Fitur Pengaturan Warna Tema Browser Microsoft Edge

Browser Edge Segera Dapatkan Fitur Pengaturan Tema Dalam Waktu Dekat

NESABAMEDIA.COMMicrosoft melakukan pengujian pada fitur pengaturan tema yang baru di browser Microsoft Edge. Fitur tersebut dikabarkan sudah tersedia dalam versi Canary, di mana fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengubah warna pada tema browser hanya dalam beberapa klik saja. 

Setelah sebelumnya mendapatkan inspirasi dari browser Vivaldi, dengan menambahkan dukungan baru tab di bagian sidebar, Microsoft mulai melakukan pengujian fitur pengaturan tema ke browser Edge buatan mereka. 

Microsoft Edge merupakan browser berbasis Chromium, inti yang sama yang digunakan oleh browser Google Chrome, Vivaldi, Brave dan juga Opera. Karena semua browser itu menggunakan inti pemrograman yang sama, satu-satunya perbedaan adalah faktor apakah pembuat browser itu mau menambahkan fitur yang sudah dikembangkan ke browser mereka atau tidak. 

Sebenarnya, Microsoft telah menambahkan dukungan agar pengguna bisa memasang tema browser Chrome di Edge pada tahun lalu, namun fitur baru kali ini memperkenalkan dukungan asli untuk pemilihan tema di browser. Semua tema browser berbasis Chromium terbatas untuk hanya bisa mengganti warna saja, karena antarmuka browser tidak bisa dimodifikasi. 

Microsoft Edge Canary versi 91.0.825.0 merupakan versi beta terbaru, terhitung saat berita ini dibuat, yang digunakan untuk menghadirkan fitur baru tersebut. Pengguna bisa mengetahui versi browser yang digunakan dengan mengakses halaman edge://settings/help. 

Berikut beberapa langkah untuk bisa mengaktifkan fitur baru kustomisasi tema di Edge tersebut:

  • Buka halaman edge://flags/#edge-color-theme-picker di kolom alamat browser
  • Atur fitur eksperimental menjadi aktif
  • Restart browser Edge

Setelah melakukan restart dan membuka kembali browser Edge, buka halaman edge://settings/appearance. Halaman itu seharusnya akan menampilkan tema-tema baru di bagian atas. 

Fitur Color Picker Theme Edge

Fitur Color Picker Theme Edge

Untuk saat ini, ada sekitar 14 tema yang sudah tersedia dan akan ditambahkan setelahnya. Pengguna bisa mengubah skema warna untuk antarmuka browser. Sayangnya, pilihan untuk membuat skema warna sendiri, seperti yang ada di browser Vivaldi, masih belum ada untuk browser Edge. 

Namun di halaman tersebut disediakan tautan untuk mengunduh dan memasang lebih banyak tema dari Microsoft Edge Add-on Store atau Google Web Store. Sebuah pilihan untuk mengembalikan tema ke default, juga disediakan pada halaman itu. 

Leave a Reply

Send this to a friend