Aplikasi untuk Mendownload Video Android

5 Aplikasi untuk Mendownload Video Android Terbaik dan Tercepat

NESABAMEDIA.COM – Tak selamanya kita dapat menonton film atau video dengan streaming. Adakalanya terbatas oleh akses internet atau ketersediaan data yang menjadikan momen menonton video Anda terganggu. Hal tersebut menjadikan download video sebagai pilihan untuk dapat menonton video dengan lancar. Anda juga tidak perlu mengeluh saat video Anda berhenti sebab koneksi internet yang tidak stabil.

Penggunakan ponsel yang menjadi kebutuhan primer era modern ini menjadikan kemudahan bagi Anda untuk mendownload video dari ponsel. Terdapat beberapa aplikasi untuk mendownload video Android yang dapat Anda gunakan, di antaranya sebagai berikut.

1. Videoder

Aplikasi untuk Mendownload Video Android Videoder

Videoder adalah aplikasi untuk mendownload video yang sangat populer. Aplikasi ini menyediakan kemampuan download video yang dapat Anda gunakan untuk banyak situs, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Tik Tok, Twitter, Vimeo, dan masih banyak lagi. Anda pun dapat menggunakan Videoder untuk mendownload musik favorit Anda di SoundCloud.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk medownload film dan TV shows dari beberapa aplikasi penyedianya, seperti FMovies, Crunchyroll, 9anime, Voot, SonyLiv, Viu, dan lain-lain. Untuk situs yang tidak disediakan, Anda dapat menyalin URL-nya di kolom pencarian situs pada Videoder.

Untuk cara mendownload video melalui Videoder, Anda dapat mengklik langsung ke situs atau URL link video yang telah Anda salin sebelumnya. Klik video yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda akan menemukan tombol panah ke bawah yang berlatar merah untuk download. Tidak perlu khawatir, Anda akan diberikan petunjuk oleh Videoder terkait posisi tombol yang dimaksud.

Setelah Anda mengklik tombol tersebut, Anda akan disuguhkan pada beberapa opsi resolusi video yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengatur penyimpanan video Anda sebelum mendownloadnya. Klik START DOWNLOAD untuk memulai proses download video dan Anda dapat menemukan video Anda pada ikon download di sebelah kolom pencariannya.

Ada beberapa cara download video yang bisa Anda gunakan untuk Videoder. Tersedia cara mendownload video YouTube, Instagram, Facebook, dan SoundCloud yang dapat Anda temukan di halaman resmi Videoder dengan tombol di bawah ini, sekaligus tersedia pilihan di mana Anda bisa mendownload aplikasinya.

2. Snaptube

Snaptube

Aplikasi untuk mendownload video berikutnya adalah Snaptube, yang menawarkan antarmuka yang lebih clean dan trendy dengan fitur dark mode yang bisa Anda coba. Pada Snaptube, Anda bisa mendownload video dari beberapa situs, seperti YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya hanya melalui ponsel Android Anda.

Snaptube juga memperluas cakupan download video dengan menggunakan URL atau alamat web video yang dapat Anda tempel pada kolom pencariannya. Sama halnya seperti Videoder, Snaptube juga memungkinkan Anda untuk mengakses akun media sosial sehingga Anda dapat menonton atau memberi komentar tanpa harus membuka aplikasi media sosial Anda tersebut.

Snaptube menyediakan tombol panah bawah berlatar kuning untuk mendownload video yang sedang Anda putar. Atau Anda dapat menemukannya pada ikon download yang sebelumnya akan diarahkan oleh Snaptube. Pada situs YouTube, Snaptube memungkinkan Anda untuk hanya mendownload format audio dalam MP3 atau M4A. Tersedia pula berbagai resolusi video yang dapat Anda download berikut dengan ukurannya.

Adapun file yang sedang dan berhasil Anda download dapat Anda temukan di menu My Files pada tab Download. Pada laman tersebut, Anda bisa menemukan informasi kapasitas penyimpanan yang Anda miliki dan opsi untuk membersihkan penyimpanan Anda dari junk files.

