• Our Partners:

Apple Mobeewave Kerjasama Payment iPhone

Apple Akuisisi Mobeewave, Jadikan iPhone Sebagai Alat Pembayaran

NESABAMEDIA.COMPengguna iPhone di masa mendatang kemungkinan bakal bisa melakukan transaksi kartu kredit dengan pihak lain, tanpa harus menyediakan peralatan khusus seperti mesin EDC. Pasalnya, Apple dilaporkan telah mengakuisisi startup bernama Mobeewave, sebuah startup asal Kanada yang memiliki teknologi mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran. 

Dalam akuisisi tersebut, Apple diketahui menggelontorkan dana sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1.4 triliun. Meski telah mengambil alih Mobeewave secara penuh, Apple tetap akan mempertahankan karyawan yang sebelumnya bekerja pada perusahaan startup tersebut. 

Secara teknis, teknologi yang dimiliki Mobeewave itu hanya membutuhkan sebuah aplikasi dan fitur Near Field Communication (NFC) yang tersemat pada perangkat ponsel. Jadi pengguna tidak perlu menyediakan aksesoris atau perangkat tambahan pada ponsel mereka. Pengguna hanya tinggal memasukkan jumlah transaksi pada aplikasi, kemudian menempelkan kartu kredit di ponsel. 

Sementara itu, meski pemberitaan ini cukup masif dengan nilai akuisisi yang fantastis, pihak Apple tidak banyak memberikan konfirmasi akan hal ini. Mereka hanya mengatakan bahwa strategi yang dilakukan pihaknya selama ini adalah membeli teknologi dari perusahaan kecil namun tidak akan membahas bagaimana tujuan atau rencana dibaliknya.

Apple memang kerap membeli teknologi dari sebuah perusahaan kecil atau startup dalam perjalanan bisnis mereka. Seperti pada awal tahun ini, di mana Apple membeli startup Seattle, Xnor.ai. Startup tersebut mengembangkan teknologi Artificial Intelligence yang bekerja pada perangkat pengguna, ketimbang melakukan proses melalui layanan Cloud. 

Kemudian juga mengakuisisi startup yang mengembangkan teknologi Virtual Reality, NextVR yang selanjutnya berhasil mendapatkan kerjasama dengan entitas olahraga seperti NBA. 

Sementara itu, nama Mobeewave memang kerap menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan raksasa sebelumnya. Seperti dengan Samsung pada tahun lalu, yang juga mengembangkan teknologi yang memungkinkan perangkat ponsel menjadi alat pembayaran.

Kerjasama antara Samsung dengan Mobeewave tersebut melahirkan sebuah aplikasi bernama Samsung POS. Tercatat, dalam beberapa bulan sejak perilisannya, setidaknya ada 10.000 merchant kelas menengah ke bawah di Kanada yang menggunakan aplikasi Samsung POS untuk transaksi mereka dengan pelanggan. 

Leave a Reply

Send this to a friend