• Our Partners:

Bug Windows 11 KB5013943 Disebabkan Driver Antivirus, Sophos Berikan Perbaikan

Bug Windows 11 KB5013943 Disebabkan Driver Antivirus, Sophos Berikan Perbaikan

NESABAMEDIA.COMWindows 11 dilaporkan mengalami crash karena adanya kesalahan pada driver, di mana beberapa driver itu adalah komponen yang penting untuk kelancaran dan fungsi platform antivirus.

Perusahaan keamanan siber Sophos baru-baru ini merilis perbaikan untuk memperbaiki BSOD yang terjadi secara acak akibat bug tersebut. 

Windows 11 Patch Tuesday bulan Mei KB5013943 dikeluhkan menyebabkan banyak masalah. Tampaknya pembaruan itu menyebabkan banyak aplikasi tidak berfungsi, menghasilkan masalah Black Screen, BSOD dan banyak lagi. 

Lebih lanjut Sophos menjelaskan bahwa crash di Windows 11 terjadi secara acak, yang mengakibatkan terjadinya BSOD, yang disebabkan oleh driver yang salah. Menariknya, beberapa driver yang menjadi sumber masalah itu, sangat dibutuhkan keberadaannya oleh antivirus. 

Dalam postingan di blognya, Sophos juga menyertakan perbaikan untuk masalah tersebut. Meski demikian, perbaikan masalah BSOD Windows 11 itu hanya bisa digunakan oleh pengguna yang menggunakan layanan Sophos. 

Beberapa pengguna Windows 11 yang menerima pembaruan bermasalah itu mengklaim, terjadinya BSOD berlangsung sangat singkat. Hal tersebut membuat pengguna hampir mustahil untuk membaca kode kesalahan yang ditampilkan. Beberapa pengguna, telah melaporkan melihat pesan error “APC_INDEX_MISMATCH”. Pesan error yang samar ini rupanya juga membuat pengguna sulit untuk mencoba melakukan perbaikan.

Karena pembaruan Windows 11 KB5013943 bukanlah pembaruan opsional, kemungkinan besar banyak pengguna Windows 11 yang mengalami masalah crash secara acak ini. Sophos mengklaim bahwa pelanggannya seharusnya tidak mengalami masalah yang sama, karena perbaikan sudah mereka kirimkan.

Sementara itu, perusahaan antivirus lainnya belum memberikan perbaikan atau solusi sementara untuk masalah BSOD yang mengganggu Windows 11, setelah memasang pembaruan KB5013943 itu. Sophos yang mengklaim telah menemukan akar masalah dan cara untuk memperbaiki, berharap perusahaan dan pengguna lain bisa mengikuti petunjuk perbaikan yang mereka sediakan.

Berikut langkah yang disarankan Sophos untuk memperbaiki masalah tersebut.

  • Tunda pembaruan Windows untuk mencegah pemasangan pembaruan
  • Buka halaman Settings → Windows Update
  • Tunda untuk 7 hari ke depan
  • Buka Control Panel
  • Klik Program and Features
  • Klik View Installed Updates
  • Cari KB5013943 dan copot

 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend