Aplikasi Windows 11 Yang Diperbarui Ini Ungkap Masa Depan Windows

Aplikasi Windows 11 Yang Diperbarui Ini Ungkap Masa Depan Windows

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengumumkan pembaruan untuk beberapa aplikasi bawaan di Windows 11. Pembaruan itu sendiri tidak masif dalam hal fitur, tetapi menjaga filosofi desain tetap sejalan dengan estetika visual baru Windows 11, yang saat ini dalam versi beta.

Aplikasi yang diperbarui termasuk Calculator, Mail, Calendar dan Snipping Tool di mana pembaruan tersebut sudah bisa dilihat pada program Windows Insider untuk Windows 11.

Snipping Tool

Pengguna Windows 10 lama pasti tahu bahwa Microsoft sebelumnya memang menjanjikan bahwa Snipping Tool akan mendapatkan rumah baru. Panos Panay dari Microsoft juga membagikan bocoran dari tampilan Snipping Tool yang baru pada minggu lalu.

Kini, semua telah terungkap sepenuhnya, dan Microsoft menggabungkan aplikasi Snipping Tool dan Snip & Sketch klasik menjadi satu aplikasi Snipping Tool. Snipping Tool baru ini memiliki bahasa Fluent Design yang diperbarui yang menampilkan sudut membulat dan penekanan pada kontrol yang mendukung sentuhan. Ini juga akan menyesuaikan pilihan tema terang atau gelap pengguna atau juga memungkinkan pengguna dalam mengatur tema secara mandiri.

Microsoft mencatat bahwa jika pengguna menonaktifkan notifikasi atau mengaktifkan Focus Assist, pengguna tidak akan diberi tahu saat mengambil tangkapan layar. Microsoft pun berjanji ini akan diperbaiki dalam pembaruan di masa mendatang.

Aplikasi ini mendukung pintasan keyboard Win + Shift + S untuk mengambil tangkapan layar dan memperkenalkan halaman pengaturan baru. Tentu saja, semua fitur pengeditan ada di sini seperti anotasi dan cropping.

Mail & Calendar

Aplikasi Email dan Kalender telah diperbarui untuk mendukung Fluent Design. Fungsi inti tetap tidak berubah untuk saat ini, tetapi tepi yang membulat dan desain yang bersih akan membuat penulisan email dan penjadwalan rapat menjadi sedikit lebih menyenangkan.

Aplikasi ini masih tetap berbeda dari Outlook, anehnya, yang berarti Microsoft akan terus mendukung kedua aplikasi di masa depan seperti sekarang. Waktu nanti yang akan mengungkap bagaimana cara Microsoft untuk mengelola kedua aplikasi tersebut, karena di sisi lain mereka juga berupaya semakin merekatkan layanan Microsoft 365 dengan Windows. 

Kalkulator

Aplikasi Kalkulator yang baru juga memiliki bahasa desain Windows 11 baru, termasuk kemampuan menerapkan tema. Seperti Snipping Tool, pengguna dapat menerapkan tema yang terpisah dari Windows itu sendiri. Penekanan pada dukungan sentuh benar-benar terlihat di sini dengan target sentuh yang lebih besar untuk ditekan saat menggunakan Windows 11 pada layar sentuh. Microsoft mengatakan aplikasi yang diperbarui ditulis dalam C# untuk mendorong pengembang perangkat lunak yang giat berkontribusi di GitHub.

Di luar itu, Kalkulator berfungsi seperti biasanya dengan kemampuan untuk menggunakan mode standar atau ilmiah, memplot persamaan pada grafik, mengkonversi mata uang, dan bahkan mengaktifkan “Mode Programmer” khusus untuk para pengembang dan pengguna tingkat lanjut.

Microsoft meluncurkan pratinjau Windows 11 awal pada akhir Juni untuk program Windows Insider. Pengguna dapat melihat lebih awal perubahan yang dibuat Microsoft dan menguji sistem operasi yang diperbarui untuk diri mereka sendiri. Sejak itu, perusahaan terus menambahkan fitur seperti kotak pencarian yang ditingkatkan di Start Menu. Microsoft juga membersihkan menu konteks, menambahkan fungsionalitas copy paste langsung ke menu, serta kemampuan untuk “mengelompokkan” perintah untuk navigasi yang lebih mudah.

Leave a Reply

Send this to a friend