Fitur DirectStorage Juga Hadir Untuk Windows 10

Fitur DirectStorage Juga Hadir Untuk Windows 10

NESABAMEDIA.COMWindows 10 mungkin menjadi sistem operasi terbaik untuk bermain game saat ini, dan akan menjadi lebih baik lagi dengan hadirnya fitur DirectStorage. Ya, ini berarti bahwa Microsoft telah menarik keputusannya untuk membuat DirectStorage tetap eksklusif untuk Windows 11, sehingga orang-orang yang masih menggunakan sistem operasi yang lebih lama dari keduanya juga dapat menikmati fitur ini.

Apa itu DirectStorage?

Seperti yang pernah dibahas nesabamedia.com sebelumnya, DirectStorage adalah API penyimpanan yang bertujuan untuk mengurangi waktu pemuatan game dan pop-in tekstur dengan menghilangkan overhead streaming data. Dengan kata lain, DirectStorage memastikan GPU menerima data game lebih cepat tanpa melewati banyak hambatan.

Setiap kali game perlu memuat file tanpa DirectStorage, game tersebut harus meminta data terkompresi dari RAM. Data terkompresi ini kemudian masuk ke CPU untuk dilakukan dekompresi sebelum tersedia bagi GPU untuk rendering. Namun, DirectStorage menghilangkan kebutuhan ini untuk dekompresi CPU.

Akibatnya, setiap kali GPU meminta data menggunakan DirectStorage API, sejumlah besar data terkompresi bergerak langsung dari RAM ke GPU (VRAM). GPU kemudian mendekompresi data dan menampilkannya di layar.

Singkatnya, DirectStorage membuat game jauh lebih cepat dengan hampir menghilangkan waktu muat dan mengurangi tekstur pop-in.

Persyaratan Sistem untuk DirectStorage di Windows 10

Untuk bisa menggunakan fitur DirectStorage di Windows 10, pengguna memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak yang kompatibel agar dapat berfungsi.

Pertama, pengguna memerlukan PCIe 3.0 atau lebih tinggi seperti NVMe SSD. Ini adalah persyaratan minimum agar DirectStorage API berfungsi. Namun, SSD PCIe 4.0 direkomendasikan untuk performa maksimal.

Kedua, pengguna juga memerlukan GPU DirectX 12. Dengan demikian, GPU lama tidak akan dapat menggunakan DirectStorage. Ketiga, hanya Windows 10 versi 1909 ke atas yang akan mendukung DirectStorage saat tersedia. Jika pengguna sudah lama tidak memperbarui Windows 10, lakukan pembaruan terlebih dahulu sebelum mencoba mengaktifkan fitur tersebut.

DirectStorage Akan Lebih Baik di Windows 11

Tidak peduli seberapa bagus perangkat keras pengguna, DirectStorage tidak akan bekerja secara maksimal di Windows 10. Ini disebabkan oleh tumpukan penyimpanan Windows 10, yang tidak cocok dengan API baru.

Windows 11, di sisi lain, akan memanfaatkan DirectStorage secara maksimal dengan dukungan sistem yang ada. Jadi, jika pengguna ingin menjadi yang terdepan dalam bermain game, pengguna mungkin ingin meningkatkan ke sistem operasi baru.

Leave a Reply

Send this to a friend