Nonton Netflix di Laptop

Browser Terbaik Untuk Nonton Netflix, Bukan Chrome Ataupun Firefox

NESABAMEDIA.COMNonton Netflix kini telah menjadi trend di hampir seluruh kalangan, seiring dengan adanya wabah pandemi yang mengharuskan orang-orang tetap berada di rumah. Tak hanya menonton melalui televisi yang terhubung dengan smart box, banyak juga yang menonton Netflix melalui PC ataupun laptop. 

Ketika menonton melalui laptop dan PC ini, tentu akan menggunakan browser untuk bisa memutar film yang diinginkan. Lalu browser mana yang terbaik untuk nonton Netflix?

Chrome Bukan Browser Terbaik Untuk Nonton Netflix

Mayoritas pengguna laptop atau PC pasti menggunakan browser Google Chrome untuk aktivitas berselancar di dunia maya mereka. Namun meski dengan banyak sekali fitur dan dianggap paling stabil untuk aktivitas online, Google Chrome kurang begitu cocok dan maksimal digunakan sebagai sarana nonton Netflix. 

Chrome Bukan Browser Terbaik Untuk Nonton Netflix

Chrome Bukan Browser Terbaik Untuk Nonton Netflix

Menonton sebuah film, tentu akan terasa semakin puas jika kualitas gambar yang didapat adalah yang terbaik. Hal inilah yang tidak bisa maksimal disajikan oleh Google Chrome. Pasalnya, Netflix sendiri menggunakan aturan Digital Rights Management (DRM). Aturan ini membatasi besaran kualitas gambar film yang ditayangkan.

Lebih lanjut, masing-masing browser memiliki teknologi DRM yang berbeda pula. Untuk Chrome dan Mozilla, mereka menggunakan teknologi DRM yang standar bernama Widevine. Sayangnya, oleh Netflix Widevine ini dianggap kerap dijadikan pembajakan film-film mereka. Netflix pun tak mau film dengan gambar berkualitas tinggi mereka, begitu mudah dibajak dan ditayangkan ulang secara ilegal.

Oleh karena itu, meskipun sebuah memiliki kualitas UHD 4K namun jika diputar di browser yang menggunakan teknologi DRM Widevine, Netflix akan melakukan kompresi dan menurunkan kualitas gambar film tersebut. Kompresi dilakukan dengan maksimal kualitas gambar menjadi 720p saja. 

Jadi tidak peduli meskipun anda memilih film dengan kualitas UHD 4K, namun jika menggunakan Chrome atau Firefox, maka kualitasnya hanya sampai 720p saja.

Microsoft Edge dan Safari Yang Direkomendasikan

Berbeda halnya dengan Apple dan Microsoft yang menggunakan teknologi DRM yang jauh lebih susah untuk melakukan pembajakan, dibandingkan Widevine. Netflix pun memberikan apresiasi, dengan tidak melakukan kompresi atau penurunan kualitas gambar film mereka untuk browser besutan Apple dan Microsoft, yakni Safari dan Edge.

Microsoft Edge Browser Terbaik untuk Nonton Netflix

Microsoft Edge Browser Terbaik untuk Nonton Netflix

Jadi, bagi anda yang menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, disarankan untuk menggunakan browser Microsoft Edge. Sementara jika anda menggunakan Mac, lebih baik untuk menggunakan browser Safari untuk menonton Netflix.

Meski demikian, tetap dibutuhkan monitor dan VGA yang mendukung penayangan gambar dengan kualitas tinggi. Seperti, monitor yang mendukung teknologi 4K, CPU Intel generasi ke-7 atau prosesor lain sekelasnya, dan Windows 10 versi 1607 ke atas.

Bagi pengguna Windows 10, aplikasi Netflix yang ada di Microsoft Store sudah mampu menayangkan film dengan kualitas 4K. Jadi anda hanya tinggal melakukan instalasi seperti biasa saja. Sementara untuk pengguna Mac, setidaknya harus menggunakan macOS versi minimal 10.10 ke atas.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend