Sudah Tahu Cabang-Cabang Seni dan Contohnya? Penjelasannya Disini!

Dunia kesenian sangat beragam jenisnya. Sehingga setiap jenisnya memiliki ciri khas masing-masing yang unik dan menarik. Tidak semua orang menyukai seni, namun pada dasarnya setiap orang memiliki keunikan masing-masing dalam menciptakan seni.

Tidak terbatas pada seni yang mereka hasilkan, akan menjadi suatu karya yang menarik untuk dilakukan. Sebuah karya seni yang dihasilkan dapat berupa lukisan, musik, dan hasil lainnya yang beragam. Sehingga yang dikatakan sebagai seni tidak terbatas pada seni musik dan seni lukis saja, masih banyak jenis seni lainnya yang menarik.

Cabang-Cabang Seni dan Contohnya

Berikut merupakan cabang-cabang seni dan contohnya sehingga dapat mempermudah pemahaman anda:

Cabang Seni ke-1 : Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang banyak digemari masyarakat. Seni rupa berfokus pada hasil karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Biasanya seni rupa bisa menghasilkan produk seperti lukisan, patung, relief, dan sebagainya.

Seni rupa menghasilkan produk yang berwujud dan dapat dinikmati dengan dilihat ataupun disentuh. Sehingga dengan seni rupa bisa dijadikan hiburan tersendiri bagi orang-orang yang suka seni. Seni rupa terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan dimensi karyanya, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Seni Rupa 2 Dimensi

Cabang-Cabang Seni Rupa

Seni rupa 2 dimensi merupakan karya seni yang dapat dilihat dari satu sudut pandang. Sehingga karya seni rupa 2 dimensi biasanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Karya seni rupa 2 dimensi dapat berupa seni lukis, seni grafis, relief, dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh karya seni rupa 2 dimensi.

Sedangkan karya seni rupa 3 dimensi merupakan jenis karya seni yang dapat dlihat dari berbagai arah. Karya seni ini memiliki ruang dan volumenya masing-masing. Tergantung dari ukuran masing-masing karya seni.

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa Patung

Karya seni rupa 3 dimensi memiliki keunikan masing-masing, keindahan produknya dapat membuat kita terkagum dan terhibur dengan adanya karya seni tersebut. Contoh dari karya seni 3 dimensi adalah seperti seni patung, seni arsitektur, seni keramik, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan seni rupa 3 dimensi.

Cabang Seni ke-2 : Seni Tari

Cabang-Cabang Seni tari

Seni tari merupakan salah satu cabang seni yang membutuhkan keuletan dan sabar dalam berlatih. Seni tari menggunakan gerakan tubuh dengan diiringi oleh irama musik yang telah disesuaikan. Seni tari memiliki keunikan masing-masing, karena biasanya seni tari memiliki cerita unik dan sejarah didalamnya.

Hal tersebut terdapat pada seni tari daerah yang menjadi salah satu ciri khas dari masing-masing daerah di Indonesia bahkan di Dunia. Seni tari merupakan jenis seni yang sangat menggunakan alunan irama, dan perasaan sang penari. Sehingga kolaborasi yang tercipta menjadi seni tari yang indah dan sesuai dengan iramanya.

Adanya seni tari ini dapat menimbulkan daya pesona tersendiri. Hal ini dikarenakan, seni tari harus diiringi oleh berbagai perasaan dan emosional sehingga dapat menjiwai jenis tari yang dibawakan. Saat membawakan seni tari penting untuk memperhatikan kostum yang akan digunakan. Karena pada dasarnya, setiap jenis tarian memiliki ciri khas kostumnya masing-masing. Berikut merupakan contoh dari seni tari: Tari Kecak dari Bali, Tari Jaipong dari jawa barat, dan lain sebagainya.

Cabang Seni ke-3 : Seni Musik

Seni Musik

Seni musik merupakan jenis cabang seni yang bergantung dengan alat musik dan irama yang dihasilkan. Seni musik sangat bergantung dari suara dan irama yang dihasilkan dari berbagai macam alat musik yang digunakan.

Seni musik sangat dikenal sebagai salah satu sarana hiburan yang paling digemari oleh masyarakat bahkan di dunia. Dengan melalui musik, rasa dan emosi bisa disampaikan dengan penuh perasaan melalui alunan suara, musik dan dentuman alat musik yang digunakan. Serangkaian nada dihasilkan dengan harmoni yang selaras hingga dapat menghasilkan nada-nada yang indah.

Jenis musik yang bisa ditemui dimana saja sangat beragam. Mulai dari musik yang dramatis, hingga musik masa kini yang disukai kaum millenials. Dengan melalui musik atau lagu yang disampaikan, bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan dari hati.

Sering kali bahwa lagu-lagu yang dihasilkan dalam seni musik dapat menjadi perwakilan suasana hati yang saat itu dirasakan. Sehingga dengan mendengarkan musik, dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran anda. Namun juga bisa saja sebaliknya, karena suasana hati setiap orang akan berbeda. Contoh dari seni musik adalah musik pop, jazz, rock, tradisional, dan lain sebagainya.

Cabang Seni ke-4 : Seni Sastra

Cabang-Cabang Seni Sastra

Seni sastra dikenal dengan seni yang menggunakan bahasa sebagai media penyampaian pesannya. Media yang dimaksudkan adalah wadah atau perantara untuk menyampaikan informasi atau pesan yang tertulis.

Baik itu tersirat maupun tersirat dalam suatu tulisan. Seni sastra memiliki penggambaran imajinasi, sangat berseni, dan sangat mementingkan keindahan. Hal ini agar karya sastra dapat menjadi karya yang indah untuk setiap orang. Sehingga dapat menghasilkan karya sastra yang arstistik dan karya yang unik.

Seni sastra dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan bentunya, yaitu prosa, sastra, dan drama. Prosa merupakan karya seni sastra yang tidak terikat dengan irama, rima, diksi, dan kemerduan bunyi. Karya prosa biasanya lebih digunakan untuk majalah, novel, surat kabar dan lain sebagainya.

Puisi merupakan karya sastra yang sangat terikat dengan pemilihan diksi, sehingga menghasilkan kata-kata yang indah dan penuh makna. Puisi dapat menggambarkan suatu peristiwa atau suasana hati seseorang. Sehingga pemilihan kata yang dilakukan harus tepat. Sedangkan untuk Drama merupakan karya seni yang berupa gabungan antara dialog dan pembawaan aktor. Drama bisa dilakukan secara monolog ataupun dengan melibatkan banyak pemeran.

Cabang Seni ke-5 : Seni Teater atau Drama

Seni Drama

Semakin berjalannya waktu, karya seni drama terus mengalami inovasi sehingga dijadikan satu cabang seni tersendiri. Hal ini dikarenakan seni drama memiliki banyak jenisnya. Seni drama merupakan perpaduan antara gerak dalam bercerita dan alunan irama yang mendukung. Sehingga memerankan drama membutuhkan banyak latihan dan usaha agar bisa tampil maksimal.

Dalam seni drama atau teater membutuhkan kerjasama tim yang kompak agar dapat membawakan peran masing-masing dengan maksimal. Selain itu, dengan adanya seni drama, kreativitas dapat diasah sehingga dapat menciptakan drama yang spektakuler.

Pembawaan drama lebih baik sangat disesuaikan dengan perasaan yang terdapat pada jalan cerita, sehingga dapat merasakan bagaimana suasana alur cerita yang dipentaskan. Contoh drama yang bisa diperankan adalah drama yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari, drama yang bertemakan khayalan atau cerita legenda, dan lain sebagainya.

Beragam seni yang terdapat diseluruh penjuru dunia menjadikan seni sebagai hal yang unik dan otentik. Terkadang tidak semua orang tertarik pada kesenian, sehingga banyak bakat terpendam yang belum tereksplor lebih dalam. Tidak hanya itu saja, pemahaman mengenai cabang-cabang seni ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda terkait seni dan cabang-cabangnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend