• Our Partners:

10 Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online

10 Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online Terbaik dan Gratis

Sebuah konten yang original atau asli adalah salah satu kunci untuk menarik perhatian dari pembaca blog. Google yang merupakan mesin pencari terbesar di dunia saat ini tidak akan mentolerir konten yang terindikasi plagiarisme didalamnya.

Jika Google menemukan konten yang berisi unsur plagiarisme, di beberapa kasus Google akan melaukan deindex pada konten, blog atau website tersebut. Selain itu, para pembaca atau pengguna akan lebih tertarik dan percaya jika konten yang dibuat merupakan hasil karya sendiri, bukan hanya mencomot dari sumber ataupun website lainnya.

Maka dari itu, menjaga konten agar tetap orisinil merupakan hal yang penting. Karena juga akan mempengaruhi para pembaca website Anda dan juga mempengaruhi SEO Anda.

10 Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online

Untuk menjaga keaslian konten atau website, Anda perlu melakukan pengecekan plagiarisme pada setiap konten atau tulisan yang akan Anda unggah. Saat ini, sudah banyak aplikasi atau website yang menyediakan layanan pengecekan plagiarisme secara online ataupun offline.

Nah, pada artikel ini akan dibahas aplikasi atau website apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plagiarisme online pada konten atau tulisan Anda. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. SmallSEOtools

Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online SmallSEOtools

SmallSEOtools merupakan aplikasi pengecek plagiarism online yang paling sering digunakan oleh para blogger untuk memeriksa atau mengecek kualitas dari artikel yang akan mereka publish untuk website mereka. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda tidak perlu mengunduh ke laptop atau hp, Anda hanya perlu membuka website-nya saja.

Selain untuk memeriksa kualitas artikel, para blogger pastinya juga diharuskan memberikan konten yang bebas dari plagiat. Maka dari itu website SmallSEOtools bisa Anda gunakan untuk mengecek atau mendeteksi karya tulis atau artikel Anda, apakah termasuk plagiat atau tidak. Aplikasi SmallSEOtools bisa melakukan pendeteksian hingga 5000 karakter dalam satu waktu.

Cara menggunakan aplikasi atau website SmallSEOtools sangatlah mudah, dan tentunya aplikasi pendeteksian plagiat ini gratis. Anda hanya perlu mengunjungi situsnya, lalu pilih bagian plagiarismchecker, lalu copy tulisan Anda dan paste-kan pada bagian tulisan, dan Anda akan mendapatkan hasilnya. Anda juga bisa melihat berapa presentasi kemiripan tulisan Anda dengan berbagai tulisan lainnya yang sudah tersedia atau yang sudah di publish di internet.

2. Duplichecker

Duplichecker

Duplichecker adalah aplikasi yang memberikan layanan untuk mendeteksi plagiat secara online yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan copy paste tulisan ke dalam kotak yang sudah disediakan, atau Anda juga bisa menggunakan URL saja. Dalam waktu singkat Anda akan mendapatkan link yang berisi konten yang diplagiasi, jika memang tulisan Anda terdeteksi adanya plagiarisme.

Website Duplichecker mampu menampung maksimal 1000 kata dalam satu kali pengecekan. Selain mendapatkan link yang menuju konten yang diplagiasi, Anda juga bisa mendapatkan informasi kemiripan dalam bentuk persen. Jika konten Anda tidak mengandung plagiarisme, maka website akan memberikan informasi “No Plagiarism Detected”.

Selain dapat mendeteksi adanya tindakan plagiarisme dalam sebuah konten, website ini juga bisa melakukan pengecekan jenis lainnya, seperti paraphrasing, grammar, backlink checker, keyword position checker, domain authority, dan lain sebagainya.

3. Copyscape

Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online Copyscape

Copyscape merupakan website atau aplikasi yang menyediakan layanan untuk pengecekan plagiat secara online dan gratis. Jadi dengan menggunakan aplikasi pengecekan plagiarisme dapat mencegah pencurian serta penipuan konten. Anda cukup memasukkan URL website Anda dan Copyscape akan melakukan pengecekan plagiarisme secara otomatis pada konten Anda.

Namun sayangnya, dalam menggunakan Copyscape untuk pengecekan plagiarisme terdapat jumlah batasan untuk menggunakan yang versi gratis. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan akses yang tak terbatas, maka Anda harus mengupgrade-nya dengan layanan premium.

Selain dapat melakukan pengecekan plagiat, Copyscape juga memberikan layanan lainnya seperti Copyscape Premium, Copysentry, Premium API, Free Plagiarism Banner, dan Free Comparison Tool.

4. Unicheck

Unicheck

Unicheck adalah website atau aplikasi pengecekan plagiarisme yang juga sangat populer. Website ini sering digunakan oleh orang – orang yang ada di dalam dunia pendidikan, peneliti, penulis, sampai editor. Hingga kini sudah ada 1 juta pengguna dari berbagai negara dan juga sudah ada 124 juta file yang dicek dengan menggunakan website Unicheck.

Website ini terbilang sudah hampir sempurna untuk dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pengecekan tingkat plagiarisme sebuah dokumen atau konten. Website ini memberikan penawaran untuk melakukan pencarian secara akurat dengan mengakses lebih dari 40 milyar halaman web, database edukasi, serta file perpustakaan institusional.

Unicheck juga memiliki tampilan yang cukup interaktif dengan menggunakan berbagai kombinasi warna. Unicheck juga memungkinkan dipasang secara embed ke dalam sistem e-Learning. Secara otomatis Unicheck akanmemindai setiap dokumen dan memberikan laporan yang mudah dibaca.

5. Dustball

Dustball

Dustball adalah website untuk mengecek plagiarisme pada konten yang terbilang cukup sederhana. Anda bisa melakukan pengecekan teks dengan copy paste atau Anda juga bisa langsung menggunakan file dokumen Microsoft Word.

Cara penggunaannya sama dengan website pengecekan plagiarisme lainnya, Anda hanya perlu meng-copy dan paste teks yang Anda inginkan ke dalam kotak yang sudah disediakan. Lalu, Anda klik tombol “Check the paper”, maka secara otomatis Dustball akan melakukan pengecekan pada konten atau dokumen Anda.

Namun, website Dustball memiliki batasan untuk melakukan pengecekan. Jika, sudah melebihi dari yang jumlah yang sudah ditentukan, maka akan muncul peringatan “Free Limit Reached”. Adapaun batasan penggunaannya dalam sehari adalah 1000 kata.

Jika Anda tetap ingin menggunakannya, Anda harus berlangganan dengan membayar sebesar $8 dan berlaku untuk selamanya. Dan Anda juga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat jika menggunakan fitur premium ini. Dustball akan memberikan keterangan “Ok” dan “Plagiarism?”, jika dokumen Anda terindikasi plagiat maka Dustball akan memberikan keterangan “Plagiarism?”.

6. PlagTracker

Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online PlagTracker

PlagTracker adalah website pengecekan plagiarisme yang terbilang cukup lengkap. Tapi fitur yang disediakan tidaklah gratis, jadi Anda harus membayar untuk menggunakan layanan premium.

Layanan yang diberikan cukup lengkap seperti pengecekan grammar, hasil laporan yang cepat, pengecekan database, laporan dalam bentuk PDF, pengecekan secara unlimited, dapat mengecek dengan format .doc, .txt, .docx, dan lain sebagainya.

Website PlagTracker adalah website pengecekan plagiat yang dilakukan oleh tim profesional. Tim yang disediakan akan melakukan pengecekan terhadap kesalahan tata bahasa, sintaksis, dan alur yang harusnya sesuai dengan seharusnya.

Walaupun layanan yang ditawarkan berbayar, Anda tetap bisa menggunakan layanan gratisnya. Namun, Anda akan mendapatkan batasan dalam jumlah kata yaitu hanya sampai 5000 kata.

7. PlagiarismChecker

Plagiarism Checker

PlagiarismChecker.com merupaka website pengecekan plagiarisme secara online yang juga menyediakan pengecekan phrase dari beberapa bagian dokumen yang sudah terintegrasi dengan Yahoo dan Google.

Jadi, saat Anda mengisi kotak yang ada di halaman home website dan Anda mengklik tombol Search, maka website ini akan mengarahkan Anda ke hasil pencarian yang ada di Google ataupun Yahoo.

Sejak tahun 2006, website ini sudah berkembang menjadi website pengecekan plagiarisme, tapi saat ini ada beberapa fitur yang masih bermasalah karena sudah lama tidak diperbarui dan kondisinya yang sudah tidak relevan lagi.

8. PlagScan

PlagScan

PlagScan juga merupakan website pengecekan plagiarisme secara online yang penggunannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu melakukan copy paste pada tulisan yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengunggah file dalam bentuk word dan pdf.

Hasil laporan pengecekan juga bisa Anda sesuaikan. Anda bisa mendapatkan hasil laporan dalam bentuk PDF, agar memudahkan Anda untuk mencetaknya. Untuk menggunakan layanan PlagScan Anda harus mendaftar terlebih dahulu menjadi member agar dapat digunakan secara gratis. Tapi, untuk pemakaian yang lebih lama Anda diharuskan melakukan pembayaran.

9. WriteCheck

WriteCheck

Aplikasi atau website WriteCheck tidak hanya bisa melakukan pengecekan konten plagiat tapi juga bisa mendeteksi adanya kesalahan terhadap tata bahasa dan ejaan dalam sebuah tulisan. Penggunaan aplikasi ini pun juga sangat mudah.

Anda hanya perlu mengunggah dokumen yang Anda inginkan dalam bentuk Microsoft Word, PDF, WordPerfect, PostScript, HTML, dan RTF. Anda juga akan mendapatkan laporan hasil plagiarisme yang disertai link yang menuju sumber plagiasi.

Selain itu, WriteCheck juga menyediakan layanan pengecekan secara manual yang dilakukan oleh beberapa mentor profesional. Jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, Anda harus rela membayar sekitar $8 setiap konten yang Anda kirimkan. Walaupun situs ini berbayar, sudah ada lebih dari 1 juta orang yang menggunakan layanan ini.

10. Viper Plagiarism Checker

Aplikasi untuk Mengecek Plagiarism Online Viper Anti-Plagiarism Scanner

Viper Anti-plagiarism Scanner memiliki banyak fitur.  Berbeda dengan website lainnya, jika Anda ingin menggunakan Viper, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan meng-install nya di laptop atau komputer Anda.

Pengecekan yang dilakukan Viper ada sekitar 10 juta sumber yang bisa dibandingkan dengan tulisan Anda. Sayangnya, jika Anda ingin menggunakan seluruh layanan Viper Anda harus membayar alias tidak gratis. Tapi, sesuai dengan biayanya, Viper memberikan fitur yang sangat bermanfaat bagi Anda.

Anda dapat mengunggah file atau dokumen dari berbagai sumber,seperti Google Drive. Dan proses pengecekannya sangat cepat, yaitu hanya sekitar 30 detik saja dan tidak akan ada delay. Dan juga mendukung lebih dari 50 bahasa dan berbagai tipe file.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi untuk mengecek plagiarism online. Ada beberapa aplikasi atau website yang menyediakan secara gratis, namun juga ada yang berbayar semua tergantung dengan fitur yang ditawarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply