5 Komponen Jaringan Komputer yang Harus Anda Tahu

Jika membahas tentang komponen jaringan komputer, maka berarti kita akan membahas mengenai apa saja komponen yang digunakan untuk membentuk sebuah jaringan komputer.

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya melalui sebuah jaringan. Ada banyak tipe jaringan yang kita ketahui yang mana masing-masing dari jaringan tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya yang masing-masing.

Tujuan adanya jaringan komputer ini agar supaya lebih mudah dalam melakukan transaksi pengiriman data dimana kita hanya perlu mengirimkan melalui jaringan tersebut sehingga nanti bisa sampai ke komputer yang kita tuju.

Komponen Jaringan Komputer

Di dalam membuat sebuah jaringan komputer, Anda memerlukan beberapa komponen yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. PC atau Personal Komponen

komponen jaringan komputer

Komponen jaringan komputer yang pertama adalah komputer itu sendiri. Jika ingin membuat sebuah jaringan komputer maka tidak mungkin kita tidak membutuhkan komputer karena perangkat ini merupakan perangkat dasar yang harus disiapkan pertama kali.

Memang tidak harus PC, Anda bisa menggunakan netbook, notebook, maupun juga laptop. Perangkat inilah yang nantinya akan digunakan sebagai transaksi data dari komputer satu ke komputer yang lainnya. Di dalam komputer sendiri setidaknya terdapat tiga bagian penting yang harus diperhatikan, yaitu:

A. Perangkat keras atau hardware

Komponen Jaringan Komputer Internet

Perangkat keras adalah sekumpulan perangkat yang secara fisik kita bisa melihat dan merasakannya. Jadi, Anda bisa memegang dan meraba perangkat keras ini. Perangkat keras sendiri dibagi menjadi 4 bagian, antara lain:

  • Perangkat keras sebagai input yaitu keyboard, mouse, joystick, dan lain sebagainya.
  • Perangkat pemroses seperti prosesor, RAM, motherboard.
  • Perangkat output atau keluaran seperti monitor, speaker, printer, dan lain-lain.
  • Perangkat peripheral atau yang dinamakan sebagai perangkat tambahan, contohnya USB Flash, TV tuner, modem, dan lain sebagainya.

B. Perangkat lunak atau software

Perangkat lunak atau yang dinamakan sebagai software merupakan perangkat yang bisa dilihat oleh mata namun tidak bisa dirasakan secara fisik. Artinya, Anda tidak akan bisa memegang atau meraba perangkat lunak. Perangkat lunak sendiri juga dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Sistem operasi seperti Windows, Linux, DOS, dan lain sebagainya.
  • Perangkat lunak aplikasi, seperti aplikasi multimedia, aplikasi foto, aplikasi edit video, dan lain sebagainya.

C. Brainware atau Pengguna

Brainware atau yang juga dinamakan sebagai pengguna merupakan seseorang yang menjalankan dan mengoperasikan perangkat komputer, termasuk hardware dan juga softwarenya. Pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan melalui input dan informasi tersebut akan dikeluarkan melalui output.

2. NIC atau Network Interface Card

Komponen jaringan komputer yang kedua adalah NIC atau yang sering dinamakan sebagai kartu jaringan. Kartu ini juga terkadang dinamakan sebagai adapter card yang nanti akan dipasang ke komputer agar supaya dia bisa terhubung ke jaringan komputer. NIC inilah nantinya akan memiliki peran penting di dalam menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain di dalam jaringan komputer itu sendiri.

Biasanya, NIC ini sudah secara otomatis terpasang di laptop. Namun jika ternyata komputer maupun laptop Anda mungkin tidak memilikinya, maka Anda harus membelinya di toko komputer dan langsung memasangnya.

3. Media Transmisi

Komponen Jaringan Komputer (Media Transmisi)

Dari namanya saja Anda sudah bisa tahu bahwa media transmisi inilah yang nanti akan digunakan sebagai jembatan untuk menghubungkan antar komputer dalam jaringan. Setidaknya ada dua jenis media transmisi yang masih kita gunakan sampai sekarang.

A. Wired network

Wired network merupakan sebuah jaringan komputer yang masih memanfaatkan kabel sebagai media transmisinya. Umumnya kabel yang digunakan adalah UTP atau Unshield twisted pair yang terbuat dari tembaga dengan tanpa adanya pelindung di dalam kabel tersebut. Kabel ini bisa Anda beli di toko komputer dengan menyesuaikan berapa panjang jaringan komputer yang akan Anda buat.

B. Wireless network

Wireless network merupakan sebuah jaringan komputer yang tanpa menggunakan kabel melainkan memanfaatkan sebuah sinyal. Ada banyak jenis sinyal radio yang bisa digunakan. Sinyal tersebut nanti akan memiliki frekuensi sendiri seperti 2,4 GHz, 5,5 GHz, dan lain-lain. Sementara itu, data-data yang ada di dalam suatu jaringan dapat dikirimkan dengan menggunakan 3 media, diantaranya:

1. Cooper media atau media tembaga
Cooper media adalah sebuah media transmisi yang bahannya terbuat dari tembaga. Kebanyakan orang menamai media ini sebagai kabel data yang biasanya dicolokkan ke komputer atau laptop untuk mengirim atau menerima data. Bentuk dari cooper media ini adalah sinyal listrik dengan arus dan tegangan yang bersifat digital.

2. Optical media atau yang disebut juga sebagai media optik
Media ini merupakan media transmisi yang menggunakan kabel optik. Media ini terbuat dari kaca maupun plastik yang bertekstur halus. Fungsinya adalah mengirimkan sinyal cahaya antar lokasi dengan kecepatan sangat tinggi.

3. Wireless media atau media yang tidak membutuhkan kabel
Media ini di dalam penggunaanya tidak memerlukan kabel. Penggunaannya lebih efektif dibandingkan yang masih menggunakan kabel. Fungsinya untuk mengirimkan data melalui sinyal radio.

Jenis Kabel untuk Jaringan

Jenis Kabel untuk Jaringan

Kabel koaxial

Lalu apa saja jenis kabel yang bisa digunakan dalam jaringan? Perlu dipahami bahwa tidak semua kabel bisa Anda gunakan sebagai media penghubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. Beberapa kabel tersebut diantaranya akan kami jelaskan di bawah ini:

A. Kabel koaxial

Kabel koaxial merupakan jenis kabel untuk antena TV dan terkadang juga dinamakan sebagai kabel BNC atau Beyonet Nour Connector. Kabel koaxial termasuk ke dalam kabel yang paling sering digunakan di dalam jaringan komputer.

B. Twisted pair

Kabel ini terbagi menjadi dua yakni kabel UTP dan STP. Masing-masing kabel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Masing-masing kabel tersebut juga memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

C. Optical media

Optical media juga biasanya dinamakan sebagai fiber optic yang memiliki ukuran sangat kecil. Data yang dikirim melalui kabel serat optik ini termasuk data yang berbentuk cahaya seperti inframerah atau laser.

D. Network Device

Komponen jaringan komputer selanjutnya adalah network device yang mana di dalamnya meliputi Hub, Switch, Router, Repeater, dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut nanti digunakan sebagai pusat atau tempat terkoneksinya seluruh jaringan komputer.

5. NOS 

Komponen jaringan komputer yang terakhir adalah NOS atau Network Operating System yang memang merupakan sistem operasi khusus jaringan. Beberapa diantaranya adalah Mac OS X Server, Windows Server, Linux Server, dan lain-lain. OS inilah yang biasanya akan diisntall ke komputer server yang merupakan pengendali dari seluruh komputer client.

Penjelasan tentang komponen jaringan komputer dan fungsinya yang perlu kita ketahui dalam dunia jaringan. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend