Sejumlah Bug Yang Ada di Build Pratinjau Pertama Windows 11

Sejumlah Bug Yang Ada di Build Pratinjau Pertama Windows 11

NESABAMEDIA.COMBuild Pratinjau Windows 11 akhirnya dirilis dan seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Build tersebut penuh dengan bug yang kemudian membuat frustasi para penguji. Ada sejumlah bug yang paling terlihat yang telah dikumpulkan nesabamedia.com dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. 

Tidak Bisa Memasang

Ketika Microsoft mengumumkan Build Pratinjau Windows 11 sebelumnya, mereka menjanjikan bahwa para pengguna yang telah tergabung dalam program Windows Insider di kanal Pengembang, bisa memasang Build Pratinjau Windows 11, meski mereka tidak memenuhi persyaratan minimal.

Namun ketika Build Pratinjau itu dirilis, banyak pengguna tidak bisa memasang versi Beta dari Windows 11 itu karena persyaratan perangkat keras yang belum terpenuhi. Menariknya lagi, pengguna yang memiliki perangkat keras modern dan telah memenuhi persyaratan, juga mengalami masalah yang sama. 

Microsoft pun rupanya telah merilis pembaruan pada aplikasi Settings untuk memperbaiki masalah itu. Untuk menerapkan perbaikan, tinggal merestart perangkat dan Build Windows 10 Insider akan bisa ditingkatkan ke Windows 11. 

Layout Windows 10 Lama Muncul

File Explorer di Windows 11 telah mendapatkan desain ulang dengan ikon-ikon yang berwarna dan kolom tindakan yang lebih ramping di bagian atas. Sayangnya, sejumlah pengguna menemukan bahwa File Explorer itu masih menggunakan skin klasik yang ada di Windows 10.

Untuk memperbaiki masalah ini, klik tombol View di menu opsi bagian atas, kemudian pilih Options, dan ketika dialog muncul klik View. Nantinya akan dimunculkan beberapa opsi yang bisa dipilih. Cari bagian “Launch Folder Windows in a Separate Process” dan kemudian hilangkan tanda centang. Kemudian klik Apply dan File Explorer akan mengalami restart. 

Pencarian Start Menu Tidak Bekerja

Bagi pengguna yang terbiasa membuka Start Menu untuk kemudian melakukan pencarian, mungkin akan mengalami bug yang menyebabkan Start Menu tidak mengenali tulisan yang diketik, yang kemudian membuat Start Menu error. 

Microsoft telah memahami masalah ini dan membagikan cara memperbaiki yakni dengan membuka dialog RUN (Windows + R) dan kemudian tutup kembali untuk mencegah error saat melakukan pencarian di Start Menu. 

Bug Lainnya

Sayangnya, ada sejumlah masalah lain yang muncul dan Microsoft telah mengetahuinya namun masih belum bisa memberikan perbaikan. Beberapa di antaranya yakni:

  • Taskbar tidak akan muncul di monitor ganda, namun akan diperbaiki di Build berikutnya.
  • Jendela pratinjau mungkin tidak akan menampilkan seluruh jendela ketika mengarahkan mouse ke Task View di Taskbar.
  • Beberapa setelan lama di halaman aplikasi Settings muncul, dan akan diperbaiki pada Build berikutnya.
  • Ketika menggunakan Quick Settings untuk memodifikasi pengaturan Accessibility, antarmukanya mungkin tidak akan tersimpan.
  • Microsoft tengah memperbaiki masalah yang mencegah menghapus penyematan dari Start, menjadikan kolom perintah di File Explorer menghilang, atau tersembunyi. Untuk memperbaikinya, coba lakukan restart pada perangkat PC.
  • Ikon aplikasi di panel Search mungkin tidak akan termuat, dan malah akan muncul kotak berwarna abu-abu.

Leave a Reply

Send this to a friend