Demi Sensor 5G, TSMC Ekspansi Kerja Sama Dengan Sony

NESABAMEDIA.COM – Sebagai salah satu perusahaan manufaktur semikonduktor terbesar di dunia, TSMC bertekad untuk mengembangkan sensor 5G melalui kerja sama strategis dengan Sony. Lebih spesifik, pihak yang digaet ialah Sony CIS (CMOS Image Sensor) yang menerima proyek fantastis tersebut.

Perlu diketahui bahwa Sony merupakan pemasok CMOS Image Sensor terbesar yang diikuti oleh Samsung dan OmniVision. CIS tersebut merupakan penyedia fungsi kamera pada smartphone maupun produk lain seperti mobil, kamera keamanan, alat medis, dan masih banyak lagi. Sensor gambar ini diandalkan sebagai produk yang laris manis pada era 5G.

Dengan adanya permintaan ponsel 5G yang terus meningkat, Sony pun mulai merasa tidak mampu untuk memenuhi tuntutan pasar. Padahal sebelumnya Sony terbiasa untuk menerapkan strategi internal dalam produksi sensor CIS.

Akhirnya pada Desember 2019 lalu, TSMC mulai mengerjakan pesanan CIS Sony. Jika hal tersebut tidak terjadi, bisa jadi Sony akan kalah dalam persaingan karena banyak perusahaan yang sudah berlomba-lomba untuk menjalankan pengujian sekaligus memperbesar kapasitas pengemasan CIS, bukan hanya Samsung dan OmniVision saja melainkan juga Sharp, ON Semi, STMicroelectronics, GalaxyCore, SK Hynix, hingga Panasonic.

TSMC pun merespon positif permintaan Sony dimana telah membangun kapasitas pengemasan CIS di wilayah Zhunan, Taiwan. Dengan peresmian awal pada bulan ini, pihak TSMC berambisi untuk merampungkan proyek senilai 10 milyar dolar itu pada pertengahan 2021. Hal ini menjadikan proyek CIS sebagai aktivitas produksi terbesar yang digarap oleh TSMC.

Ponsel 5G Sony

Untuk menggarap pesanan “high-end” CIS dari Sony, TSMC dikabarkan sudah menyiapkan jalur produksi 14B fab. Teknologi produksi ini ditujukan untuk wafer 300 mm dengan litografi 12 nm, 14 nm, dan 16 nm yang biasa dimanfaatkan untuk chip ternama di dunia seperti MediaTek, NVIDIA, HiSilicon, dan AMD.

Produk berbasis 5G masih terus diminati masyarakat meskipun pandemi masih berlangsung. Selain lebih canggih, pengguna dapat menikmati fitur sensor kamera yang mendekati keadaan senyata mungkin. Jika Anda termasuk ke dalam orang yang menantikan sensor gambar ala 5G, jangan lupa untuk menanti perkembangan produk yang menyertakan inovasi itu, ya!

Leave a Reply

Send this to a friend