• Our Partners:

Cara Download File Banyak Sekaligus

Begini Cara Download File Banyak Sekaligus Tanpa Ribet, Yuk Disimak!

NESABAMEDIA.COM – Hampir semua file di internet bisa didownload, kecuali file-file pribadi seperti file-file di cloud storage yang tidak dibagikan dengan siapa pun atau foto-foto di media sosial yang albumnya dikunci. Jenis file yang umum didownload adalah file-file PDF, EPUB dan MOBI yang biasa digunakan untuk ebook, file-file audio seperti MP3 dan WAV, video yang didownload dari YouTube atau situs berbagi video lain dalam format MP4 atau MKV, file-file EXE yang memuat installer untuk berbagai jenis software, serta ZIP dan RAR.

Cara download file pun tidak sulit. Setelah mengklik link, file akan langsung didownload dan disimpan di dalam folder default. Setiap browser juga menyediakan opsi untuk menampilkan kotak dialog Save As sebelum download dimulai agar pengguna bisa merubah nama file dan menyimpan file ke folder lain.

Sekalipun mudah, kadang perlu kesabaran saat download file. Pasalnya, lama waktu yang dibutuhkan untuk download file tidak selalu sama. Faktor penentunya adalah ukuran file itu sendiri, koneksi internet masing-masing pengguna, dan server yang menyediakan file tersebut. Makin besar ukuran file dan makin lemot koneksi internet, maka makin lama pula downloadnya. Server yang bermasalah pun bisa menyebabkan kecepatan download jauh lebih rendah daripada biasanya.

Cara Download File Banyak Sekaligus dengan Mudah

File bisa didownload satu per satu, bisa pula didownload banyak sekaligus. Katakanlah ada 10 file yang perlu didownload, daripada melakukannya secara bergiliran, lebih baik semua file tersebut didownload dalam waktu yang bersamaan.

Jumlah file yang bisa anda download secara serentak biasanya tidak dibatasi. Selama kapasitas harddisk masih mencukupi, anda bisa download file sebanyak mungkin. Berikut ini langkah-langkah cara download banyak file sekaligus dengan mudah.

1. Untuk dapat mendownload banyak file sekaligus, kita bisa memanfaat add-ons atau extensi yang bernama DownThemAll yang bisa didownload melalui link ini (Pengguna Google Chrome) dan link ini (Pengguna Mozilla Firefox). Pada tutorial kali ini saya menggunakan Google Chrome. Selanjutnya anda pilih Add to Chrome.

Cara Download File Banyak Sekaligus dengan DownThemAll

2. Setelah itu anda pilih Add extension untuk menambahkan ekstensi DownThemAll.

Download File Banyak Sekaligus 2

3. Buka halaman website dimana anda ingin mendownload file-file di dalamnya. Pada halaman artikel ini terdapat beberapa link download aplikasi edit video untuk PC. Saya ingin mendownload link-link tersebut sekaligus. Tinggal klik ikon DownThemAll seperti yang ditunjuk tanda panah.

Cara Download File Banyak Sekaligus di Google Drive

4. Kemudian pilih DownThemAll.

Download File Banyak Sekaligus 4

5. DownThemAll akan melakukan grabbing terhadap link-link yang terdapat pada halaman tersebut. Perlu diingat, tidak semua link tersebut merupakan link download. Anda harus melakukan filter terlebih dahulu, misal anda ingin mendownload aplikasi Windows otomatis file yang didownload biasanya memiliki format .exe atau .msi (beberapa kasus ada juga yang .zip atau .rar).

Maka dari itu, pada kolom Filter, anda pilih Software. Anda juga bisa mencentang file mana saja yang ingin didownload. Jika sudah, anda klik tombol Download.

Cara Download File Banyak Sekaligus dengan IDM

6. File-file tersebut akan didownload secara bersamaan seperti gambar dibawah ini. Loh mas kok ada yang merah? Ada beberapa kasus dimana link download terdeteksi oleh IDM sehingga file tersebut didownload menggunakan IDM dan membuat status progress pada ekstensi DownThemAll menjadi merah. Tidak apa-apa kok itu.

Download File Banyak Sekaligus 6

Penutup

Seperti itulah cara download banyak file sekaligus dengan bantuan ekstensi yang bernama DownThemAll. Jika anda memilih untuk download file satu per satu, maka anda harus berkali-kali mengulang langkah-langkah download untuk setiap file. Klik sebuah link, tunggu sampai download selesai, lalu klik link berikutnya, tunggu lagi, dan begitu seterusnya. Akibatnya anda mungkin akan sulit memusatkan konsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan.

Lain halnya kalau anda memilih untuk download banyak file sekaligus. Semua file dimasukkan ke dalam daftar download, lalu biarkan semua file tersebut didownload sampai selesai. Karena semua file yang ingin didownload sudah dimasukkan sejak awal, maka anda pun bisa berkonsentrasi penuh terhadap pekerjaan atau meninggalkan komputer untuk tidur.

Leave a Reply