• Our Partners:

Bug Google Message Bikin Kamera Sedot Baterai Berlebihan

Bug Google Message Bikin Kamera Sedot Baterai Berlebihan

NESABAMEDIA.COMMenurut beberapa laporan, bug di Google Message telah menyebabkan kamera berjalan di latar belakang. Karena hal tersebut, beberapa pengguna smartphone Android mengalami masalah pada baterai mereka, di mana kapasitasnya menurun dengan drastis. Selain itu, bug ini juga menyebabkan smartphone menjadi lebih cepat panas. 

Dua bulan lalu, pengguna Reddit melaporkan salah satu kasus pertama bug ini di Google Pixel 6 Pro miliknya.

“Saya baru-baru ini memperhatikan bahwa kamera terus menyala dan ada titik hijau kecil di sudutnya. Sepertinya dimulai dengan membuka aplikasi Google Message. Saya juga memperhatikan bahwa setiap kali ini terjadi, smartphone menjadi sangat panas sehingga saya biasanya mematikannya dan membiarkannya selama beberapa menit karena saya tidak ingin membebani baterai. Ketika melihat aplikasi monitoring baterai, aplikasi Google Message itu telah berjalan sekitar 12 jam.”

Di dalam aplikasi, ada sebuah cara yang akan memudahkan menyematkan gambar dan dengan cepat melampirkannya ke sebuah pesan dan mengirimkannya ke penerima. Dalam tampilan ketika melampirkan gambar dari galeri, juga ada sebuah live feed dari kamera untuk bisa dengan cepat mengambil snapshot dari tampilan thumbnail atau anda bisa memperluasnya untuk tampilan yang lebih baik. 

Diketahui rupanya live feed dari kamera itu berjalan di latar belakang. Prompt ini muncul sebelah opsi galeri ketika pengguna ingin mengunggah gambar ke aplikasi perpesanan itu. Bug tersebut menyebabkan prompt tetap bekerja bahkan ketika prompt tidak lagi muncul di layar. 

Hal ini kemudian membuat smartphone menggunakan baterai secara berlebihan. Setelah digali lebih dalam menggunakan metrik privasi Android 12, ditemukan bahwa Google Message memang secara aktif menggunakan kamera.

Menurut pihak Google, tim telah menemukan bug dan mengirimkan perbaikan. Pengguna bisa menutup aplikasi atau mengatur izin aplikasi. Untuk melakukan ini, cukup buka Settings → Application → Message → Permissions → Camera dan pilih untuk memberikan izin.

Jika anda mengalami masalah yang sama seperti ini di perangkat smartphone anda, beritahu kami melalui kolom komentar, termasuk jenis smartphone apa yang anda gunakan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend