengkakan juga membahayakan penyegelan IP68 terhadap air dan debu, yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada handset.

Hal baiknya adalah, menurut AndroidPolice, Google tampaknya menawarkan penggantian gratis bahkan untuk perangkat yang tidak bergaransi. Namun, perusahaan mencatat bahwa ini adalah kesepakatan satu kali, dan tidak akan menukar perangkat jika masalah berlanjut pada unit pengganti.

Agar adil, pembengkakan baterai bukanlah masalah yang sepenuhnya tidak biasa – tetapi tidak untuk ponsel yang hanya berusia 2 tahun. Waktunya juga tidak bisa lebih buruk lagi, dengan Pixel 5 baru yang dijadwalkan untuk rilis akhir bulan ini, dan kemungkinan tidak akan membantu dengan penjualan Pixel yang terus menyusut.

Samsung terkenal harus menarik kembali dan menghentikan seri Galaxy Note 7 setelah ponselnya mulai meledak kiri dan kanan. Perusahaan akhirnya mengidentifikasi dua kekurangan desain pada baterai sebagai penyebabnya. Untungnya, pemilik Pixel sejauh ini belum melaporkan adanya ledakan.

Apple, juga, harus meluncurkan penyelidikan resmi ke dalam desain baterainya setelah banyak pemilik iPhone 8 mengeluh tentang pembengkakan pada perangkat mereka pada tahun 2017.

Tidak seperti Apple dan Samsung, reputasi Google sebagai pembuat ponsel masih lemah – dan kerusakan perangkat keras seperti ini dapat menimbulkan masalah bagi merek ponselnya yang sudah berdarah.

Bahkan setelah rilis Note 7 yang membawa bencana, Samsung mampu bangkit kembali hampir tanpa cedera. Google, di sisi lain, secara historis berjuang untuk mengubah Pixel menjadi sukses komersial meskipun menerima ulasan yang umumnya positif di seluruh papan.

Leave a Reply

Send this to a friend