• Our Partners:

Versi Beta 2 Sudah Tersedia, Google Rilis Android 11 Pada 8 September?

NESABAMEDIA.COM – Dalam rangka pemantapan Android 11, Google meluncurkan versi Beta secara berkala. Terakhir, versi Beta pertama tersedia pada bulan Juni lalu.

Versi Beta bermanfaat untuk meninjau serta menguji Android 11. Hal ini juga membuat Google dapat mengumpulkan feedback atau masukan dari developer maupun pengguna terkait Android 11.

Lewat Android 11 Beta 2, Google terlihat berfokus untuk mewujudkan stabilitas dan kompabilitas aplikasi. Hal ini tidak mengherankan sebab peluncuran Android 11 semakin di depan mata.

Selain memperbaiki banyak bug, Google juga sedikit memperbarui tampilan antarmuka atau UI. Bug tersebut terkait dengan kontrol gesture serta tampilan keyboard yang dimunculkan dengan benar.

Pihak Google berencana untuk mengubah notifikasi pop-up overlay pada layar menjadi bubble atau bentuk lebih kecil. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan kemunculan maupun penghentian notifikasi. Pada Android 11 Beta 2, Google merealisasikan obrolan di dalam jendela gelembung disertai dukungan bubble.

Selain itu, terdapat pengubahan desain media player pada panel notifikasi kini sudah tersedia di bawah Quick Setting secara otomatis. Kontrol playback terbaru juga menerapkan tombol untuk mengatur output media pada perangkat pilihan pengguna secara cepat.

Pada Android 11 Beta 2, pengguna bebas merekam audio gadget sekaligus menggunakan microphone secara bersamaan. Pembaruan pada Share Sheet juga menghasilkan tampilan gabungan sistem yang lebih sederhana, mudah dimengerti, dan mudah dijalankan.

Perubahan kecil lain dapat dilihat ketika pengguna menyematkan pin pada aplikasi. Jika sebelumnya tanda pin tidak terlihat, kini Google menampilkan tanda pin pada aplikasi dalam Android 11 Beta 12.

Sayangnya, masih terdapat beberapa masalah pada Android 11 Beta 2. Beberapa pengguna ponsel Google Pixel 4 tidak dapat memanfaatkan OTA untuk kembali ke Android 4. Google juga menerima laporan masalah tidak stabilnya koneksi Wi-Fi.

Android 11 (Sumber: YouTube)

Untuk meninjau catatan terkait Beta 2, Anda dapat mengunjungi situs Android Developer. Google juga akan meluncurkan satu versi Beta lagi sebelum memasarkan Android 11. Tentunya ponsel Google Pixel menjadi produk pertama yang meyertakan Android 11.

Dalam ajang presentasi ,”Hey Google” Smart Home Summit, pihak Google sempat menampilkan tanggal peluncuran Android 11 pada 8 September. Namun saat ini video di YouTube tersebut sudah tidak bisa dilihat oleh publik. Selamat mencoba pembaruan Beta 2 dan menunggu rilisnya Android 11, ya!

Leave a Reply