Biografi Pendiri Tokopedia : William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

Siapa yang tidak mengenal Tokopedia? Salah satu situs jual beli online terbesar dan terkenal di Indonesia ini sampai sekarang masih menjadi tempat yang dipilih untuk membeli maupun berbagai macam produk.

Banyak produk dari segala merk dan segala harga dijual di sini. Barang yang dijual pun tidak sembarangan karena memang sudah dilakukan pengecekan terhadap kondisi barang tersebut agar supaya ketika sampai ke tangan pembeli benar-benar barang yang sesuai deskripsi produk dan kondisinya tidak rusak.

Akan tetapi, kesuksesan yang diraih oleh Tokopedia tidak bisa lepas dari tangan diri para pendirinya.  Ya, Tokopedia merupakan tempat jual beli yang didirikan oleh Wilian Tanuwiajaya. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang biografi beliau. Selain itu, kami juga akan memberikan penjelasan lain tentang Leotinus Alpha Edison, seseorang yang juga memiliki peran penting dalam berdirinya Tokopedia.

William Tanuwijaya

Biografi Pendiri Tokopedia - William Tanuwijaya

William Tanuwiajaya lahir pada 18 November 1981 di Permata Siantar. Sekarang dia tinggal di Jakarta yang mana dia merupakan lulusan Teknik Infomatika dari Bina Nusantara atau yang biasa kita kenal Binus. Kampus ini memang sudah banyak melahirkan lulusan terbaik yang telah membuat banyak terobosan yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

1. Profil William Tanuwiajaya

William Tanuwiajaya lahir di Sumatera Utara, tepatnya di Permata Siantar. Selama menempuh pendidikan sampai dengan SMA, William bersekolah di kampungnya dan baru setelah ia lulus SMA ia mulai memberanikan diri untuk pindah ke Jakarta demi tujuan melanjutnya studinya. Pada akhirnya, William Tanuwiajaya berhasil masuk ke salah satu kampus terbaik di Jakarta yaitu Binus Nusantara.

Selama menuntut ilmu di sana, ia juga sambil mencari pekerjaaan sampingan dengan tujuan agar dapat membayar biaya hidup dan biaya sekolahnya selama di sana. William muda kemudian mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai penjaga warnet yaitu mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam. Dia mulai bekerja kira-kira sejak semester II.

2. Awal Karir William Tanuwiajaya

Setelah William Tanuwiajaya berhasil lulus dari Binus, William mulai mengepakkan sayapnya dimana ia kemudian bekerja di salah satu perusahaan uang yang bergerak di bidang software development atau pengembangan perangkat lunak komputer. Kemudian dia mulai berpikir untuk bisa mendirikan dan memiliki perusahaannya sendiri. Pada akhirnya di tahun 2007 berhasil mendirikan Tokopedia yang mana pada dasarnya ide ini ia dapatkan ketika dipercaya menjadi moderator dalam forum yang berkaitan dengan jual beli online.

3. Usaha Untuk Mendirikan Tokopedia

Setelah ia sudah mematangkan idenya untuk membuat startup tersebut, kemudian William Tanuwiajaya mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk bersama-sama mendirikan Tokopedia. Tujuan dari startup ini sebenarnya simpel, yakni menghubungkan pembeli dan penjual dari seluruh Indonesia sehingga tidak terbatas jarak dan waktu.

Untuk bisa mewujudkan impiannya, tentunya William Tanuwiajaya harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Masa sulit mulai diawali ketika sang ayah divonis terkena kanker sehingga mau tidak mau William harus menjadi tulang punggung keluarga. Namun William tidak kehabisan akal diman ia mulai berusaha untuk mencari bantuan dana seperti belajar dari Facebook atau Google yang awalnya didanai melalui perusahaan ventura atau pemodal.

Setelah mencari investor dalam waktu yang cukup lama yaitu kurang lebih 2 tahun. Namun usaha keras yang dilakukan oleh William Tanuwiajaya dan Leotinus Alpha Edison terbayarkan sehingga pada 6 Februari 2009 mereka mendapatkan investor dan pada 17 Agustus 2009 merupakan tahu bersejarah bagi mereka berdua karena di tahun itulah Tokopedia diluncurkan.

Dari sinilah Tokopedia semakin berkembang dan semakin memperoleh dana dari para investor yang sudah mulai percaya dan tidak ragu lagi untuk menanamkan investasinya di sana. Bahkan pada 2014, Tokopedia memperoleh kucuran dana yang jumlahnya sangat besar yakni 100 juta Dollar dari Softbank Internet yang sebelumnya juga menaruh investasi pada Alibaba. Selain itu, Tokopedia juga memperoleh modal dari Sequoia Capital yang juga pernah memberikan modal untuk Google, Instagram, maupun Apple.

Leontinus Alpha Edison

Biografi Pendiri Tokopedia - Leontinus Alpha Edison

Siapa itu Leontinus Alpha Edison? Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa ia merupakan orang yang juga memiliki peran tidak kalah penting atas berdirinya Tokopedia. Kontribusinya bersama dengan William membuat Tokopedia bisa berdiri dan tetap masih bisa bersing meskipun sudah mulai banyak situs jual beli online yang berdatangan.

Leontinus Alpha Edison lahir di Pontianak pada 19 Maret 1981 yang sebenarnya ia merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia dan juga sekaligus menjadi pendiri dari Tokopedia. Leontinus sedari awal memang memiliki kemampuan dan mimpi yang besar untuk membuat sebuah marketplace terbesar yang ada di Indonesia yang bisa bertransaksi selama 24 jam. Selain itu, ia sebenarnya juga terinspirasi dari berbagai situs jual beli online di negara lainnya.

Mimpi membuat startup tersebut bertujuan agar penjual dan penjuli tidak hanya berasla dari Indonesia melainkan juga berasal dari negara lainnya sehingga akan semakin banyak produk yang dijual dan konsumen pun juga akan memiliki banyak referensi. Kesulitan dalam membangun impiannya ini tidak bisa dipungkiri. Namun dengan kerja keras, kerjasama, dan doa hingga pada akhirnya Tokopedia berakhir didirikan.

Hingga sekarang pun Tokopedia masih kokoh berdiri dan tidak kalah saing meskipun sudah mulai banyak perusahaan atau startup serupa di Indonesia yang juga menawarkan banyak produk dari berbagai amcam merk dan harga.

Demikian penjelasan seputar biografi para pendiri Tokopedia. Kedua tokoh ini telah berhasil mengharumkan nama Indonesia melalui impiannya yang menjadi kenyataan. Meskipun untuk meraihnya harus bersusah payah dengan penuh kesabaran dan ketekukan hingga Tokopedia bisa berdiri seperti sekarang ini.

Leave a Reply

Send this to a friend