Mengenal 8 Bagian-Bagian Proyektor yang Jarang Diketahui

Apa itu proyektor? Proyektor merupakan salah satu peralatan yang diperlukan ketika presentasi. Ada banyak orang, organisasi, maupun instansi yang sudah menggunakan proyektor.

Kehadiran alat ini merupakan salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi sehingga bisa membantu membuat presentasi berjalan lancar dan dapat ditangkap oleh semua orang.

Sama halnya dengan komputer, proyektor juga memiliki beberapa bagian di dalamnya. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri namun semuanya bekerja sama antara yang satu dengan yang lainnya sehingga mampu memberikan tampilan visual seperti yang kita inginkan. Artinya, tampilan proyektor tersebut di dalamnya menyimpan banyak pekerjaan yang dilakukan oleh komponen-komponennya.

Bagian-Bagian Proyektor

Berikut ini kami telah memiliki informasi penting mengenai apa saja bagian-bagian proyektor. Dari informasi ini nanti Anda akan memperoleh penjelasan bahwa ada bagian-bagian proyektor yang sebenarnya memiliki peran penting alias sentral dalam kinerja proyektor itu sendiri.

1. Power Supply

Bagian-Bagian Proyektor - Power Supply Proyektor

Bagian-bagian proyektor yang pertama kita mulai dari membahas power supply. Seperti namanya, power supply merupakan bagian yang berfungsi sebagai pemberi daya atau supplier sehingga nanti proyektor dapat menyala. Fungsi yang dimiliki oleh perangkat ini tidak jauh berbeda dengan fungsi yang ada pada komputer.

Ketika proyektor menerima tegangan listrik, maka tegangan tersebut akan masuk ke power supply. Kemudian power supply akan mengaliarkan daya atau aliran listrik yang diterimanya ke seluruh perangkat atau komponen yang ada di dalam proyektor. Dengan begitu, proyektor mampu menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik dan tanpa ada kendala apapun.

2. Mainboard

bagian-bagian proyektor

Apakah sama fungsi motherboard di komputer dengan yang ada di proyektor? Jika Anda perhatikan, bentuk dan mungkin ukuran dari mainboard komputer tidak jauh berbeda dengan mainboard yang ada pada proyektor. Fungsi dari bagian ini adalah untuk melakukan kontrol terhadap sistem yang berjalan di dalam proyektor.

Bagian ini yang berperan sebagai sentral atau titik pemasangan dan titik kerja dari semua perangkat yang ada di dalam proyektor. Dikarenakan fungsinya yang sentral, maka jika mainboard mengalami masalah, kemungkinan masalah tersebut akan berdampak pada perangkat atau komponen yang lainnya. Maka dari itu, sebisa mungkin mainboard jangan sampai rusak karena proyektor Anda malah tidak akan berfungsi.

3. Lensa

Di sini nanti Anda akan temukan dua jenis lensa, yakni lensa zoom maupun lensa fokus. Lensa zoom digunakan untuk membesarkan maupun mengecilkan suatu citra proyeksi.

Sementara lensa fokus digunakan untuk memfokuskan citra proyeksi. Jadi, ketika Anda merasa tampilan pada proyektor masih agak blur, maka Anda harus mengatur lensa fokus. Namun ketika ternyata tampilan layar masih kurang besar, maka gunakanlah lensa zoom.

4. Optical Engine

Optical engine merupakan bagian proyektor yang digunakan untuk mengalirkan cahaya. Kemana cahaya tersebut akan dialirkan? Tentu saja jawabannya ke layar. Namun perlu dipahami bawa optical engine memiliki dua fungsi, yakni untuk DLP dan juga LCD. Fungsi yang pertama adalah untuk mendistribusikan atau mengalirkan cahaya. Fungsi yang kedua adalah untuk memecah warna sehingga nanti akan ditemukan warna RGB (Red, Green, Blue).

5. LCD Panel

Bagian-Bagian Proyektor - LCD Panel

Apa fungsi dari LCD panel? Sebenarnya ada dua LCD dan DMD yang memiliki fungsi yang sama. Untuk LCD panel, bagian ini berperan penting dalam menampilkan gambar sebelum nanti akan diproyeksikan. Sementara untuk DMD chip juga berguna dalam menampilkan gambar, hanya saja proyekotr ini untuk yang tipe DLP.

6. Lampu

Kami yakin Anda sudah tahu letak dari lampu proyektor. Lampu merupakan bagian yang berguna sebagai sumber cahaya pada proyektor. Lampu inilah yang nanti akan menampilkan cahaya tersebut sehingga berbentuk gambar atau video sesuai dengan yang terdapat pada laptop maupun hp kita.

7. Ballast

bagian-bagian proyektor

Bagian-bagian proyektor yang juga tidak kalah penting adalah ballast. Lalu apa fungsi yang dimiliki oleh bagian ini? Ballast memiliki fungsi yaitu untuk memberi catutan pada tegangan listrik. Dengan begitu, maka lampu bisa menyala dan proyektor juga bisa memberikan informasi ke motherboard. Dengan begitu, motherboard bisa mengetahui jika memang ballast dapat bekerja dengan baik.

8. Fan / Kipas

Lalu apa fungsi kipas? Sebenarnya fungsi dari salah satu bagian-bagian proyektor yang satu ini sama dengan kipas yang ada pada komputer maupun juga laptop. Kipas atau fan pada proyektor digunakan untuk mendinginkan sistem proyektor agar supaya tidak cepat panas dan malah akan membuat proyektor mengalami masalah.

Fungsi Proyektor

Fungsi Proyektor Adalah

Setidaknya terdapat 3 fungsi utama dari pengguna proyektor, diantaranya:

Alat presentasi

Proyektor merupakan salah satu alat yang dibutuhkan ketika seseorang hendak melaksanakan presentasi. Untuk fungsi yang satu ini mungkin Anda juga merupakan salah satu orang yang pernah menggunakannya. Dengan adanya proyektor, maka Anda bisa menampilkan gambar, teks, animasi, maupun juga audio agar kemudian bisa dinikmati atau dipahami oleh para audiens.

Media informasi

Fungsi proyektor yang kedua adalah sebagai media informasi. Anda bisa membuat gambar atau bahan presentasi Anda menjadi lebih besar. Dengan begitu, maka para pendengar atau audiens bisa melihat gambar atau bahan yang akan Anda presentasikan tersebut dengan jelas.

Pemutar video

Fungsi yang ketiga dari adanya proyektor adalah digunakan untuk memutar video. Mungkin Anda akan menemukan fungsi ini ketika menonton di bioskop dimana film yang Anda tonton tersebut berasal dari proyektor yang berada di belakang. Maka dari itu, film bisa dinikmati oleh siapa saja yang ada di dalam bioskop tersebut.

Itulah beberapa informasi penting yang berkaitan dengan pengertian, fungsi dan juga bagian-bagian dari proyektor. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend