Berkat Teknologi UTG Samsung, Google Bisa Bikin Smartphone Lipat

Berkat Teknologi UTG Samsung, Google Bisa Bikin Smartphone Lipat

NESABAMEDIA.COMTeknologi Ultra Thin Glass (UTG) buatan Samsung, menjadikan perusahaan itu mampu menghadirkan smartphone lipat, atau setidaknya teknologi UTG itu mampu menyumbang kontribusi sangat besar sehingga smartphone lipat menjadi lebih tangguh daripada sebelumnya. Kini, dikabarkan bahwa Samsung Display sedang menawarkan teknologi tersebut ke pabrikan smartphone lain, dan Google mungkin akan menjadi salah satu klien utamanya. 

Hingga berita ini dibuat, Samsung Display hanya memiliki satu klien untuk teknologi UTG dan itu adalah Samsung Electronics. Perusahaan ini menjadi pemain terbesar di pasar smartphone lipat saat ini dan kini juga mulai banyak pabrikan lain yang mencoba untuk menghadirkan smartphone lipat mereka sendiri, sebagai respon dari hadirnya tantangan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold. 

Berdasarkan sebuah laporan dari media asal Korea Selatan, Google tengah mengembangkan smartphone lipat mereka untuk bisa bersaing dengan Samsung Electronics, dan para pengamat industri meyakini bahwa Google akan mengadopsi teknologi OLED dan UTG milik Samsung Display. Meski untuk sekarang ini teknologi UTG iki secara ekslusif masih dimiliki oleh Samsung.

Informasi mengenai smartphone lipat Google ini sebenarnya sudah beredar sejak 2019 lalu. Dan Samsung saat itu juga dikabarkan telah mengirimkan sampel panel lipat ke Google dan juga Apple. Kabar sebelumnya juga mengkonfirmasi bahwa smartphone lipat buatan Google itu nantinya akan menggunakan kode ‘Passport’. 

Masih belum ada detail lebih lanjut mengenai smartphone lipat Google itu nantinya, dan faktor bentuknya tetap menjadi misteri, jadi hanya waktu yang bisa membuktikan apakah nanti Google akan memilih desain smartphone seperti cangkang kerang atau seperti buku, atau mungkin juga akan menghadirkan desain yang sama sekali berbeda dan baru. 

Tentu saja, pihak Samsung Display sendiri ingin lebih melakukan diversifikasi kepada para pelanggannya, yang berarti bahwa Google mungkin tidak akan menjadi satu-satunya klien UTG di tahun-tahun mendatang. Sementara itu divisi smartphone Samsung telah memulai produksi dari smartphone Galaxy Z Fold 3 secara massal untuk mengantisipasi peluncurannya yang dikabarkan akan dilakukan pada bulan Agustus. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend