Apple: Mode Lockdown di iOS 16, Blokir Akses Spyware

Apple: Mode Lockdown di iOS 16, Blokir Akses Spyware

NESABAMEDIA.COM – Apple dengan tegas menyatakan bahwa mereka akan segera merilis fitur Lockdown Mode di iOS 16. Pengguna yang dapat menggunakan mode ini, ialah hanya di perangkat iPad, iPhone, dan Mac. Ini akan membantu pengguna, untuk menghindari bahaya virus Spyware, Kamis (7/7).

Pengembangan teknologi keamanan dari Apple menyatakan bahwa, mereka sedang mengembangkan proteksi ekstrem, untuk setiap pengguna Apple yang terganggu dengan kebijakan pemerintah menggunakan Spyware untuk pelacakan. Tentu saja ini melanggar privasi pengguna.

Spyware sendiri dikenal sebagai salah satu virus, yang digunakan untuk melacak hingga memberikan informasi pribadi pengguna. Apple sebagai perusahaan yang sensitif dengan masalah keamanan, kini dengan cepat mulai bergerak menghindari hal privasi yang tidak diinginkan.

Fitur ini akan segera dirilis untuk pengguna iOS 16, untuk menghindari berbagai macam target virus yang mengancam pengguna iPhone diseluruh dunia. Spyware yang dibuat oleh beberapa perusahaan seperti Cytrox, Candiru, dan NSO Group ini dilaporkan memang telah masuk ke perangkat iPhone.

Sebagai perusahaan yang terkenal dengan keamanannya, Apple langsung bertindak dengan mencoba mengembangkan layanan untuk memblokir virus ini. Apple telah merencakan untuk segera merilis perbaharuan keamannya, untuk semua perangkat iPhone.

Penelitian dari keamanan Apple menyatakan bahwa, negara tidak memiliki wewenang untuk mengakses pesan, panggilan, mengunduh berkas, dan merekam percakapan pengguna iPhone untuk kebutuhan mereka. Semua akses kamera, hingga layanan GPS yang dilacak akan sangat melanggar kebijakan privasi Apple.

“Tidaklah masuk akal jika pemerintah mencoba untuk merekam pesan, panggilan telepon, mengunduh gambar, mengakses GPS, serta kamera pengguna, ini melanggar privasi,” kata Apple.

Merilis fitur Lockdown Mode akan memberikan akses terbatas kepada seseorang, untuk mencoba melacak pengguna iPhone, serta merekam berbagai macam aplikasi. Namun, pengguna iPhone juga akan merasakan beberapa batasan, seperti mengakses situs website yang lebih terbatas, hingga pembatasan sementara menggunakan layanan iMessage dan FaceTime.

Lockdown Mode juga akan mencegah berbagai macam konfigurasi yang tidak diketahui, yang mana dilakukan oleh Spyware. Sebut saja seperti mengubah profil keamanan, mengunduh media gambar dan video, hingga membocorkan data pribadi pengguna.

Apple mulai merilis fitur ini padfa iOS 16, iPadOS 16, dan MacOS Ventura yang mana dikabarkan akan segera dirilis pada tahun ini, bersamaan dengan beberapa produk iPhone dan Apple Watch terbaru.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend