Apple Resmi Luncurkan iPhone 13, Harga Mulai 10 Jutaan

Apple Resmi Luncurkan iPhone 13, Harga Mulai 10 Jutaan

NESABAMEDIA.COMSetelah berbulan-bulan penuh rumor dan kabar simpang siur, Apple akhirnya secara resmi mengumumkan iPhone 13, menggantikan seri raksasa teknologi iPhone 12 yang dirilis tahun lalu.

iPhone 13 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, tetapi iterasi tahun ini menawarkan takik Face ID 20% lebih ramping di bagian atas smartphone. Seperti iPad Mini yang diumumkan sebelumnya pada acara peluncuran itu, iPhone 13 ditenagai oleh chip A15 Bionic. Apple mencatat bahwa A15 adalah chip 5nm dan merupakan CPU 6-inti, di mana dua di antaranya berkinerja tinggi, dan yang lainnya adalah empat inti efisiensi tinggi.

iPhone 13 Mini menawarkan layar berukuran 5,4 inci, sedangkan iPhone 13 menyertakan layar OLED 6,1 inci. Sementara model iPhone 13 Pro dan Pro Max menawarkan layar OLED 6,1 dan 6,7 inci, model Pro juga menyertakan kecepatan refresh yang lebih tinggi yakni, 120Hz. Jika anda menginginkan perangkat Apple dengan kecepatan refresh tinggi, anda harus membeli iPad Pro, yang juga menawarkan kecepatan refresh 120Hz.

Seperti yang diharapkan dari adanya penyegaran produk iPhone-nya, Apple memperkenalkan banyak perubahan dan peningkatan pada kamera. Kamera utama memiliki lensa sudut lebar 12MP dengan 1,7µm yang lebih besar, yang dapat menangkap 50% lebih banyak cahaya, menawarkan rentang dinamis yang lebih baik dan fotografi cahaya rendah yang lebih baik.

Kamera ultra-wide memiliki bukaan f2.4 yang lebih besar, dan kamera mendukung mode sinematik baru, memungkinkan anda untuk mengatur fokus di antara subjek saat merekam video. iPhone 13 Pro mengambil pemfokusan yang dapat dipilih dalam video menjadi selangkah lebih jauh dengan menambahkan peta kedalaman, yang akan memungkinkan pengguna untuk mengubah titik fokus dalam video mereka bahkan setelah mereka merekamnya.

Secara terpisah, iPhone 13 Pro dan Pro Max akan memiliki kemampuan untuk merekam hingga resolusi 4K pada 30 fps di ProRes, yang merupakan format video dengan kualitas lebih tinggi dan memberikan editor video lebih maksimal dalam mengedit pengambilan cuplikan di smartphone.

Untuk masa pakai baterai, Apple mengatakan iPhone 13 mendapatkan peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya, meskipun besarannya dapat bervariasi. iPhone 13 Mini diperkirakan memiliki waktu pengoperasian yang lebih lama yaitu 90 menit, sedangkan iPhone berukuran biasa diperkirakan akan bertahan 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12. Apple mengklaim iPhone 13 Pro akan bertahan hingga satu setengah jam lebih lama dari iPhone 12 Pro, sedangkan iPhone 13 Pro Max diperkirakan akan bertahan dua setengah jam lebih lama dari smartphone iPhone 12 Pro Max.

Seperti halnya seri iPhone 12, lini iPhone 13 akan menawarkan dukungan 5G. Apple berjanji bahwa kinerja 5G akan ditingkatkan dari jajaran tahun lalu dan seharusnya mendukung 200 operator di lebih dari 60 negara dan wilayah pada akhir tahun 2021.

Lini iPhone 13 mencakup empat model yakni, iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max, dengan harga mulai dari $699 atau sekitar Rp10 jutaan. Model iPhone 13 yang lebih terjangkau mencakup tiga konfigurasi penyimpanan: 128GB, 256GB, dan 512GB. Jika anda membeli model iPhone 13 Pro atau Pro Max, anda memiliki opsi untuk membeli konfigurasi penyimpanan 1TB. Lini iPhone 13 akan tersedia untuk pre-order mulai Jumat, tanggal 17 September, dan akan dirilis pada 24 September.

iPhone 13 adalah salah satu dari banyak sekian banyak event pengungkapan sebagai bagian dari event “California Streaming” Apple. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend