• Our Partners:

Rayakan Ultah EMUI ke-8, Huawei Perbarui Edisi 11 Pada Q3 2020

NESABAMEDIA.COM – Tahun ini, sistem antarmuka pengguna (user interface) buatan Huawei yaitu EMUI akan memperingati tahun kedelapan beroperasi dengan meluncurkan edisi ke-11.

Pembaruan edisi EMUI dipaparkan langsung oleh Presiden Huawei Consumer Business Software yakni Dr.Wang Chenglu. Penjelasan ini dilakukan ketika ia menjelaskan kilas balik kecanggihan EMUI dari masa ke masa. Ia juga menambahkan bahwa EMUI 11 akan dipamerkan pertama kali dalam acara Huawei Developer Conference 2020 (HDC 20) yang akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

Pada EMUI 11, Huawei akan menerapkan teknologi terdistribusi sebagai keunggulan pembeda dari edisi sebelumnya. Sistem antarmuka ini dirancang untuk sistem operasi terbaru yakni Android 11. Jika meninjau implementasi EMUI, masih banyak ponsel yang belum mendapatkan pembaruan tampilan pendahulu edisi ke-11 yaitu EMUI 10 dan EMUI 10.1.

Karena akan diluncurkan bersamaan dengan Huawei Mate 40 pada kuartal ketiga tahun ini, ponsel itu sangat mungkin menjadi produk pertama yang menjajal EMUI 11. Terdapat pula bocoran daftar ponsel yang akan diperbarui oleh EMUI 11, seperti Huawei P30, P30 Pro, Nova 5z, Nova 5T, Nova 6 5G, Mate X, Mate 30, dan Mate 30 Pro.

EMUI 11

Dengan EMUI 11, Huawei diharapkan merealisasikan tampilan yang lebih interaktif dan user-sentris. Hal tersebut dapat dilakukan melalui perbaikan untuk beberapa aspek yang dikritik pada EMUI 10, misalnya desain mode gelap yang flat. Saran utama yang banyak diajukan ialah desain 3D untuk desain UI serta gestur untuk navigasi yang lebih mulus namun tetap interaktif.

Perbaikan yang pasti adanya ialah integrasi dengan Huawei Mobile Services (HMS) dimana menggantikan Google Mobile Services (GMS). HMS sendiri menyediakan Mobile Cloud, HiCare, Themes, hingga AppGallery yang bebas diakses dengan HUAWEI ID. Hal ini merupakan ekosistem ideal sebagai terobosan baru dari Huawei bagi ponsel layaknya Google yang menyediakan Gmail dan Maps.

Hingga saat ini, perkiraan waktu spesifik mengenai kehadiran EMUI 11 ialah bulan September. Jika ingin menikmati UI teranyar dari Huawei, Anda sebaiknya juga mengikuti perkembangan berita maupun acara yang akan digelar pada kuartal ketiga. Selamat menanti pembaruan tampilan dari Huawei, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend