• Our Partners:

Google Blokir Instalasi Aplikasi AnTuTu Benchmark

Berlanjut, Google Cap AnTuTu Sebagai Aplikasi Berbahaya

NESABAMEDIA.COMAnTuTu selama ini menjadi salah satu aplikasi benchmark paling populer, yang bahkan digunakan oleh brand-brand terkenal untuk menunjukkan seberapa powerful produk yang mereka miliki. Namun bagi Google, AnTuTu seakan menjadi aplikasi yang paling mereka benci. 

Google Play Protect sebuah sistem yang melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya, diketahui memblokir instalasi aplikasi AnTuTu dari ponsel pengguna. Google juga memberikan notifikasi kepada para pengguna yang mengunjungi situs AnTuTu yang menyebutkan di situs tersebut memiliki aplikasi yang berbahaya dan merugikan. 

Apa yang dilakukan Google terhadap AnTuTu ini seperti sebuah dendam kesumat. Padahal pada awal tahun ini, pihak Google telah menghapus aplikasi AnTuTu dari Play Store. Tidak diketahui dengan pasti kenapa Google begitu benci dengan aplikasi benchmark tersebut.

Informasi mengenai pemblokiran instalasi aplikasi benchmark itu pertama kali disebutkan oleh Xataka Android. Lebih lanjut disebutkan bahwa alasan utama Google adalah karena aplikasi itu termasuk dalam aplikasi berbahaya yang mengambil data pengguna dan melakukan pelacakan. 

Untuk membuktikan kabar tersebut, pengguna pun mencoba melakukan instalasi pada AnTuTu versi terbaru. Hasilnya, notifikasi Google Play Protect muncul dan mencegah proses instalasi aplikasi itu berlangsung. Namun ketika mencoba versi 8.3.4 ke bawah, notifikasi dari Google Play Protect itu tidak muncul.

Begitu juga ketika mencoba mengunjungi situs AnTuTu, muncul sebuah halaman merah berisi peringatan dari Google. Peringatan tersebut bertuliskan “Situs ini mengandung aplikasi yang sangat merugikan. Kode yang ada di situs ini bisa melakukan instalasi aplikasi yang mampu mengambil data pengguna dan digunakan untuk pelacakan.”

Google Vs AnTuTu

Google Vs AnTuTu

Setelah melihat dari uji coba di atas, memang kemungkinan besar Google mendeteksi adanya kode berbahaya seperti yang mereka maksud. Namun notifikasi yang diberikan terlalu samar, dan alasan yang diutarakan Google kurang begitu relevan.

Seperti yang diketahui, pada awal tahun ini, Google melakukan penghapusan terhadap aplikasi AnTuTu dari Play Store. Alasan pada waktu adalah karena aplikasi tersebut terkait dengan permasalahan dengan pengembang Cheetah-Mobile.

Meski pihak AnTuTu telah menyebut aplikasinya itu sama sekali tidak terkait dengan Cheetah-Mobile, namun pihaknya mengakui jika mereka salah satu pemegang saham di perusahaannya.

Leave a Reply

Send this to a friend