• Our Partners:

Harga iPhone 12 Mahal

Harga iPhone 12 Diprediksi Bakal Lebih Mahal, Fans Apple Kecewa

NESABAMEDIA.COMJika sebelumnya banyak prediksi beredar menyebutkan iPhone 12 bakal lebih murah dari seri sebelumnya, yakni iPhone 11, mungkin kabar terbaru ini bisa bikin fans smartphone besutan Apple ini kecewa. Sebab, harga iPhone 12 justru kemungkinan besar akan lebih mahal dari iPhone 11. Terlebih, ponsel tersebut tidak akan dilengkapi dengan set earphone dan juga charger nantinya.

Hal ini datang dari pernyataan analis Apple, Jeff Pu yang menyebut harga iPhone 12 akan dirilis sekitar USD 749 atau Rp 10.500.000 untuk varian ukuran 5.4 inci. Harga tersebut lebih mahal USD 50 daripada harga iPhone 11 saat dirilis. 

Menurut Pu, penyebabnya adalah adanya teknologi 5G dan juga penggunaan OLED Display yang disematkan untuk seluruh seri iPhone 12. Sementara iPhone 11 hanya menggunakan teknologi jaringan 4G dan layar LCD.

Meski demikian, harga yang lebih mahal dari perkiraan awal itu masih bakal diterima oleh para pembeli. Walaupun para fans bakalan kecewa dengan besaran harga yang lebih mahal tersebut. Kondisi ini akan sejalan dengan rencana Apple yang bakal melakukan “supercycle” yang merujuk pada pembaruan besar-besaran produk iPhone pada tahun ini.

Sebenarnya, penggunaan teknologi 5G dan layar OLED memang sudah menjadi hal wajib bagi produk flagship seperti iPhone 12. Jika melihat produk-produk ponsel Android terbaru, teknologi itu sudah dipastikan bakal disematkan, tanpa harus menaikkan harga ponsel itu sendiri. Terlebih iPhone 12 juga tidak menambahkan aksesori tambahan seperti yang dilakukan pada seri-seri sebelumnya.

Harga sebesar USD 749 itu sendiri merupakan patokan harga termurah untuk iPhone 12 nantinya. Sehingga harga di atas angka tersebut bisa sangat mungkin terjadi. Harga yang lebih mahal itu kemungkinan besar bakal dijadikan harga acuan untuk varian iPhone 12 lainnya. Bahkan untuk varian iPhone 12 Pro Max harganya diprediksi bisa menembus USD 1.099 atau sekitar Rp 15 juta an. 

Namun meski demikian, harga iPhone 12 dengan banderol USD 749 masih dianggap lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel Android kompetitor seri itu yang dirilis pada tahun ini. Misalnya saja Google Pixel 5 yang dibanderol dengan harga USD 699, namun ponsel itu tidak bisa menjadi benar-benar sebuah ponsel premium.

Leave a Reply