• Our Partners:

Instagram Pinned Comment

Instagram Pinned Comment, Mungkinkan Pengguna Pilih Komentar Terbaik

NESABAMEDIA.COMInstagram mengumumkan secara resmi fitur terbarunya, Pinned Comment telah dirilis pada update terbarunya. Fitur ini sebelumnya memasuki tahap uji coba awal pada bulan Mei lalu. Dengan adanya fitur baru tersebut, pengguna bisa memilih tiga komentar terbaik untuk ditempatkan di posisi paling atas kolom komentar setiap postingan. 

Tak hanya sebagai sarana menaruh komentar terbaik di posisi paling atas, fitur Instagram Pinned Comment juga bisa dijadikan sarana menempatkan deskripsi yang panjang. Sudah diketahui, kolom caption pada setiap postingan memiliki jumlah karakter yang terbatas. Sehingga terkadang pemilik akun menaruh lanjutan di kolom komentar. 

Namun masalah lain yang muncul adalah lanjutan dari deskripsi itu tenggelam oleh komentar pengguna lainnya. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa tetap menempatkan komentar berupa lanjutan deskripsi post yang panjang di posisi teratas, sehingga memudahkan pengikut untuk membaca deskripsi yang diberikan.

Selain itu juga fitur Pinned Comment Instagram juga bisa dijadikan sarana untuk mengontrol komentar positif dan negatif yang diberikan pengguna lain. Misalnya dengan menempatkan komentar positif, sehingga komentar bernada negatif bisa tenggelam dan berada di bagian bawah komentar.

Untuk bisa menggunakan fitur baru ini, pengguna hanya tinggal melakukan swipe atau menggeser komentar pengguna lain yang akan dijadikan posisi teratas. Nantinya, fitur tersebut bakalan muncul bersanding dengan sejumlah menu pilihan lain yang bakalan muncul seperti melaporkan komentar, menghapus dan membalas komentar tersebut.  

Sejak beberapa tahun belakangan, Instagram terus aktif untuk mengembangkan sejumlah fitur dalam rangka perwujudan kebijakan mereka untuk melawan postingan-postingan negatif seperti rasisme, bullying dan informasi hoax. Pengembangan fitur-fitur ini dirasa semakin intens dikerjakan, saat berada di bawah kepemimpinan CEO Adam Mosseri.

Dari segi sistem teknis pun Instagram juga menggunakan teknologi baru. Seperti penggunaan teknologi Artificial Intelligence yang secara otomatis bisa memblokir komentar negatif. Termasuk juga teknologi yang memberikan notifikasi pengguna ketika mereka hendak menulis komentar yang dianggap termasuk dalam komentar negatif.

Fitur Pinned Comment memang tidak begitu efektif untuk melawan komentar-komentar negatif. Sebab dibutuhkan partisipasi dari pemilik akun itu sendiri untuk mengontrol komentar mana saja yang bisa ditempatkan di posisi teratas. Karena fitur itu tidak hadir secara otomatis.

Leave a Reply

Send this to a friend