3. VidMate

Aplikasi untuk Mendownload Video Android Vidmate

VidMate adalah salah satu aplikasi untuk mendownload video yang memiliki banyak fitur. Tak hanya YouTube, VidMate memungkinkan Anda mendownload video dari media sosial lainnya bahkan banyak situs. Aplikasi ini menyediakan pengaturan di mana Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan file Anda terkait video atau audio yang Anda download.

Tersedia pula pengaturan lainnya seperti download pengaturan download hanya saat tersedia WiFi, pegaturan bahasa subtitle, pengaturan kualitas musik, dan lain-lain. Hal yang unik dari VidMate adalah Anda dapat dengan mudah melakukan pencarian video melalui fitur Quick search-nya yang muncul pada notification bar ponsel Anda.

Vidmate menyediakan beragam resolusi dan ukuran untuk mendownload video. Anda juga dengan mudah mem-pause dan melanjutkan kembali proses download video atau musik Anda. Berbeda dari aplikasi lainnya, VidMate memberikan tampilan video berdasarkan kategori seperti musik, film, acara TV, DIY, tari, olahraga, dan lainnya.

Pada kategori film dan movie, Anda dapat dengan mudah mendownload film dengan berbagai pilihan resolusi dan ukuran file yang tersedia di aplikasi ini. Aplikasi ini juga memiliki fitur antarmuka yang kekinian dengan adanya dark mode dan pengaturan kecerahan layar.

4. Tubmate

TubeMate

TubeMate menawarkan fitur download video dengan tampilan yang sederhana. Di balik kesederhanaan tampilannya, TubeMate memiliki kemampuan download yang tak kalah dibandingkan dengan aplikasi untuk mendownload video Android lainnya.

Aplikasi ini menyediakan beberapa situs pada bookmark menunya, seperti YouTube, Instagram, Facebook, Tik Tok, dan lain-lain yang memudahkan Anda untuk dapat mengakses akun media sosial Anda langsung dari TubeMate. Selain itu, terdapat pula pilihan situs Google pada bookmark yang memungkinkan Anda untuk mem-paste link video dari aplikasi lain untuk dapat Anda download pada TubeMate.

Pada TubeMate, Anda dapat mengoleksi beberapa video sebelum Anda mendownloadnya. Video-video tersebut akan berada dalam daftar yang sama dengan video yang sedang dan berhasil Anda download.

Dengan kata lain, Anda dapat menandai beberapa video untuk dapat Anda dowload nantinya. Sebelum mendownload video yang Anda inginkan, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memberi judul video untuk tersebut. Anda dapat menggeser ke kiri pada layar (swipe left) untuk melihat daftar download video Anda.

TubeMate juga menyediakan fitur Play as music yang menjadi opsi saat Anda mengklik pilihan pada video yang berada dalam daftar download Anda. Fitur ini memungkinkan Anda memutar video sebagai musik yang tetap berjalan saat Anda menutup aplikasi atau saat keadaan layar mati atu terkunci.

5. InsTube

Aplikasi untuk Mendownload Video Android InsTube

Selain tampilannya yang menarik, InsTube juga memiliki fitur yang tak kalah menariknya. Aplikasi ini menyediakan beberapa situs yang dapat Anda akses untuk mndownload video favorit Anda. Anda juga dapat mendownload video dengan menggunakan link URL atau website dengan menautkannya di kolom pencarian.

Saat Anda memutar video favorit Anda melalui InsTube, terdapat tombol petir dengan panah ke bawahnya dengan latar merah, berfungsi untuk mendownload video. Saat Anda mengklik tombol tersebut, akan muncul tampilan yang berisikan opsi format file yang ingin Anda download, apakah musik (MP3 atau M4A) atau video (MP4) dengan ukuran dan resolusi masing-masing.

Anda dapat memulai proses download file dengan mengklik tombol Fast Download. File yang sedang dan berhasil didownload akan masuk ke dalam daftar file pada tab Download yang dapat Anda temukan pada menu berikon download di samping kolom pencarian.

InsTube juga menyediakan fitur Private Space yang memungkinkan Anda membuat penyimpanan bersandi untuk file video atau musik Anda.

Nah, itulah beberapa contoh aplikasi untuk mendownload video Android yang dapat Anda jadikan opsi untuk mendownload video favorit Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Send this to a friend