Apa itu Jaringan 5G? Kenali Pengertian Jaringan 5G Serta Penemu, Kelebihan Dll

Apa itu Jaringan 5G?

Apa itu Jaringan 5G? Jaringan 5G adalah

Smartphone yang kita gunakan ini tidak lepas dari yang namanya sinyal. Sinyal pada smartphone semakin lama semakin mengalami peningkatan. Sekarang sudah ada istilah baru yakni 5G yang tentunya merupakan jaringan yang lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Namun sebenarnya apa sih pengertian dari jaringan 5G.

Jaringan 5G adalah sebuah istilah yang diberikan untuk sinyal generasi kelima yang mana nama 5G sendiri merupakan singkatan dari 5 Generation.

Banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh para pengguna 5G dibandingkan yang masih menggunakan jaringan 4G, salah satuya adalah kecepatan. Kecepatan tersebut bisa kita manfaatka untuk berbagai keperluan seperti download, upload, streaming, maupun hanya sekedar browsing.

Penemu Jaringan 5G

jaringan 5g

Setiap teknologi yang ada sudah tentu mempunyai penemunya. Artinya, ada orang yang berjasa untuk menciptakan sebuah teknologi tersebut sehingga dapat kita nikmati manfaatnya hingga sekarang. Lalu apakah Anda tahu siapa penemu jaringan 5G? Adapun seseorang yang sangat berjasa menemukan 5G adalah Michael Lemke.

Pria yang berkewarganegaraan Jerman tersebut merupakan seseorang yang bergelar PhD di bidang Fisika. Menurut informasi bahwa pria tersebut telah terjun di dunia telekomunikasi selama kurang lebih 24 tahun. Sudah tentu banyak pengalaman yang telah beliau miliki. Sekarang Michael Lemke juga merupakan ahli teknologi senior untuk salah satu brand smartphone terkenal, yakni Huawei.

Di awal persiapan pembuatan 5G, Jerman sudah memulai persiapannya yakni dengan melalui Dresden University of Technology yang mana projek jaringan 5G pertama kali dimulai pada tahun 2016. Di sini Anda akan menemukan sebuah laboratorium khusus yang bernama 5G Lab Germany. Projek 5G dibantu oleh setidaknya 22 profesor yang sudah diakui kemampuannya, 600 karyawan, dan juga berbagai provider internet seperti Erricson, Vodafone, Bosch, dan juga Nokia.

Projek tersebut dipimpin oleh seseorang yang bernama Frank Fitzek yang berasal dari Deutsche Telekom. Di awal projek ini memang sepertinya teknologi 5G hanya mimpi belaka. Namun seiring berjalannya waktu, membuat jaringa yang sangat cepat ini berhasil diwujudkan mengingat semakin tingginya kebutuhan manusia akan akses internet yang cepat dan stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

jaringan 5g

Teknologi apapun yang muncul di dunia ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu apakah Anda tahu apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan 5G? Beriku ini simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan untuk Anda.

1. Kelebihan jaringan 5G

Berikut ini beberapa kelebihan dari hadirnya teknologi jaringan 5G.

A. Koneksi lebih cepat

Kelebihan pertama adalah berkaitan dengan koneksi. Memang peningkatan kualitas jaringan dari masa ke masa selalu berkaitan dengan kecepatan jaringan. Maka dari itu, tidak mengherankan jika memang 5G lebih cepat dibandingkan pendahulunya yakni 4G maupun yang sebelumnya dari itu. Namun apakah Anda tahu kira-kira secepat apa sih jaringan 5G?

Sebagai contoh, kecepatan jaringan 4G yang ada di Amerika Serikat mencapai 19,42 Mbps. Nah, untuk 5G sekarang tidak berkaitan dengan satuan megabit atau gigabit.

Misalnya saja sebuah modem yang menggunakan 5G yakni Snapdragon X50 dapat digunakan untuk mendownload file berkapasitas 5GB hanya dalam satu detik. Tentunya jika dibandingkan dengan kecepatan yang ada di Amerika Serikat tersebut bisa mencapai 257 kali lebih cepat.

Padahal sebelumnya tidak pernah ada yang memiliki kecepatan download seperti ini. Bahkan sekelas Google Fiber saja hanya berada di angka 1 Gbps. Kelebihan ini tentu memberikan banyak keuntungan untuk kita yang hobi download atau upload file.

2. Kapasitas yang besar

Bukan hanya berkaitan dengan kecepatan, tapi 5G juga memiliki keunggulan di sektor kapasitas. Artinya, jaringan 5G mampu mendukung jaringan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. Misalnya, jika sebelumya Anda berada di tempat yang ramah yang menyebabkan koneksi internet melambat, namun dengan adanya 5G Anda sudah tidak pernah mengalami hal buruk tersebut.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari International Telecommunications Union, jaringan 5G mampu menampung perangkat hingga jumlahnya jutaan untuk setiap kilometer persegi.

3. Rendah latensi

Apa itu latensi? Latensi adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk transmisi data. 5G ternyata memiliki retensi yang rendah sehingga perangkat bisa berkomunikasi dengan jauh lebih cepat tanpa ada hambatan atau gangguan.

4. Bukan hanya untuk smartphone

Dengan semua kelebihan yang dimiliki 5G, sudah tentu jaringan ini tidak hanya bisa digunakan oleh smartphone. 5G dapat digunakan untuk seluruh perangkat yang termasuk ke dalam perangkat cerdas. Salah satunya adalah mobil otomatis yang sekarang sudah mulai banyak diincar. Dengan adanya 5G, maka mobil otomatis akan dapat bekerja dengan lebih maksimal di jalan.

2. Kekurangan jaringan 5G

1. Harga paket yang mahal

Anda sudah paham semua hal yang berkaitan dengan kelebihan dari jaringan 5G. Tentu ketika Anda membeli paket datanya, maka harga yang harus Anda bayar tidak sedikit alias tidak murah. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Sprint yang merupakan raksasa Telco dari AS, untuk bisa menikmati teknologi jaringan 5G, Anda harus rela membayar sebesar 30 dollar AS. Jika dirupiahkan kurang lebih 400 ribu.

2. Belum bisa dinikmati dalam waktu dekat

Jaringan 5G juga masih belum bisa dinikmati dalam waktu dekat. Tentu masih harus dilakukan pengembangan dan berbagai persiapan lainnya sampai teknologi ini benar-benar bisa diterapkan, khususnya di Indonesia. Selain itu, banyak tempat yang sampai sekarang masih terkendala sinyal juga seharusnya menjadi perhatian utama sebelum mulai berpikir untuk memasang jaringan 5G di sana.

Itulah penjelasan tentang pengertian jaringan 5G beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend