Apa itu Bahasa Pemrograman Dart? Mengenal Bahasa Pemrograman Dart

Apa itu Bahasa Pemrograman Dart? Mengenal Bahasa Pemrograman Dart

Bahasa pemrograman Dart adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose. Bahasa ini dirancang oleh Kasper Lund dan Lars Bak. Dart dikembangkan sebagai sebuah bahasa pemrograman aplikasi yang mudah dipelajari serta disebarkan.

Bahasa ini merupakan besutan Google yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai macam platform. Beberapa platform tersebut misalnya aplikasi mobile, web, server, maupun perangkat yang mendukung IoT atau Internet of Thing.

Bahasa pemrograman Dart bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi codebase tunggal yang akan menjadi aplikasi iOS maupun Android. Anda bisa menggunakan Dart secara bebas karena bersifat open source serta berada di bawah lisensi BSD. Bahasa ini merupakan bahasa berbasis class dan berorientasi objek dengan menggunakan sintaks bahasa pemrograman C.

Dart dikenal sebagai bahasa pemrograman yang menggunakan JavaScipt. Akan tetapi, bahasa ini sebenarnya masih bisa dikomplikasi ke dalam JavaScript menggunakan dart2 compiler. Namun berbeda dengan JavaScript yang bersifat statis karena Dart merupakan bahasa pemrograman yang bersifat dinamis.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Dart

Mengenal Bahasa Pemrograman Dart

Lalu apa saja kelebihan bahasa pemrograman Dart dibandingkan bahasa yang lain? Beberapa kelebihannya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

1. Fleksibel

Salah satu kelebihan yang dimiliki Dart adalah bahasa ini bersifat fleksibel. Seperti yang kami jelaskan bahwa Dart merupakan bahasa yang bersifat dinamis. Anda bisa mengkompilasi Dart dengan JavaScript menggunakan compiler yang sudah disertakan di dalamnya.

Bahasa ini memang dibuat agar para pengguna lebih mudah mengembangkannya dan sesuai pengembangan aplikasi modern. Bahkan Dart sudah bisa Anda gunakan meskipun sebelum melakukan kompilasi.

Selain itu, bahasa Dart juga sudah mendukung berbagai macam arsitektur, termasuk ARMv6, MIPS, ARMv6, IA-32, ARMv5TE, ARM64, dan X64. Selain itu, bahasa ini juga sudah mendukung pengembangan aplikasi mobile yang bisa digunakan untuk perangkat iOS maupun Android.

2. Berdiri Sendiri

Kelebihan dari bahasa pemrograman Dart adalah tersedianya SDK yang telah dibekali dengan berbagai tools. Salah satu tools tersebut adalah Dart VM. Tool ini digunakan untuk membantu para developer ketika menjalan kode di dalam tampilan command line.

Selain itu, di SDK juga terdapat dart2js compiler yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kompilasi Dart ke JavaScript. SDK tersebut juga sudah dilengkapi dengan manajer paket yang dinamakan pup. Pup inilah yang bisa Anda gunakan untuk memakai kode pihak ketiga maupun berbagai kodingan.

3. Concurrency

Dart merupkan bahasa yang memiliki kontruksi nyata yang berasal dari paralelisme dan concurrency. Bahasa ini dilengkapi dengan Dart Isolates yang membuat program-program di dalamya akan terisolasi tanpa harus melakukan pembagian memori. Akan tetapi, masih terdapat komunikasi. Setiap program pada bahasa pemrograman Dart minimal menggunakan satu isolasi.

Leave a Reply

Send this to a friend