Aplikasi Firewall Untuk Windows 10 Terbaik

10 Aplikasi Firewall Untuk Windows 10 Terbaik dengan Fitur Lengkap

Firewall secara arti garis besar mempunyai fungsi untuk memblokir koneksi internet pada program atau aplikasi tertentu. Dengan begitu, fitur dari firewall memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah untuk menghindari sistem dari serangan virus atau malware, untuk meningkatkan keamanan PC atau laptop, dan juga dapat menghemat kuota.

Firewall ini biasanya akan aktif pada konsisi tertentu, seperti saat Anda akan membuka aplikasi atau game yang baru saja Anda instal. Sebenarnya windows 10 sudah menyediakan firewall sendiri, tapi mungkin ada beberapa orang yang masih kurang puas dengan firewall yang disediakan windows.

Aplikasi Firewall Untuk Windows 10

Jika Anda kurang puas dengan firewall bawaan windows, Anda bisa menggunakan aplikasi firewall dari developer lainnya. Karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi firewall yang mendukung sistem operasi windows 10. Berikut ini beberapa aplikasi Firewall yang bisa Anda gunakan di Windows 10. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Comodo Firewall

Comodo Firewall

Comodo Firewall merupakan aplikasi firewall yang bisa Anda gunakan di windows 10. Aplikasi akan berusaha mengganti DNS Anda dengan Comodo Secure DNS jika Anda tidak menonaktifkannya.

File atau data yang mencurigakan akan dianalisis dengan teknologi yang berbasis cloud yang bisa mendeteksi malware, termasuk malware zero-day, secara instan. Jika Anda malware yang terdeteksi, aplikasi Comodo Firewall akan memberikan notifikasi kepada Anda.

Aplikasi Comodo Firewall mempunyai fitur yang bernama Sandbox untuk menjalankan software. Selama aplikasi dijalankan di dalam Sandbox, segala sesuatu yang dilakukannya tidak akan berpengaruh ke sistem. Hal pertama yang dilakukan adalah aplikasi yang ada di dalam Sandbox akan dipindai di cloud menggunakan antivirus. Jika tidak terdeteksi hal yang mencurigakan, maka aktivitas aplikasi tersebut selanjutnya akan dimonitor.

2. SimpleWall

SimpleWall

SimpleWall merupakan aplikasi firewall yang sederhana untuk mengkonfigurasi Windows Filtering Platform (WFP) yang bisa mengkonfigurasi aktivitas jaringan di PC atau laptop Anda. Aplikasi SimpleWall ini memiliki ukurang yang sangat ringan yaitu kurang dari satu megabyte.

Aplikasi ini dapat digunakan di sistem operasi Windows, mulai dari Windows Vista hingga Windows 10 saat ini. Aplikasi ini memiliki versi yang portabel sehingga sangat mudah untuk diinstal di PC atau laptop Anda. Aplikasi ini juga memiliki tampilan antarmuka yang sederhana tanpa ada iklan atau pop up yang menganggu. Dan tentunya aplikasi SimpleWall ini dapat Anda unduh secara gratis dan bersifat open source.

3. BiniSoft Windows Firewall Control

aplikasi firewall windows 10 terbaik

BiniSoft Windows Firewall Control merupakan aplikasi firewall untuk Windows yang sangat canggih yang dapat memperluas fungsionalitas Windows Firewall dan juga menyediakan fitur-fitur tambahan baru yang dapat membuat kinerja Windows Firewall menjadi lebih baik.

Aplikasi firewall untuk windows 10 ini berjalan di sistem tray dan memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengontrol firewall asli dengan mudah tanpa harus membuang waktu menavigasi ke bagian tertentu dari firewall. Aplikasi ini menawarkan empat mode filter yang dapat Anda aktifkan, yaitu:

  • High Filtering: Mode ini dapat memblokir semua koneksi yang keluar masuk.
  • Medium Filtering: Mode ini dapat memblokir koneksi keluar yang tidak cocok. Hanya program yang Anda izinkan yang dapat memulai koneksi keluar.
  • Low Filtering: Pengguna dapat memblokir program yang tidak ingin Anda izinkan untuk memulai koneksi keluar.
  • No Filtering: Hindari untuk menggunakan mode ini kecuali Anda mempunyai firewall lain yang berjalan di PC atau laptop Anda.

4. Bluehell Firewall

Bluehell Firewall

Bluehell Firewall merupakan aplikasi firewall yang bisa digunakan di berbagai platform, mulai dari Windows, MacOS, Linux, dan Android. Aplikasi ini cukup ringan yaitu hanya sekitar 30 KB saja dibandingkan dengan aplikasi firewall lainnya.

Aplikasi Bluehell Firewall ini dapat melakukan pemblokiran hard code yang mencapai sekitar 7000 .com dan domain .net yang dibuat secara otomatis dari Easylist. Aplikasi Bluehell Firewall ini dapat dipasang sebagai add on di Mozilla Firefox dan Google Chrome.

5. ZoneAlarm Firewall

ZoneAlarm Firewall

ZoneAlarm Free Firewall merupakan aplikasi firewall untuk windows yang dapat memblokir peretas agar tidak bisa menyusup ke PC atau laptop Anda dengan menyembunyikan komputer Anda dari lalu lintas jaringan yang tidak diinginkan.

Aplikasi firewall untuk windows 10 ini dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya penyusupan, sehingga PC atau laptop Anda akan terjaga dan terbebas dari virus yang dapat memperlambat kinerja, dan spyware yang mencuri informasi pribadi, kata sandi, dan data keuangan Anda.

Aplikasi ZoneAlarm ini memang terkenal dengan produk firewallnya yang dapat digunakan sebagai pengganti firewall bawaan dari Windows, tapi aplikasi ini juga mempunyai antivirus yang tidak dapat diremehkan kehebatannya sehingga dapat menggantikan antivirus yang mungkin saat ini Anda gunakan.

6. Windows 10 Firewall Control

aplikasi firewall untuk windows 10 terbaik

Windows 10 Firewall Control merupakan aplikasi firewall yang dapat melindungi aplikasi Anda dari aktivitas masuk dan keluar jaringan yang tidak diinginkan dan dapat mengontrol akses internet aplikasi.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol kebocoran informasi pribadi melalui pengendalian lalu lintas jaringan aplikasi.

Aplikasi ini juga dapat mencegah program yang tidak diinginkan dan pembaruan otomatis windows, mendeteksi dan menghentikan malware zero day, dan tentunya dapat meningkatkan keamanan dan privasi jaringan Anda. Aplikasi ini juga menyediakan logging mendetail dan pemberitahuan smua aktivitas jaringan aplikasi apa pun.

7. Windows Firewall Notifier

Windows Firewall Notifier

Windows Firewall Notifier (WFN) merupakan aplikai firewall yang dapat memperluas perilaku firewall yang sudah tertanam di Windows secara default.

Aplikasi firewall untuk windows 10 ini juga memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan dan menangani koneksi jaringan yang masuk atau keluar. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur diantaranya adalah dapat melakukan pemantauan bandwith, memberikan informasi adaptor, memanajemen status Windows Firewall, memberikan pemberitahuan secara popup untuk koneksi keluar yang tidak diketahui, serta melakukan pemetaan koneksi secara realtime.

8. Firewall App Blocker

Firewall App Blocker

Firewall App Blocker merupakan aplikasi firewall yang memiliki antarmuka yang sangat mudah digunakan untuk fitur lanjutannya. Aplikasi ini sangat mudah dalam melakukan prosesya, Anda hanya perlu drag and drop aplikasi yang ingin Anda blokir, atau Anda cara di hardisk dan memblokirnya melalui menu konteks.

Jika ingin mengizinkannya kembali, Anda hanya perlu memilihnya dan menekan tombol Hapus. Aplikasi Firewall App Blocker memiliki cara sederhana dalam memilih program mana yang akan diblokir. Sehingga banyak orang senang menggunakan aplikasi ini.

9. Free Firewall

aplikasi firewall untuk windows 10

Free Firewall merupakan aplikasi firewall profesional yang memiliki fitur lengkap yang dapat melindungi dari ancaman Internet. Anda dapat mengizinkan atau menolak akses ke internet. Aplikasi Free Firewall ini memberi tahu Anda saat aplikasi ingin mengakses Internet di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Anda memiliki kendali penuh atas aliran data keluar dari sistem Anda dan masuk.

Aplikasi Free Firewall ini membuat penggunanya menjadi lebih mudah dalam mengelola firewall. Free Firewall memiliki kehebatannya yaitu dapat dijalankan secara beriringan dengan firewall lainnya baik itu miliki windows ataupun developer lainnya.

10. Simple Firewall

Simple Firewall

Simple Firewall merupakan aplikasi yang dapat memanajemen firewall di Windows yang bisa mengelola akses internet untuk semua aplikasi di PC atau laptop Anda. Tampilan antarmukanya sangat intuitif dan penggunaannya juga sanat mudah. Anda hanya perlu memilih mode firewall, pilih aplikasi yang izin aksesnya ingin Anda ubah lalu klik tombol Terapkan Perubahan.

Aplikasi ini memiliki empat mode firewall yaitu:

  • Default Mode: Untuk mengizinkan akses Internet untuk semua aplikasi kecuali yang sudah Anda tentukan dalam daftar.
  • White List Mode: (Disarankan) Untuk memblokir akses Internet untuk semua aplikasi kecuali yang ditentukan dalam daftar.
  • Disable Firewall: (Tidak disarankan) Jika Anda ingin mematikan firewall dan mengizinkan semua aplikasi untuk mengakses internet tanpa batasan.
  • Block Internet Connection: Untuk memblokir akses internet untuk semua aplikasi tanpa kecuali.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi firewall untuk Windows 10. Silahkan Anda pilih aplikasi yang cocok untuk kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend